Tuesday, May 12, 2020

Kehidupan Abu Bakar As-Siddiq Sebelum KeIslamannya (Singkat)

Ringkasan kisah Abu Bakar sebelum masuk Islam - Pada masa jahiliyah Khalifah Abu Bakar bernama Abdul Ka'bah. Beliau disebut Abu Bakar karena pagi-pagi betul atau paling awal beliau telah masuk Islam.

Ada pula ahli sejarah yang menyatakan bahwa diberinya julukan Abu Bakar itu, lantaran beliau anak pertama yang hidup, saudara tertua-kakaknya mati ketika masih bayi, Ibunya bernazar, bila pada karuniai anak yang hayati, maka akan pada beri nama Abdul Ka'bah.

Abu Bakar diberi julukan As-Siddiq adalah yg amanat membenarkan lantaran dia amat segera & selalu membenarkan Rasulullah dalam banyak sekali insiden yg di alami Rasulullah, terutama pada peristwa Isra' dan Mi'raj.

Kehidupan Abu Bakar As-Siddiq Sebelum KeIslamannya (Singkat)

Abu Bakar adalah termasuk keturunan atau klan Tamim menurut suku Quraisy. Abu Bakar dilahirkan dari famili bangsawan, yg memiliki kedudukan yang krusial & terhormat pada antara klan-klan yang lainnya.

Setelah menginjak dewasa, dia memilih pekerjaan pada bidang perdagangan. Abu Bakar pada kenal sebagai orang yang amanah dan disiplin, terutama dalam hal memegang jujur.

Sehingga menggunakan perilaku-sikap misalnya itu bisnis dagangannya mencapai sukses akbar. Sebelum masuk Islam, beliau telah memiliki tabungan (simpanan) sebesar 40.000 (empat puluh ribu) dirham.

Selain pakar pada perdagangan, Abu Bakar populer cerdas dan luas ilmu pengetahuannya. Beliau termasuk ahli di bidang sastra, sejarah, dan tafsir mimpi, juga seorang diplomat & politikus yang relatif pada segani di kalangan kaum kafir Quraisy.

Sebagai orang yang terhormat di kalangan orang-orang Quraisy, maka Abu Bakar berjanji mengurusi segala urusan yang akbar, terutama pada hal menguasai dan mengurusi benda.

Hal inilah yang menempatkan Abu Bakar pada kedudukan yg terhormat, melebihi kedudukan bangsawan yg mulia.

Abu Bakar memiliki kedudukan yang terhormat di kalangan kaum kafir Quraisy karena beberapa hal di antaranya:

  1. Termasuk keturunan dari kalangan bangsawan,
  2. Mempunyai kecerdasan dan ilmu pengetahuan yang luas,
  3. Kaya akan harta.

Baca juga: Silsilah Khalifah Abu Bakar Ash-Shiddiq

Demikianlah kompendium kisah Abu Bakar As-Siddiq sebelum masuk Islam. Semoga apa yang kami sampaikan berguna. Sekian dan terimakasih.

Sumber: Rahmat, B. 2013. Tarikh Islam 4. Pekanbaru: CV PUSTAKA MAFATIH

No comments:

Post a Comment

Home Furniture Store