Tuesday, May 12, 2020

Cara Memilih Jenis Kabel Listrik Yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Kabel listrik adalah suatu komponen yg sangat penting pada suatu instalasi listrik, tentunya di setiap sistem instalasi listrik atau segala sesuatu yang berkaitan menggunakan listrik, pasti akan terpasang sebuah kabel listrik. Kabel listrik tadi berperan sebagai penghantar genre listrik dari satu loka ke loka lainnya, seluruh alat-alat listrik yang terdapat di rumah kita jua tak tanggal berdasarkan kabel listrik, dengan adanya kabel listrik kita semua bisa menikmati penggunaan peralatan listrik kita sehari-hari.

Terdapat aneka macam macam jenis kabel listrik yg bisa dipakai buat instalasi listrik, jenis kabel listrik tadi mempunyai spesifikasi dan fungsinya masing-masing. Dan yang perlu kita ketahui adalah apabila kita ingin memakai atau memasang kabel listrik, kita harus memperhatikan pula spesifikasi dan fungsi kabel listrik tadi. Jadi, jenis kabel listrik yg akan kita gunakan pada lapangan wajib sinkron menggunakan spesifikasi & fungsi kabel listrik tadi.

Penggunaan kabel listrik yg nir sinkron dengan kebutuhan baku pemakaian pada lapangan, akan bisa mengakibatkan kerusakan pada sistem instalasi listrik kita, selain kerusakan yg sanggup terjadi, penggunaan kabel listrik yg nir sesuai dengan pemakaian di lapangan pula dapat membahayakan keselamatan penggunanya.

Maka menurut itu, kita wajib sahih-sahih memperhatikan, pada hal memilih jenis kabel listrik yg sinkron menggunakan kebutuhan pemakaian kita masing-masing.

Lalu bagaimana cara menentukan jenis kabel listrik yg sesuai menggunakan kebutuhan kita?

Seperti yg kita ketahui beserta bahwa kabel listrik itu terdiri menurut 2 bagian, yaitu bagian isolator dan bagian konduktor.

Bagian isolator pada kabel listrik merupakan bagian yang nir bisa menghantarkan listrik, & kegunaannya memang dipakai buat membungkus atau mengisolasi genre listrik agar tidak bocor. Sedangkan bagian konduktor merupakan bagian yg digunakan buat menghantar listrik, bagian ini umumnya terbuat menurut bahan dawai tembaga atau aluminium.

Untuk memilih jenis kabel listrik yg sinkron dengan kebutuhan kita, hal yg paling krusial & harus diperhatikan merupakan spesifikasi perbedaan kabel listrik berdasarkan segi jenis bahan penghantarnya dan jenis isolasi yg menyelubungi penghantar tadi.

Berikut ini merupakan beberapa jenis kabel listrik buat tegangan rendah atau low voltage (LV).

Kabel Listrik Type NYA

Kabel NYA merupakan kabel berbahan kawat tembaga dan berisolasi PVC dan berinti kawat tunggal (solid/padat). Terdapat beberapa macam rona pada isolasinya, seperti merah, hitam, biru, kuning & kuning/hijau.

Kabel NYA ini umumnya digunakan buat instalasi listrik pada tempat tinggal , dan kabel ini termasuk jenis kabel jaringan udara, jadi nir buat ditanam pada pada tanah. Jika kabel jenis NYA ini ditanam pada tanah, hal ini dikawatirkan apabila isolasinya rusak atau koyak, maka akan bisa menyebabkan terjadinya kebocoran arus listrik dalam tanah, tentunya sangat membahayakan apabila terdapat kebocoran arus listrik pada tanah yang basah.

Karena mengingat isolasi kabel jenis NYA ini hanya memiliki satu lapis, maka menciptakan kabel ini sangat gampang stigma, dan tidak tahan air & bahkan sangat mudah rusak waktu digigit tikus.

