Pages

Tuesday, May 19, 2020

Cara Mengatasi Listrik Di Rumah Naik Turun (Tidak Stabil)

Pernahkah anda mengalami suatu kondisi dimana tegangan listrik di rumah anda tidak stabil? tegangan listrik yang dimaksud disini adalah listrik dari PLN yang terkadang naik, kadang juga turun. Jika benar demikian, lalu apakah penyebab dari listrik yang tidak stabil tersebut? dan bagaimana cara mengatasinya?

Pada umumnya, tegangan yang normal untuk rumah kita adalah sebesar 220 Volt.

Saat tegangan listrik nir stabil, umumnya akan naik turun berdasarkan 170 hingga 220 Volt, atau bisa jua lebih rendah lagi, untuk mengetahui nilai tegangan listrik tadi kita bisa menggunakan Volt Meter atau AVO Meter, jadi jika ingin mengetahui kondisi tegangan listrik stabil atau tidaknya maka kita harus memakai alat ukur tegangan listrik yaitu Volt Meter atau AVO Meter.

Saat listrik di rumah tidak stabil, terkadang lampu datang-tiba sebagai redup, dan berselang beberapa lama kemudian lampu sebagai jelas kembali, ini menandakan adanya gangguan kelistrikan dirumah kita. Sebenarnya, tegangan yang nir stabil dapat membahayakan peralatan listrik khususnya peralatan elektronika kita, bahkan tidak sporadis alat-alat listrik ataupun elektro mengalami kerusakan karena tegangan yang nir stabil tadi.

Masalah listrik nir stabil terkadang hanya terjadi pada satu tempat tinggal atau beberapa rumah, lantaran setelah diperiksa ternyata rumah tetangga sebelah listriknya normal. Atau bisa pula pada satu rumah beberapa bagian listriknya normal namun bagian yang lain nir normal atau nir stabil.

Beberapa penyebab tegangan listrik nir stabil (naik turun), diantaranya :

Terjadi gangguan pada instalasi listrik  dirumah

Adanya kerusakan atau gangguan pada instalasi listrik kita, contohnya syarat kabel yg digunakan sudah kurang rupawan sehingga nir mampu menghantarkan listrik menggunakan aporisma, atau syarat terminal kabel baik itu dalam fitting, stop hubungan, saklar, steker pada keadaan yang nir rupawan, kendur/longgar, berpijar atau telah rusak.

Cara mengatasinya merupakan dengan memastikan kabel yg dipakai pada keadaan cantik, apabila kondisinya telah kurang rupawan maka segera lakukan penggantian menggunakan kabel baru yg berkualitas, kabel yang mengagumkan adalah inti kabelnya berbahan tembaga.

Begitu jua dengan terminal kabel baik itu dalam fitting, stop hubungan, saklar & steker wajib pada keadaan bagus dan pastikan kabel yang terpasang dalam terminal tadi terpasang dengan bertenaga & kedap (tidak kendur/longgar). Terminal kabel yang rupawan adalah yang berbahan kuningan, jadi bila ingin mengganti fitting, stop kontak atau lainnya, pilihlah yg terminal kabelnya berbahan kuningan.

Terjadi gangguan pada peralatan listrik atau elektronika

Jika memang tegangan listrik sudah dipastikan normal, namun waktu kita sedang menggunakan alat-alat listrik atau elektronika tersebut tidak stabil, ini menandakan bahwa peralatan listrik atau elektro tersebut telah rusak, menjadi model contohnya saja berdasarkan beberapa lampu pada tempat tinggal terdapat satu lampu yang terkadang redup & berselang beberapa usang kemudian terperinci lagi, lalu redup lagi dan seterusnya. Maka sanggup dipastikan lampu yang terperinci redup tersebut sudah dalam keadaan kurang rupawan atau sudah rusak. Cara mengatasinya adalah menggunakan memperbaiki atau mengganti peralatan listrik yang tidak normal tadi.

Terjadi gangguan pada jaringan listrik PLN

Masalah listrik tidak stabil yang terjadi pada tempat tinggal -tempat tinggal jua dapat disebabkan oleh gangguan jaringan listrik PLN, mengingat listrik yg dipakai pada tempat tinggal -rumah itu asal menurut PLN.

Beberapa gangguan listrik dalam jaringan listrik PLN, antara lain :

1. Kelebihan beban di luar jaringan rumah kita.Pemakaian arus listrik yang terlalu besar juga bisa mengakibatkan tegangan turun atau drop.

2. Terdapat kerusakan pada jaringan listrik PLN.Tegangan listrik yang tidak stabil juga bisa terjadi karena adanya kerusakan pada jaringan listrik PLN misalnya saja transformator yang rusak atau terdapat masalah pada kabel jaringan listriknya dan berbagai kerusakan lainnya.

3. Jarak rumah yang terlalu jauh

Perlu diketahui bahwa apabila jeda tempat tinggal kita jauh menurut tiang induk PLN maka listrik pada tempat tinggal kita akan mengalami penurunan tegangan, lantaran semakin jauh kabel listrik maka tegangan akan semakin menurun.

" Semakin panjang kawat penghantar (kabel), maka akan semakin akbar juga kendala atau resistansinya "...

Apabila memang tegangan listrik nir stabil tersebut terjadi karena adanya gangguan dalam jaringan listrik PLN, maka kita nir dapat memperbaikinya karena selain PLN, dilarang melakukan perbaikan listrik di luar instalasi listrik tempat tinggal tangga.

Cara mengatasi listrik yg nir stabil dampak adanya gangguan jaringan listrik di luar instalasi listrik rumah kita merupakan menggunakan memanggil atau melaporkan gangguan listrik tadi ke PLN.

Lalu bagaimanakah cara mengetahui penyebab gangguan listrik tadi, gangguannya berdasarkan instalasi tempat tinggal kita sendiri, atau pada luar instalasi tempat tinggal kita?

Mencari penyebab gangguan listrik

Tentunya akan lebih baik jika kita tahu apa sebenarnya penyebab gangguan listrik di rumah kita. Ada cara yang mudah untuk mengetahui letak gangguan tersebut, namun harus menggunakan alat ukur tegangan listrik seperti Multimeter (Voltmeter). Coba test jika saat tidak ada beban (lampu/perangkat listrik) jika kondisi listrik sudah tidak stabil maka besar kemungkinan masalah bukan di jaringan instalasi listrik di rumah kita, tetapi di luar instalasi rumah yaitu pada jaringan listrik PLN.

Titik pengujian bisa dilakukan di panel MCB(jika MCB menggunakan panel). Namun perlu diingat pengujian perlu dilakukan secara hati-hati karena tegangan cukup tinggi sehingga sangat berbahaya bagi manusia. sebaiknya lakukan pemeriksaan atau pengecekan tersebut dengan di dampingi oleh orang yang mengerti tentang listrik.

Beberapa solusi lainnya yg mampu dilakukan buat mengantisipasi terjadinya tegangan listrik nir stabil adalah

Dengan menggunakan peralatan penstabil tegangan listrik seperti stabilizer tegangan AC (Stavolt). Menggunakan UPS untuk perangkat atau peralatan elektronik seperti komputer. UPS memiliki keunggulan karena selain membuat listrik lebih stabil, juga bisa menyimpan energi listrik cadangan. UPS yang bagus umumnya bisa bekerja dalam rentang tegangan yang tidak stabil.

Demikianlah artikel mengenai cara mengatasi listrik di tempat tinggal naik turun (nir stabil), semoga berguna.

No comments:

Post a Comment