Sunday, May 31, 2020

26 Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli (Lengkap)

26 Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli - Globalisasi berasar dari kata global yang dalam bahasa Inggris "Concerning the whole earth" yaitu sesuatu yang berkaitan dengan jagat raya/dunia. Sesuatu yang dimaksud disii adalah masalah, kejadian, kegiatan dan sikap.

Global pula bisa diartikan sebagai menyeluruh, di mana global ini tidak dibatasi lagi oleh batas-batas negara, daerah, warna kulit, ras & sebagainya.

Era globalisasi waktu ini sangat erat kaitannya dengan transparansi atau keterbukaan. Transparansi berarti suatu keadaan pada mana syarat suatu wilayah secara mudah dapat dilihat, diakses, dan diterima oleh masyarakat daerah lain. Lantaran transparansi/keterbukaan, maka segala imbas dari luar sangat gampang memasuki sebuah negara. Demikian juga kebalikannya, transparansi sudah memengaruhi banyak sekali sendi kehidupan, baik dibidang pemerintahan, ekonomi, politik, sosial budaya maupun keamanan & pertahanan.

26 Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli (Lengkap)

Berikut ini adalah pengertian globalisasi menurut beberapa ahli , yaitu sebagai berikut.

1. John Huckle (Miriam Steiner, 1996)

Globalisasi ialah suatu proses dengan mana peristiwa, keputusan & aktivitas pada keliru satu bagian dunia, menjadi konsekuensi yg signifikan bagi individu & masyarakat yang jauh.

2. Albrow (Yaya, 1998)

Globalisasi merupakan keseluruhan proses di mana manusia pada bumi ini (dimasukkan) diinkoporasikan ke pada warga global tunggal, masyarakat dunia. Oleh karena itu, proses ini bersifat majemuk sehingga kita pun memandang globalisasi pada dalam kemajemukan. Globalisasi mengandung unsur berdasarkan proses, individu/insan yg heterogen, tetapi mempunyai kebutuhan yg sama.

3. A.G. McGrew

Globalisasi mengacu pada keseragaman interaksi & saling keterkaitan antarmasyarakat yang membangun sistem global modern. Globalisasi adalah proses pada mana banyak sekali insiden keputusan dan kegiatan di belahan global yang satu dapat membawa konsekuensi penting bagi banyak sekali individu & rakyat pada belahan global yang lain.

4. M. Waters

Globalisasi adalah sebuah proses sosial pada mana halangan-halangan bersifat geografis pada tatanan sosial dan budaya semakin menyusut dan setiap orang kian sadar bahwa mereka semakin dekat satu sama lain.

5. Emmanuel Richter

Jaringan kerja globalisasi yang secara bersamaan menyatukan rakyat yang sebelumnya terpencar-pencar dan terisolasi dalam planet ini ke pada ketergantugan & persatuan dunia.

6. Menurut Bank Dunia

Globalisasi berarti kebebasan dan kemampuan individu dan perusahaan buat memprakarsai transaksi ekonomi dengan orang-orang menurut negara-negara lain.

7. Menurut International Monetary Fund (IMF)

Globalisasi berarti meningkatnya saling ketergantungan ekonomi antara negara-negara pada dunia yang ditandai oleh meningkat dan bergamnya volume transaksi barang & jasa lintas negara dan penyebaran teknologi yang meluas dan cepat.

8. Menurut Lodge

Globalisasi merupakan suatu proses yg menempatkan warga global bisa menjangkau satu dengan yang lain atau saling terhubungkan pada semua aspek kehidupan mereka, baik dalam aspek budaya, ekonomi, politik, teknologi, maupun lingkungan.

9. Menurut Ichlasul Amal

Globalisasi merupakan proses keluarnya warga dunia, yaitu suatu dunia yang terintegrasi secara fisik menggunakan melampaui batas-batas negara, baik ideologis & lembaga-forum politik global.

10. Menurut Sri Budi Eko Wardani

Globalisasi adalah suatu proses di mana hubungan-hubungan atau transaksi ekonomi, politik, dan sosial kultural makin tak memperhitungkan batas-batas negara & mengaburkan batas kedaulatan suatu negara.

