Pages

Monday, May 18, 2020

9 Tips Memilih Televisi Yang Berkualitas Dan Sesuai Dengan Kebutuhan

Source images : pixabay.com
Di zaman yang sekarang ini, sebuah TV sudah dianggap sebagai kebutuhan yang  sangat penting menurut sebagian orang, pada umumnya peralatan elektronik yang satu ini sering digunakan untuk keperluan sarana hiburan, informasi atau bahkan pendidikan dan berbagai keperluan lainnya.

Memang nir bisa dipungkiri bahwa TV adalah sebuah media elektronik yg menunjang kehidupan sehari-hari pada hal memberikan kabar, hiburan ataupun wawasan buat kita. Apabila kita bicara soal perkembangan teknologi TV dari dulu sampai kini , media elektro yg satu ini sudah mengalami perkembangan yang pesat, sebagai akibatnya tidak heran bila banyak produk-produk TV yang beredar dipasaran memiliki berbagai model dan fitur-fitur yang canggih seperti televisi layar datar, tipis, ringan, tampilan gambar lebih cerah dan nyata, hemat energi listrik, bunyi lebih jernih, hingga fitur televisi yang bisa dihubungkan ke internet, touch screen (layar sentuh), smart TV, sambungan nirkabel menggunakan ponsel dan sebagainya.

Lalu bagaimanakah dengan anda yg berencana membeli sebuah TV, buat dipasang pada tempat tinggal dan yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan anda?

Mungkin menggunakan membaca artikel saya kali ini, akan memberikan sedikit warta atau surat keterangan buat anda yang berencana ingin membeli sebuah TV.

Tips Memilih Televisi Yang Berkualitas Dan Sesuai Dengan Kebutuhan

1. Kenali Dulu Berbagai Macam Jenis TV Beserta Kelebihan Dan Kekurangannya

Dalam memilih sebuah TV, langkah pertama yg perlu dilakukan adalah mengenali terlebih dahulu berbagai macam jenis TV yang beredar di pasaran. Pada biasanya jenis TV terbagi sebagai 4 macam, yaitu TV Tabung, TV Plasma, TV LCD dan TV LED. Berbagai jenis TV tadi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, antara lain menjadi berikut :

Kelebihan TV Tabung Dan TV Plasma :

  • Harganya relatif lebih murah jika dibandingkan dengan TV LCD dan LED.
  • Relatif lebih awet (rata-rata berumur panjang) karena lebih tahan banting jika dibandingkan dengan TV jenis lainnya.
Kekurangan TV Tabung Dan TV Plasma :

  • Lebih boros terhadap energi listrik jika dibandingkan dengan TV LCD dan LED.
  • Bentuknya tebal dan berat, sehingga memakan banyak tempat.
  • Kualitas gambar serta warna masih kalah jika dibandingkan dengan TV LCD dan LED.
  • Karena teknologinya sedikit ketinggalan, sehingga fitur-fiturnya tidak selengkap TV jenis lainnya.
Kelebihan TV LCD Dan TV LED :

  • Lebih hemat energi listrik jika dibandingkan dengan TV Tabung dan TV Plasma.
  • Bentuknya tipis serta ringan, sehingga tidak makan tempat dan lebih fleksibel dibanding jenis TV lain.
  • Kualitas gambar serta warna lebih baik ketimbang jenis TV lainnya.
  • Terdapat fitur baru yang tersedia pada beberapa model tertentu.

Kekurangan TV LCD Dan TV LED :

  • Harganya relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan TV Tabung dan TV Plasma.
  • Lebih mudah rusak jika dibandingkan dengan TV Tabung dan TV Plasma.

Setelah mengetahui berbagai jenis TV serta kelebihan dan kekurangannya, maka selanjutnya anda dapat menentukan pilihan jenis televisi yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan anda.

Untuk lebih lengkapnya mampu baca artikel berikut ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai jenis-jenis TV.

