Monday, May 11, 2020

Gambar Skema Cara Menggulung Dinamo Pompa Air SHIMIZU 125 Watt 24 Alur

Baiklah dalam kesempatan kali ini saya mau membuatkan mengenai motor listrik yang lebih tepatnya tentang cara menggulung motor listrik atau jua sanggup diklaim dinamo. Seperti yang anda tahu sendiri bahwa masih ada berbagai macam dinamo yg merupakan mesin penggerak buat banyak sekali macam keperluan seperti halnya dalam alat-alat tempat tinggal tangga listrik seperti kipas angin, pompa air, mesin cuci & masih banyak lagi.

Namun buat waktu ini aku akan khususkan menyebarkan tentang cara menggulung dinamo pompa air brand Shimizu saja karena pada dasarnya setiap dinamo memilki rumus juga skema lilitan yg bhineka tergantung kebutuhan serta akbar kecilnya dinamo tersebut. Bahkan, dalam sebuah produk pompa air saja mempunyai disparitas skema antara merk satu dengan yg lain.

Dibawah ini merupakan gambar skema gulungan dinamo pompa air merk Shimizu 125 watt yg juga telah aku sertakan data lilitannya.

Gambar Skema Gulungan Shimizu 125 Watt

Warna merah dan hitam buat dihubungkan ke sumber tegangan listrik PLN. Sedangkan buat rona abu-abu nantinya akan pribadi dihubungkan ke kapasitor.

Data Lilitan Shimizu 125 Watt

Saya sarankan bagi anda yang mungkin masih pemula dan kesulitan saat memasukkan kawatnya anda bisa mengurangi jumlah lilitannya tapi jangan terlalu banyak karena semakin banyak anda menguranginya maka akan semakin cepat panas dinamonya nanti.

Anda bisa mengurangi lilitan bantu (starting) masing-masing 5 putaran misal 50,80,160,160 menjadi 45,75,155,155. Begitu juga dengan lilitan primer (running) anda sanggup menguranginya masing-masing minimal tiga putaran, misal 45,75,111,121 menjadi 42,72,108,118.

CATATAN : Skema ini sanggup anda terapkan pada pompa air shimizu menggunakan type menjadi berikut.

PS-121BIT

PS-125BIT

PS-126BIT

PS-128BIT

PS-130BIT

PS-135E

Karena memang semua type diatas memiliki kesamaan dalam hal daya listrik yang dipakai (watt), serta juga terdapat kesamaan pada ukuran kern dinamo dan juga ukuran capasitornya yakni sebesar 8uf/450volt.

Dan selain type diatas anda pula mampu menerapkan skema gulungan diatas dalam kern dinamo yg sama ukuran dan alurnya meski pompa air tersebut bermerk lain.

Lihat pula video ini

Sekian berdasarkan saya semoga sanggup berguna.

Baca juga : Foto Proses Tahapan Menggulung Dinamo Pompa Air SHIMIZU 125 Watt 24 Alur

No comments:

Post a Comment

Home Furniture Store