Saturday, May 30, 2020

4 Tantangan Adanya Globalisasi (Lengkap)

4 Tantangan Adanya Globalisasi (Lengkap) - Globalisasi merupakan suatu tantangan, yang di dalamnya terdapat peluang-peluang untuk mencapai suatu kemajuan, akan tetapi di dalamnya juga terdapat ancaman-ancaman, karena globalisasi pada dasarnya tidak lepas dari kompetisi global atau kompetisi antarbangsa di dunia.

Tantangan adanya globalisasi adalah sebagai berikut.

4 Tantangan Adanya Globalisasi (Lengkap)

A. Pemberdayaan masyarakat

1) Pembangunan nasional yg belum terealisasi secara menyeluruh & merata, sehingga masih ada beberapa wilayah yg tertinggal yang menumbuhkan keterbelakangan, kemiskinan, & kesenjangan sosial. Kondisi masyarakat semacam itu akan mengubah pola pikir, pola sikap, & pola tindakannya, mengingat mereka sudah tidak berdaya dalam aspek kehidupan.

2) Kondisi warga sang John Naisbit, pada bukunya global paradox, beliau menulis "to a dunia power, the company must give more role to the smallest pantdanquot; dalam intinya, dunia paradox menaruh pesan bahwa negara harus bisa menaruh peranan sebebas-bebasnya kepada rakyatnya. Cara memberdayakan masyarakat dilakukan dengan menaruh peran dalam bentuk aktivitas dan partisipasi masyarakat buat mencapai tujuan nasional.

B. Dunia tanpa batas

1) Perkembangan iptek yang sangat modern, khususnya di bidang teknologi keterangan dan komunikasi akan transportasi, dunia sebagai transparan tanpa mengenal batas negara. Kondisi yg demikian berdampak pada seluruh aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara & dapat memengaruhi pola pikir, perilaku, dan tindakan semua warga Indonesia.

2) Kenichi Omahe dengan dua bukunya yang terkenal yaitu Borderless World and The End Of Nation State menyatakan bahwa dalam perkembangan masyarakat global batas-batas wilayah negara dalam arti geografi dan politik relatif masih tetap, namun kehidupan dalam satu negara tidak mungkin dapat membatasi kekuatan global yang berupa informasi, investasi, induksi, dan konsumen  yang mungkin individualistis

Kenichi Omahe menaruh pesan bahwa buat bisa menghadapi kekuatan global, suatu negara wajib mengurangi peranan pemerintah sentra dan lebih menaruh peranan kepada pemerintah wilayah & masyarakat. Jika warga poly yang terlibat dalam upaya pembangunan, hasilnya kan lebih mengningkatkan kemampuan dan kekuata bangsa dalam percaturan dunia.

C. Era baru kapitalisme

Kapitalisme pernah terjadi di Indonesia. Pada zaman penjajahan Belanda pada Indonesia. Dibukanya perkebunan tebu & tumbuhan perdagangan lainnya (misalnya tembakau, kopi, dan sebagainya) sang kaum kapitalis Belanda yang sangat merugikan kaum petani di Indonesia.

Era baru kapitalisme nir terlepas dari globalisasi di mana negara-negara kapitalis, yaitu negara maju berusaha mempertahankan eksistensinya pada bidang ekonomi dengan menekan negara-negara berkembang melalui isu dunia yang mencakup demokratisasi, hak asasi manusia, & lingkungan hayati.

D. Kesadaran warga negara

Warga masyarakat mempunyai kedudukan, hak, & kewajiban yang sama. Hak & kewajiban merupakan satu kesatuan. Setiap hak mengandung kewajiban & demikian kebalikannya. Kesadaran rakyat negara harus dikembangkan secara seimbang antara hak & kewajiban. Artinya, hak tidak boleh dilaksanakan secara mutlak karena dapat melanggar hak-hak orang lain. Dengan demikian hak & kewajiban dalam pelaksanaannya wajib berjalan seimbang.

Baca juga: 3 Faktor Penyebab Meningkatnya Globalisasi

Demikianlah artikel kali ini tentang 4 Tantangan Adanya Globalisasi (Lengkap). Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terimakasih.

Sumber : Pendidikan Kewarnegaraan buat SMP Kelas IX

No comments:

Post a Comment

Home Furniture Store