Sunday, May 31, 2020

3 Faktor Penyebab Meningkatnya Globalisasi (Lengkap)

3 (tiga) Faktor Penyebab Meningkatnya Globalisasi (Lengkap) - Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang faktor-faktor penyebab meningkatnya globalisasi/ sebab-sebab meningkatnya globalisasi. Sebelumnya saya sudah pernah membahas pengertian globalisasi menurut para ahli. Bagi Anda yang belum melihat artikel saya sebelumnya silahkan dilihat di daftar isi blog ini.

Penyebab meningkatnya globalisasi ditandai oleh 3 faktor , yaitu :

3 Faktor Penyebab Meningkatnya Globalisasi (Lengkap)

a. Adanya perubahan politik dunia

1) Bubarnya Uni Soviet tahun 1991 dan jatuhnya Komunisme model Soviet

Sejak dibubarkannya Uni Soviet pada tahun 1991, negara-negara bekas blok Uni Soviet seperti Rusia, Republik Ceko, Polandia dan lain-lain bergerak mengikuti sistem Politik dan Ekonomi Barat. Hal ini membawa mereka menyatu menggunakan negara-negara lainnya yang berpaham selain komunis. Keadaan tersebut mendorong globalisasi semakin lebih semakin tinggi.

2) Munculnya prosedur pemerintah internasional & regional

Mekanisme pemerintah internasional & regional contohnya misalnya PBB & Uni Eropa. PBB merupakan organisasi internasional & masing-masing negara anggotanya tetap memiliki kedaulatan. Uni Eropa adalah bentuk pemerintah transnasional dan masing-masing negara anggotanya tetap mempunyai kedaulatan. Uni Eropa merupakan bentuk pemerintahan transnasional dan masing-masing negara anggotanya melepaskan kedaulatannya dalam taraf-tingkat eksklusif.

Dalam aktivitasnya, negara anggota PBB juga Uni Eropa senantiasa berinteraksi & terkait satu sama lain. Bahkan, aktivitas mereka jua mempengaruhi rakyat dan negara lain yang bukan anggotanya. Hal tersebut mendorong meningkatnya globalisasi.

3) Munculnya organisasi antar pemerintah & organisasi non-pemerintah internasional

Organisasi-organisasi internasional mendorong terjadinya komunikasi & interaksi antar pemerintah atau rakyat antar negara. Hal ini pula mendorong meningkatnya globalisasi.

B. Adanya genre berita yg cepat dan luas

Kemajuan yang pesat pada bidang teknologi liputan & komunikasi mendorong tiap-tiap individu buat herbi cepat. Selain itu, kemajuan di bidang teknologi pula membuat individu bisa mengakses berita menggunakan cepat, baik menurut pada juga luar negeri.

Keadaan ini mendorong tinginya tingkat interaksi antarindividu dan semua global. Sehingga menyebabkan saling mempengaruhi antarmasyarakat atau antarnegara di semua penjuru global. Keadaan ini juga sebagai pendorong meningkatnya globalisasi.

C. Berkembang pesatnya perusahaan-perusahaan transnasional

Perusahaan internasional merupakan perusahaan yang menghasilkan barang atau jasa pada lebih berdasarkan satu negara. Perusahaan transnasional ini berupa perusahaan kecil yg mempunyai satu atau 2 pabrik pada negara lain, bisa jua perusahaan super besar yang memiliki wilayah operasi di banyak sekali negara di semua global. Adanya perusahaan-perusahaan seperti ini pula ikut mendorong meningkatnya arus globalisasi di global.

Baca jua: 26 Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

Demikianlah artikel kali ini tentang 3 Faktor Penyebab Meningkatnya Globalisasi. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terimakasih.

No comments:

Post a Comment

Home Furniture Store