Agar lebih aman, kabel NYA ini perlu dipasang pipa conduit jenis PVC buat menutupinya agar tidak gampang rusak akibat gigitan tikus atau lantaran hal-hal lainnya yang dapat Mengganggu kabel listrik tersebut. Meskipun sebenarnya bisa pula dipasang terbuka tanpa pipa conduit tetapi, pemasangannya wajib ditempat yang kemarau.

Kabel NYA ini pula dapat ditanam pada pada tembok atau beton kemarau, tetapi apabila memang ingin digunakan ditanam didalam beton kemarau (plesteran), maka harus dipasang pipa conduit.

Catatan : pipa conduit adalah suatu pipa khusus buat selubung pelindung kabel listrik. Pipa conduit umumnya berbahan pipa PVC, namun tidak sinkron menggunakan pipa PVC buat saluran air.

Pipa conduit PVC bisa digunakan buat segala macam jenis kabel listrik, lantaran memang tujuan utamanya adalah menjadi pelindung kabel.

Kabel Listrik Type NYM

Kabel NYM adalah kabel berbahan dawai tembaga & berisolasi PVC & berinti kawat tunggal (solid/padat) & inti kabelnya bisa terdiri berdasarkan 2 atau 3 bahkan 4. Pada dasarnya kabel NYM ini merupakan adonan kabel NYA yang dijadikan satu & dilapisi selubung dari bahan karet & isolasi bagian luarnya yg berwarna putih. Seperti halnya kabel NYA, kabel jenis ini jua tak jarang dipakai dalam instalasi listrik rumah.

Tentunya kabel NYM ini nisbi lebih bertenaga apabila dibandingkan menggunakan kabel NYA, hal ini lantaran isolasinya yang terdiri menurut tiga lapis, sebagai akibatnya menciptakan harga kabel NYM ini pun lebih mahal menurut tipe kabel NYA.

Dengan kualitas keamanannya yang lebih baik tersebut, sebagai akibatnya bisa digunakan pada loka yg kemarau dan lembab, tetapi nir boleh ditanam di dalam tanah. Apabila ditanam dalam tembok beton kemarau (plesteran), maka harus dipasangi pipa conduit misalnya halnya dalam kabel NYA.

Kabel Listrik Type NYY

Seperti layaknya Kabel NYM, kabel menggunakan tipe NYY merupakan kabel berbahan kawat tembaga dan berisolasi PVC dan berinti dawai tunggal (solid/padat) dan inti kabelnya bisa terdiri berdasarkan 2, 3, atau 4 inti.

Berbeda dengan kabel jenis NYM, kabel NYY dibuat buat dapat digunakan didalam tanah, maupun banyak sekali kondisi misalnya outdoor, kemarau dan lembab.

Bahan isolator buat kabel jenis NYY terbuat menurut bahan yg nir disukai sang tikus serta mempunyai konstruksi yang lebih kuat & kaku dibandingkan dengan kabel jenis NYM, menggunakan kualitasnya yg lebih tinggi dari NYM, maka harganya pun jua lebih tinggi.

Meskipun isolasinya sudah cukup bertenaga, tetapi supaya lebih aman, maka sangat direkomendasikan buat melengkapi kabel ini memakai perlindungan tambahan seperti pipa PVC ataupun pipa conduit supaya keamanannya lebih aporisma.

Kabel Listrik Type NYAF

Kabel NYAF merupakan kabel berbahan kawat tembaga dan berisolasi PVC & berinti kawat serabut (fleksibel). Seperti layaknya tipe kabel NYA, kabel jenis ini pula memiliki beberapa macam rona dalam isolasinya, seperti merah, hitam, biru, kuning dan kuning/hijau.

Kabel NYAF ini sangat cocok dipakai pada jalur-jalur instalasi listrik yg poly belokannya, terutama dalam belokan-belokan yang tajam. Dalam penggunaannya, kabel NYAF sering digunakan pada panel-panel listrik yang membutuhkan fleksibilitas tinggi.

Kabel NYAF merupakan keliru satu menurut beberapa jenis kabel listrik serabut yang dibentuk menurut bahan tembaga murni ataupun adonan yg berisolasi bahan PVC menggunakan tingkat kualitas menengah.

Kabel NYAF ini nir cocok apabila digunakan pada tempat yang lembab atau basah, lantaran bahan intinya yang terbuat menurut tembaga campuran tersebut menciptakan kabel ini gampang terkena korosi pada jangka ketika tertentu. Oleh karena itu, perlu dipasangi dengan spiral kabel (pembungkus kabel), untuk melindungi kabel dari terkena korosi, dan buat menjaga supaya kabel nir gampang koyak atau rusak, karena kabel jenis ini mudah cacat dan tidak tahan terhadap air ataupun lembab.

Kabel Listrik Type NYMHY/NYYHY

Kabel NYMHY/NYYHY merupakan kabel berbahan kawat tembaga dengan inti dawai serabut (fleksibel), serta berisolasi PVC dua lapis.

Kabel jenis ini lebih cocok dipakai buat kabel penghubung peralatan listrik maupun elektronika di tempat tinggal yg instalasinya selalu beranjak atau berpindah-pindah loka. Sedangkan pada penggunaannya pada instalasi listrik terpasang tetap atau tetap, buat kabel jenis ini kurang cocok, hal ini karena inti kabelnya yg serabut tadi kurang bertenaga tidak misalnya kabel yg berinti tunggal yang solid (padat).

Kabel jenis ini juga biasa digunakan untuk keperluan instalasi listrik rumah tingkat kecil dengan daya listrik dibawah 900VA (Watt). Jadi untuk daya listrik 900VA (Watt) keatas, lebih baik menggunakan kabel berinti tunggal seperti kabel tipe NYM atau NYY.

Kabel Listrik Type NYFGbY/NYRGbY/NYBY

Kabel NYFGbY/NYRGbY/NYBY merupakan kabel yang dirancang khusus untuk instalasi listrik bawah tanah dengan kedalaman yang disarankan untuk pemasangannya yaitu sedalam 0,8 meter.

Kabel ini bisa ditanam di dalam tanah secara langsung tanpa membutuhkan proteksi tambahan lainnya misalnya pipa PVC dan lain-lain, hal ini lantaran kabel ini sudah dilapisi dengan isolasi pelindung berbahan plat baja pada isolasi bagian dalamnya.

Kabel Listrik Type NFA2X/NFA2X-T

Kabel NFA2X atau NFA2X-T merupakan kabel yang terbuat dari bahan aluminium yang dipilin dan khusus digunakan untuk ruangan terbuka, kabel ini di desain khusus untuk keperluan jaringan listrik saluran udara (untuk digantung). Dengan isolasi berbahan XLPE (crosslinked polyethylene) satu lapis membuatnya lebih kokoh untuk dipasang dengan cara digantung.

Kesimpulannya adalah apabila kita hendak memasang instalasi listrik buat dipasang pada tanah, maka usahakan memilih jenis kabel yg tahan terhadap genangan air, tahan terhadap tekanan mekanis, tahan benturan, dan memiliki isolasi yg bertenaga & kabel yang cocok buat pada tanam di tanah adalah misalnya kabel tipe NYFGbY/NYRGbY/NYBY.

Apabila kita hendak memasang instalasi listrik yang jalurnya banyak belokannya terutama buat instalasi yang selalu bergerak atau berpindah-pindah, maka usahakan menentukan jenis kabel listrik yang fleksibel atau lentur yaitu kabel menggunakan inti serabut misalnya kabel tipe NYAF atau NYMHY/NYYHY.

Jika kita hendak memasang instalasi listrik buat saluran udara misalnya dalam tiang-tiang listrik, maka usahakan memilih jenis kabel listrik yg nir mudah putus, bisa digantung, dan memiliki isolasi yg kuat & kabel yg cocok untuk saluran udara adalah misalnya kabel tipe NFA2X/NFA2X-T.

Demikian untuk artikel kali ini mengenai Cara Memilih Jenis Kabel Listrik Yang Sesuai Dengan Kebutuhan, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Home Furniture Store