Artikel Terkait :Mengenal Perbedaan TV Tabung, TV Plasma, TV LCD Dan TV LED

2. Pilih Televisi Dengan Ukuran Yang Anda Butuhkan

Source images : m.wikihow.com
Hal yang cukup penting sebelum membeli TV adalah menentukan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan, karena jika kita salah memilih ukuran TV, maka akan menyebabkan ketidaknyamanan saat menonton TV, misalnya jika ukuran TV yang anda beli terlalu kecil, sedangkan ruangan yang ada cukup luas, hal ini akan membuat mata kita tidak nyaman atau jika ukuran TV terlalu besar untuk ukuran ruangan yang sempit, maka akan membuat mata kita juga tidak nyaman.

Jadi, ukuran televisi yg akan kita pilih harus sesuai dengan luas ruangan dan jeda berdasarkan loka kita menonton televisi tadi.

Ukuran TV yang disarankan adalah 1/3 (1/3) berdasarkan jeda anda duduk menonton, contohnya apabila anda meletakkan televisi tersebut di ruangan utama berukuran 5x5 meter menggunakan jeda antara loka duduk ke TV sekitar tiga meter, maka ukuran TV yg ideal merupakan : 1/tiga x tiga meter = 1 meter atau kurang lebih 40 inch.

Jadi, ukuran TV yang ideal merupakan 40 inch.

Maka anda dapat menentukan TV menggunakan ukuran 40 Inch buat dipasang pada ruang tersebut.

3. Pilih Televisi Dengan Pertimbangan Antara Harga Dengan Kualitas

Salah satu tips menentukan sebuah TV adalah mempertimbangkan antara harga dengan kualitas.

Pada umumnya, TV dengan kualitas terbaik akan berbanding lurus menggunakan harganya yg jua akan lebih mahal, Jika memang budget anda terbatas, mungkin menentukan membeli TV bekas merupakan solusi yg sempurna, tetapi ingat, bekas tapi berkualitas atau kondisinya masih cantik.

Namun, apabila anda bimbang menggunakan barang bekas maka membeli barang baru adalah pilihan terbaik, carilah TV baru yg harganya terjangkau oleh budget anda, usahakan ketika memilih barang jangan gampang terpesona dengan aneka macam promo harga termurah, bonus dan berbagai penawaran lainnya, cermati terlebih dahulu penyesuaian harga menggunakan fitur-fitur yang ada pada TV tersebut, karena terkadang barang menggunakan harga miring berimbas pada kualitasnya yg buruk. Usahakan menentukan barang yang harganya lebih lumrah.

4. Pilih Televisi Dengan Merk Yang Populer

Source images : www.youtube.com
Sebuah merk pasti memiliki nilai tersendiri di mata para konsumennya, dan tentunya nilai tersebut dapat menentukan seberapa baik kualitas sebuah produk. Merk televisi yang terbaik, tentunya memiliki penilaian yang baik pula di mata para konsumennya dan tidak jarang bagi konsumen yang puas, akan merekomendasikan merk televisi tersebut kepada orang lain.

Kita juga sanggup mengetahui kualitas sebuah merk TV menurut seberapa banyak orang yg menggunakan brand TV tersebut dan menayakan bagaimana pengalaman dan pendapatnya mengenai merk TV yg dipergunakannya tersebut.

Apabila kita menentukan sebuah TV yang mempunyai brand yang sama menggunakan yg digunakan kebanyakan orang, hal ini akan sangat bermanfaat bagi kita, lantaran kita bisa mengatasi beberapa kesulitan yang mungkin akan kita alami dengan meminta bantuan, seperti halnya cara pengoperasian atau bahkan saat terjadi kerusakan atau perkara lainnya.

Lima. Pilih Televisi Yang Hemat Energi Listrik

Source images : www.funai.eu
Hal yang tak kalah penting adalah mempertimbangkan masalah konsumsi daya listriknya, terutama bagi anda yang  nantinya berencana akan memakai televisi dalam jangka waktu yang lama, jadi kita harus memperhatikan juga daya listrik yang terpakai pada TV yang akan kita beli tersebut.

Perlu anda ketahui bahwa, menurut keempat jenis TV yang ada, TV Tabung & TV Plasma termasuk jenis TV yg paling boros energi listrik. Jika diumpamakan, TV Tabung akan membutuhkan konsumsi energi listrik 80% lebih besar berdasarkan kebutuhan TV LCD, sedangkan buat TV Plasma membutuhkan konsumsi energi listrik 50% lebih akbar berdasarkan TV LCD.

