Sunday, May 24, 2020

Media Pembelajaran (Pengertian, Jenis, Tujuan, Fungsi, Manfaat)

Media Pembelajaran (Pengertian, Jenis, Tujuan, Fungsi, Manfaat) - Pada kesempatan kali ini kita akan membahas artikel mengenai media pembelajaran, adapun yang akan kita bahas yaitu pengertian media pembelajaran, jenis-jenis media pembelajaran, tujuan media pembelajaran, fungsi media pembelajaran dan manfaat media pembelajaran.

Media asal menurut bahasa Latin & adalah bentuk jamak menurut istilah medium yang secara harfiah berarti mediator yaitu mediator sumber pesan menggunakan penerima pesan. Menurut Arsyad (2011:4) media adalah indera yang menyampaikan pesan-pesan pedagogi.

Menurut Sadiman (2006:6) menyebutkan bahwa media menjadi segala sesuatu yang bisa dipakai buat menyalurkan pesan menurut pengirim ke penerima.

Berikut ini adalah pengertian, jenis, tujuan, fungsi dan manfaat media pembelajaran.

Media Pembelajaran (Pengertian, Jenis, Tujuan, Fungsi, Manfaat)

Pengertian Media Pembelajaran

Media pembelajaran dari Sanaky (2011:14) merupakan sarana pendidikan yang dapat dipakai menjadi perantara pada proses pembelajaran.

Menurut Gagne dalam Arsyad  (2011:4) media pembelajaran adalah segala hal meliputi alat fisik yang digunakan untuk menyampaikan isi materi pembelajaran. Media pembelajaran sebagai alat bantu mengajar guru (teatching aids) dalam menyampaikan pesan sehingga merangsang siswa untuk belajar.

Berdasarkan beberapa pendapat ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa  media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan pengirim (guru) kepada penerima pesan (siswa).

Jenis Media Pembelajaran

Pada dasarnya media dikelompokkan sebagai tiga bagian, yaitu media audio, media visual dan media audio visual. Pengelompokkan berbagai jenis media jika dilihat menurut segi perkembangan teknologi oleh Seels & Glasgow melalui Arsyad (2011:33) dibagi pada dua kategori luas, yaitu pilihan media tradisional & pilihan media terkini.

1. Pilihan media tradisional

  • Visual diam yang diproyeksikan, meliputi: proyeksi apaque (tak tembus pandang), proyeksi overhead, slides, dan filmstrip.
  • Visual yang tak di proyeksikan, meliputi: gambar, poster, foto, charts, grafik, diagram, pameran, papan info, dan papan bulu.
  • Audio, meliputi: rekaman piringan, pita kaset, reel, dan catridge.
  • Penyajian multimedia, meliputi: slide plus suara (tape) dan multi image.
  • Visual dinamis yang diproyeksikan, meliputi: film, televisi, dan video.
  • Cetak, meliputi: buku teks, modul, teks terpogram, workbook, majalah ilmiah berkala, dan lembaran lepas (hand-out).
  • Permainan, meliputi: teka-teki, simulasi, dan permainan papan.
  • Realita, meliputi: model spacimen (contoh), dan manipulative (peta, boneka, diorama).

Dua. Pilihan media teknologi terkini

  • Media berbasis telekomunikasi, meliputi: telekonferen, kuliah jarak jauh.
  • Media berbasis mikroprosesor, meliputi: computer-assisted instruction, permainan koomputer, sistem tutor inteligen, interaktif, hypermedia, compact (video) disk,

Tujuan Media Pembelajaran

  1. Untuk mewujudkan situasi belajar yang efektif
  2. Mempermudah proses belajar-mengajar di kelas
  3. Untuk memberikan motivasi belajar pada siswa
  4. Meningkatkan efesiensi proses pembelajaran
  5. Menciptakan situasi yang tidak akan mudah dilupakan oleh siswa
  6. Menjaga relevansi antara materi pembelajaran dengan tujuan belajar
  7. Menumbuhkan keterampilan dan sikap tertentu dalam bidang teknologi
  8. Memberikan pengalaman belajar yang berbeda sehingga merangsang minat siswa untuk belajar
  9. Membantu konsentrasi siswa dalam proses pembelajaran.

Fungsi Media Pembelajaran

Salah satu fungsi utama media pengajaran adalah menjadi indera bantu mengajar yang turut memengaruhi proses pembelajaran yg diciptakan oleh guru.

Menurut Hamalik pada Arsyad (2011:15) pemakaian media pembelajaran pada proses belajar-mengajar dapat membangkitkan impian, minat, motivasi & rangsangan aktivitas belajar yg membewa impak psikologis terhadap anak didik.

Sudjana (2005:99) menyampaikan fungsi pokok media pembelajaran adalah menjadi berikut.

  • Penggunaan media dalam proses belajar-mengajar bukan merupakan fugnsi tambahan, tetapi mempunyai fungsi sendiri sebagai alat bantu untuk mewujudkan situasi belajar-mengajar yang efektif.
  • Penggunaan media pengajaran merupakan bagian yang integral dari keseluruhan situasi mengajar.
  • Media dalam pengajaran, penggunaannya bersifat integral dengan tujuan dan isi pelajaran.
  • Penggunaan media dalam pengajaran sebagai alat hiburan yang digunakan untuk melengkapi proses belajar supaya lebih menarik perhatian siswa.
  • Penggunaan media dalam pengajaran lebih diutamakan untuk mempecepat proses belajar-mengajar dan membantu siswa dalam menangkap pengertian yang diberikan guru.
  • Penggunaan media dalam pengajaran diutamakan untuk mempertinggi mutu belajar-mengajar.

Sedangkan Levie dan Lentz dalam Azhar Arsyad (2011:16) mengemukakan 4 fungsi media pembelajaran, yaitu:

a. Fungsi atensi

Fungsi atensi yaitu menarik dan mengarahkan pehatian murid untuk berkonsentrasi dalam isi pelajaran yang berkaitan menggunakan makna visual yang ditampilkan atau menyertai teks materi pelajaran.

B. Fungsi afektif

Fungsi afektif media visual dapat terlihat menurut tingkat kenikmatan murid saat belajar atau membaca eks yang bergambar.

C. Fungsi kognitif

Fungsi kognitif media visual terlihat berdasarkan temuan-temuan penelitian yang menyampaikan bahwa lambang-lambang atau gambar memperlancar pencapaian tujuan buat tahu & mengingat berita atau pesan yg terkandung pada gambar.

D. Fungsi kompensatoris

Fungsi kompensatoris media pembelajaran terlihat dari hasil penelitian bahwa media visual memberikan konteks buat tahu teks membantu murid yang lemah pada membaca buat mengorganisasikan liputan pada teks & mengingatnya kembali.

Manfaat Media Pembelajaran

Menurut Kemp & Dayton pada Arsyad (2011:21)

  • Penyampaian pembelajaran menjadi lebih baku
  • Pembelajaran bisa lebih menarik
  • Pembelajaran menjadi lebih interaktif
  • Lama waktu pembelajaran yang diperlukan dapat dipersingkat
  • Kualitas hasil belajar dapat di tingkatkan
  • Pembelajaran dapat diberikan kapan dimana diinginkan atau diperlukan
  • Sikap positif siswa terhadap apa yang di pelajari
  • Peran guru dapat berubah ke arah yang lebih positif.

Menurut Arsyad (2011:25)

  • Media pembelajaran dapat memperjelas penyajian pesan dan informasi sehingga dapat memperlancar dan meningkatkan proses dan hasil belajar
  • Media pembelajaran dapat meningkatkan dan mengarahkan perhatian anak sehingga dapat menimbulkan motivasi belajar.
  • Media pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan indera, ruang, dan waktu.
  • Media pembelajaran dapat memberikan kesamaan pengalaman kepada siswa tentang peristiwa-peristiwa di lingkungan mereka.

Baca pula:Teks Diskusi (Pengertian, Tujuan, Struktur, Contoh, Ciri-ciri, Jenis)

Demikianlah artikel kali ini tentang Pengertian, Jenis, Tujuan, Fungsi dan Manfaat Media Pembelajaran. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terimakasih.

No comments:

Post a Comment

Home Furniture Store