Pages

Wednesday, May 20, 2020

Apa itu listrik ? Darimanakah asal mulanya

Source image : pexel.Com

Siapa sih yg gak kenal listrik, saya yakin semuanya pasti memahami listrik akan tetapi saya nir konfiden semuanya memahami apa listrik itu sebenarnya, menurut mana listrik dari dan apa yg menjadikan listrik bisa ada.

Dikutip berdasarkan Wikipedia Listrik adalah rangkaian fenomena ekamatra yg berhubungan dengan kehadiran & aliran muatan listrik.

Pengertian sederhananya listrik berdasarkan saya merupakan suatu tenaga yang mengalir pada suatu media atau rangkaian listrik pada ketika adanya disparitas potensial antara muatan positif (proton) dan negatif (elektron) dengan media penghantar nya yang diklaim induktor. Tentunya listrik adalah suatu yg tidak sanggup dipisahkan menurut kehidupan manusia modern ketika ini, kemudian selama ini mungkin kita hanya memahami kegunaannya dan tidak memahami darimanakah energi listrik ini didapatkan & asal mula listrik sanggup digunakan.

Mungkin semuanya pasti menjawab ya menurut PLN .. Yah PLNlah yang telah mengatur kebutuhan akan asal tenaga listrik yg kita pakai sehari-hari. Tetapi bukan ini yg akan saya bahas namun lebih jauh sebelumnya yakni dari mula listrik ini ditemukan.

Sekilas Sejarah Penemuan Listrik

Penemu listrik yg adalah pencipta motor listrik pertama di dunia. Ia adalah Ampere Michael Faraday, pria kelahiran inggris dalam 22 September 1791 pada Newington Butts. Ia merupakan seseorang ilmuwan inggris yang menerima julukan "Bapak Listrikdanquot;, karena berkat usahanya listrik sebagai teknologi yang banyak dipakai sampai saat ini. Ia menyelidiki aneka macam macam bidang ilmu pengetahuan termasuk elektromagnetisme & elektrokimia.

Dan karena ilmu elektromagnetisme yg dia pelajari inilah dalam akhirnya Faraday membentuk motor listrik pertama di dunia yaitu sebuah rangkaian pertama yg memakai aliran listrik menjadi sumber penggerak benda.

Sejak saat itulah, Michael Farady mulai dikenal dunia namanya dan penemuannya tersebut diakui menjadi gerbang utama menuju era terkini kelistrikan. Saat melakukan berbagai percoban di tahun 1831, sang penemu listrik mendapati bahwa jika magnet dilalui potongan dawai, maka aliran listrik masuk ke dawai, yang kemudian magnetnya berjalan.

Dari sini ia pun lalu menciptakan kesimpulan bahwa perubahan pada medan magnet dapat membuat medan listrik?.

Kondisi tadi dinamai impak elektromagnetik yang pula temuan tadi diberi nama Hukum Faraday. Temuan tadi diakui menjadi temuan yang bersejarah & hingga sekarang penemuan ini sangat bermanfaat sekali bagi semua orang pada global. Jadi dengan inovasi berdasarkan Michael farady ini listrik yang dihasilkan berdasarkan kumparan yg dipengaruhi oleh gerakan medan magnet atau dianggap dengan generator listrik telah digunakan di seluruh global.

Apabila di negara belanda sebagian besar memakai angin menjadi pembuat listrik buat penggerak generator listrik, maka di Indonesia kita menggunakan kincir air sebagai produsen listriknya. Lantaran memang relatif berpotensi memakai energi menurut air ini mengingat indonesia merupakan negara maritim terbesar pada dunia.

Pada umumnya generator listrik produsen listrik akan dipasang di sungai berarus kencang, arus air sungai yang mengalir tadi akan menggerakkan turbin air atau kincir air yg sudah terhubung dengan generator listrik sebagai akibatnya listrik bisa didapatkan dan lalu listrik yg dihasilkan oleh kincir air ini akan diolah lagi oleh PLN agar dapat dipakai buat masyarakat.

Jadi gimana telah mengertikan dari mula listrik itu & bagaimana listrik itu dihasilkan ?

Kesimpulannya adalah listrik tersebut dihasilkan sang generator pembangkit listrik yang memanfaatkan tenaga berdasarkan alam seperti air, angin atau berdasarkan sumber tenaga alam lainnya yg lalu diproses lebih lanjut oleh PLN buat disalurkan ke tempat tinggal -rumah masyarakat luas. Generator pembangkit listrik itu sendiri merupakan penerapan dari hukum faraday yang menyatakan bahwa medan magnet yang digerakkan dapat menghasilkan arus listrik & begitu jua sebaliknya.

Artikel Terkait :Sejarah listrik mulai penemuan pertama hingga pengembangan terbaru

Oke sekian untuk artikel kali ini & semoga berguna.

No comments:

Post a Comment