Namun, buat TV LED konsumsi energi listriknya jauh berbeda dengan jenis TV lainnya, dimana nilai konsumsi listrik yang diperlukan hanya lebih kurang 40% menurut total konsumsi tenaga listrik yang dibutuhkan oleh TV LCD.

Apabila kita membanding-bandingkan dari banyak sekali jenis TV tersebut, yang paling irit dan efisien adalah jenis TV LED.

6. Pilih Televisi Yang Memiliki Rasio Kontras Tinggi

Source images : www.amazine.co
Perlu anda ketahui jika ingin memilih sebuah TV, pilihlah TV dengan kontras tinggi, karena semakin tinggi tingkat rasio kontras yang dimiliki sebuah TV, maka akan semakin bagus pula tampilan gambar serta warna yang dihasilkan oleh TV tersebut.

Maka menurut itu, anda harus mempertimbangkan hal ini saat menentukan sebuah TV, supaya nantinya anda tidak menyesal.

7. Pilih Televisi Dengan Refresh Rate Yang Tinggi

Source images : 4k.com
Selain rasio kontras yang tinggi, jika anda ingin tampilan gambar yang dihasilkan lebih baik lagi, maka perhatikanlah juga tingkat refresh rate ketika membeli TV. Semakin tinggi refresh rate pada TV, maka akan semakin bagus pula gambar yang dihasilkan. Refresh rate adalah berapa kali gambar di "refresh" (dipulihkan) dalam satu detik. Misalnya refresh rate sebuah TV sebesar 60Hz yang artinya gambar di layar akan "refresh" (dipulihkan) sebanyak 60x dalam satu detik.

Untuk baku refresh rate umumnya sekitar 60Hz, jika kurang dari 60Hz, maka gambar seakan-akan berkedip. Oleh karenanya, pilihlah TV dengan refresh rate yang tinggi, meningkat akan semakin baik. Untuk waktu ini refresh rate paling tinggi adalah 240Hz.

8. Pilih Televisi Dengan Fitur Yang Sesuai Kebutuhan Anda

Source images : www.indiamart.com
Untuk saat ini produk TV sudah dikembangkan menjadi semakin canggih, TV baru-baru ini telah dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan yang tidak dimiliki oleh produk TV keluaran lama, fitur tersebut dapat difungsikan dengan perangkat tambahan lainnya seperti konektifitas USB port untuk memutar video, atau musik dengan menggunakan flashdisk, lubang slot HDMI yang dapat digunakan laptop/komputer untuk menjadikan TV sebagai monitor, adanya speaker tambahan, smart TV yang dapat dihubungkan dengan internet dan berbagai fitur canggih lainnya.

Memang produk TV ketika ini bukan hanya sekedar buat menampilkan siaran televisi saja seperti yg terdapat pada produk TV keluaran lama , Namun kita bisa memanfaatkan aneka macam macam fitur yang telah ditawarkan oleh TV waktu ini.

Dengan fitur-fitur tambahan yg canggih ini, tentunya membuat harga jualnya pula semakin mahal, tetapi seluruh itu tergantung kebutuhan. Apabila kita ingin menggunakan fitur tambahan tersebut maka kita harus bersedia membeli dengan harga yang telah ditentukan.

9. Perhatikan Masalah Garansi Serta Lokasi Service Center

Masalah garansi & lokasi kantor service ketika membeli sebuah brand TV adalah hal yang perlu diperhatikan, hal ini bertujuan supaya dokumen kartu garansi yg diberikan sang pihak penjual tadi bisa digunakan, hal yg perlu diperhatikan adalah pastikan bahwa kartu garansi tersebut resmi dan alamat lokasi kantor service yg jelas, karena dokumen kartu garansi hanya berlaku pada lokasi service center (kantor service).

Maka dari itulah, hal ini harus diperhatikan menggunakan baik, sebagai akibatnya apabila sewaktu-saat televisi anda mengalami kerusakan atau masalah lainnya, anda masih bisa memakai garansi tadi.

Demikian untuk artikel kali ini tentang 9 Tips Memilih Televisi Yang Berkualitas Dan Sesuai Dengan Kebutuhan, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment