Wednesday, May 27, 2020

Sejarah Setrika Mulai Penemuan Pertama Sampai Perkembangannya

Apakah kamu tahu bahwa setrika memiliki sejarah yg panjang dalam perkembangannya dari masa ke masa sebelum adanya setrika modern yg menggunakan listrik seperti yang biasa kita kenal sekarang ini.

Source images : www.thespruce.com
Jauh sebelum listrik ditemukan setrika sudah dikenal sejak dahulu. Setrika mulai digunakan oleh bangsa Tionghoa sejak satu abad sebelum masehi. Saat itu mereka menggunakan wajan besi yang berisi batu bara panas, lalu menekankan wajan itu di atas baju yang ingin dirapikan. Mereka tidak akan kepanasan saat memegang wajan, karena pegangan yang panjang.

Nama setrika dari menurut bahasa belanda

O iya, karena negeri kita pernah diduduki oleh belanda, kita banyak menggunakan kata serapan dari bahasa belanda. Nama setrika dari menurut bahasa belanda yaitustrijkijzer. Artinya dalam bahasa belanda adalah menghilangkan kerutan pada baju dengan menggunakan alat yang dipanaskan.

Setrika yang Digunakan Bangsa Yunani

Pada tahun 400 Sebelum Masehi, setrika mulai dikenal dan digunakan sang bangsa Yunani. Setrika yang mereka pakai seperti dengan sterika yang ada di zaman terkini. Bangsa Yunani membuat lipatan-lipatan yg memanjang menurut atas ke bawah dalam sandang kebesaran dengan memakai setrika tadi. Pakaian kebesaran tersebut adalah pakaian yg akan digunakan buat melakukan upacara atau ritual tertentu.

Setrika yang Digunakan Bangsa Romawi

Bangsa Romawi ternyata jua pernah memakai setrika yang bentuknya mirip dengan setrika modern seperti kini . Setrika tersebut menggunakan teknik tekanan yang dianggap menggunakan prelum.

Setrika di Negara Barat Bernama Sadiron

Pada abad ke- 17, setrika ada pada Barat menggunakan bentuk sepotong besi yang tebal, permukaannya rata, serta diberi pegangan besi. Nama setrika ini dianggap menggunakan sadiron. Sebelum digunakan, sadiron dipanaskan di depan tanur atau kompor baru setelah itu dipakai buat melicinkan pakaian. Kelemahan dari setrika ini adalah dalam ketika dipanaskan, pegangannya ikut panas lantaran terbuat berdasarkan besi yang sifatnya gampang menyerap panas.

Setrika Cetak Buatan Mary

Perkembangan setrika dari tahun ke tahun semakin meningkat. Pada tahun 1870, terdapat seorang ibu rumah tangga bernama Mary Florence Potts pada Lowa menemukan setrika cetak. Setrika ini adalah output pengembangan dari sadiron yang ke 2 ujungnya dibuat runcing. Dibuat seperti itu agar lebih gampang saat menyetrika.

Tidak hingga pada situ, tahun berikutnya Mary juga menciptakan sadiron yang pegangannya mampu dilepas. Tujuannya agar pegangannya nir ikut panas waktu sadiron dipanaskan.

Setrika Arang

Di akhir abad ke 19, timbul penemuan sterika yg sanggup memanaskan sendiri. Setrika tadi mampu diisi batu bara atau arang yang membara, mampu juga diisi memakai bensin & alkohol sebagai bahan bakarnya.

Setrika Listrik

Lalu penemuan setrika listrik ditemukan & disahkan penggunaannya dalam tahun 1882. Setrika listrik diciptakan buat mempermudah penggunaannya. Namun sayang sekali, saat itu nir semua tempat tinggal memakai listrik, sebagai akibatnya nir semua orang mampu memakai setrika listrik tersebut.

Inovasi Setrika Yang Semakin Berkembang

Nah, pada awal abad ke-20, setrika listrik semakin populer. Tahun 1920-an, muncul jua setrika listrik yg dilengkapi dengan pengatur suhu. Saat ini setrika sudah mengalami banyak sekali perubahan yang lebih canggih, seperti setrika yang telah dilengkapi dengan wadah air, uap panas, & penemuan lainnya.

Sekian dulu artikel kali ini semoga berguna.

Dikutip dari : https://bobo.grid.id/amp/08676808/sejarah-penemuan-setrika-dari-masa-ke-masa?page=all

No comments:

Post a Comment

Home Furniture Store