11. Laurence E. Rothenberg

Globalisasi adalah kecepatan & intensifikasi interaksi dan integrasi antara orang-orang, perusahaan & pemerintahan menurut negara-negara yang tidak sinkron.

12. Selo Soemardjan

Globalisasi adalah suatu proses terbentuknya sistem organisasi & komunikasi antarmasyarakat seluruh global.

13. Achmad Suparman

Globalisasi merupakan suatu proses membuahkan sesuatu (benda atau konduite) sebagai ciri menurut setiap individu di global ini tanpa dibatasi oleh wilayah suatu negara.

14. Scholte

Globalisasi diartikan sebagai meningkatnya hubungan internasional. Dalam hal ini tiap-tiap negara tetap mempertahankan identitasnya masing-masing, namun semakin tergantung satu sama lain.

15. Leonor Briones

Demokrasi bukan hanya pada bidang perniagaan dan ekonomi tetapi pula mencakup globalisasi institusi-institusi demokratis, hak asasi manusia, pembangunan sosial, & konvoi wanita.

16. Steger

Globalisasi merupakan kondisi sosial yg ditandai menggunakan adanya interkoneksi ekonomi, politik, budaya & lingkungan dunia & arus yg menciptakan poly menurut perbatasan waktu ini telah terdapat & batas-batas yg nir relevan.

17. Anthony Giddens

Proses peningkatan kesalingtergantungan masyarakat dunia dinamakan dengan globalisasi. Globalisasi ditandai sang kesenjangan taraf kehidupan antara rakyat industri & warga dunia ketiga ( yg pernah dijajah barat & secara umum dikuasai hayati dari pertanian).

18. Tom G. Palmer

Globalisasi sebagai "penyusutan atau penghapusan negara diberlakukan pembatasan pertukaran lintas batas dan sistem global yg semakin terintegrasi dan kompleks produksi dan pertukaran yang telah muncul menjadi sebuah akibat.

19. Lucian W. Pye

Globalisasi menjadi sebuah gejala tersebarnya nilai-nilai dan budaya tertentu keseluruh dunia (sebagai akibatnya menjadi budaya global atau worldculture).

20. Takis Fotopoulos

Globalisasi ekonomi "menjadi pembukaan dan deregulasi pasar komoditas, kapital & energi kerja yang menyebabkan globalisasi neoliberal". Globalisasi politik "munculnya elit transnasional dan keluar sedikit demi sedikit dari negara-bangsadanquot;. Globalisasi budaya "adalah homogenisasi budaya di seluruh dunia".

21. Joseph Stiglitz

Globalisasi merupakan integrasi lebih dekat berdasarkan negara & penduduk global dibawa sang pengurangan besar biaya transportasi dan komunikasi, dan dipatahkannya rintangan buatan buat arus barang, jasa, kapital, pengetahuan, dan orang diseluruh perbatasan.

22. Thomas L. Friedman

Globalisasi memiliki dimensi ideologi dan tekonologi. Dimensi teknologi yaitu kapitalisme dan pasar bebas, sedangkan dimensi ideologi adalah teknologi keterangan yang menyatukan dunia.

23. Merriam Webster Dictionary

Perkembangan ekonomi global yang semakin terintegrasi ditandai terutama oleh perdagangan bebas, arus kapital yang bebas, dan menekan lebih murah pasar tenaga kerja asing.

24. Dr. Nayef R.F. Al-Rodhan

Globalisasi merupakan proses yg mencakup penyebab, masalah & konsekuensi dari integrasi transnasional & transkultural kegiatan insan dan non-insan.

25. Peter Drucker

Globalisasi merupakan zaman transformasi sosial.

26. Wikipedia Ensiklopedia

Globalisasi merupakan proses integrasi internasional yg terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, & aspek-aspek kebudayaan lainnya.

Baca jua : Faktor Pendorong/Pendukung Globalisasi

Demikianlah artikel kali ini tentang 26 Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terimakasih.

Sumber : LKS Pendidikan Kewarnegaraan Untuk SMP Kelas IX

No comments:

Post a Comment

Home Furniture Store