Pages

Thursday, May 14, 2020

11 Badan Kerja Sama Ekonomi Regional dengan Lengkap

11 Badan Kerja Sama Ekonomi Regional dengan Lengkap - Pada awalnya, perdagangan antarnegara, tidak hanya dilakukan antarnegara. Negara juga melakukan kerja sama dengan lembaga Ekonomi Regional.

Cara melakukan kolaborasi menggunakan menjadi anggota ataupun tidak. Kerja sama antarnegara terbatas pada ekspor & impor. Seiring perkembangan zaman & dampak globalisasi, kerja sama antarnegara meluas pada aneka macam bidang.

Agar kolaborasi ini berjalan lancar, perlu diatur pada suatu wadah organisasi. Badan Kerja sama regional dikembangkan sang beberapa negara sebagai berikut.

1) ASEAN

ASEAN

Association South Of East Asian Nations (ASEAN) adalah organisasi bangsa-bangsa di kawasan Asia Tenggara. ASEAN didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok atas prakarsa Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Thailand. Pendirian ASEAN berdasarkan Deklarasi Bangkok. Saat ini ASEAN beranggotakan sepuluh negara.

Tujuan utama ASEAN dalah mengadakan kolaborasi pada bidang ekonomi, sosial, dan budaya antarnegara anggota ASEAN. Pada tahun 1992 beberapa negara anggota ASEAN melalui kepala negara sepakat buat menggalakkan kolaborasi dalam bidang politik & keamanan di kawasan Asia Tenggara.

Kerja sama ASEAN bertujuan meningkatkan kecepatan pertumbuhan ekonomi pada kawasan Asia Tenggara. Dalam perkembangannya, kerja sama ASEAN menunjuk perdagangan bebas pada tahun 2003 pada kawasan Asia Tenggara (ASEAN Free Trade Area/AFTA).

Tujuan AFTA adalah menaikkan keunggulan kompetitif produk-produk ASEAN, serta mengurangi tarif guna menaikkan efisiensi produksi atas industri perdagangan. Pada tahun 2015 negara-negara anggota ASEAN menginginkan terbentuknya komunitas ekonomi.

Hal ini dipertegas menggunakan penandatanganan ASEAN Economic Community (AEC) Blueprint sang pemimpin negara-negara ASEAN. Kesepakatan ini diperlukan membawa daerah Asia Tenggara menuju pasar tunggal & basis produksi pada tahun 2015.

Dua) APEC

APEC

Negara-negara di kawasan Asia Pasifik membentuk kerja sama ekonomi pada bulan November 1989 di Canberra, Australia. Kerja sama ini disebut Asia Pasific Economic Cooperation (APEC) yang mencakup Benua Asia, Australia, Amerika Utara, dan Amerika Selatan.

Tujuannya menjalin kerja sama perdagangan, investasi, dan pariwisata; memperkuat perdagangan multilateral bagi kepentingan Asia  Pasifik serta negara-negara lain; mengurangi hambatan perdagangan antarnegara; serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia guna mendorong pelaksanaan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi.

Pada tanggal 5 November 1994 berlangsung KTT II APEC di Bogor, Indonesia yang menghasilkan Deklarasi Bogor (Bogor Declaration). APEC mencanangkan perdagangan bebas pada tahun 2010 untuk negara maju dan tahun 2020 untuk negara berkembang.

3) EEC

EEC

European Economic Community (ECC) juga disebut Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE). MEE berdiri pada tahun 1957 di Roma, Italia atas kesepakatan beberapa negara Eropa Barat.

Pada bulan Febuari 1992 MEE berubah sebagai Uni Eropa (European Union/EU). Untuk mempererat kerja sama negara-negara anggota Uni Eropa, mulai tanggal 1 Januari 1999 dimuntahkan mata uang tunggal, yaitu euro.

MEE bertujuan menghilangkan kendala perdagangan bebas guna memajukan kehidupan ekonomi & sosial rakyat Eropa, mempersatukan perekonomian ke dalam wilayah pemasaran beserta, memobilisasi potensi ekonomi, dan menaikkan daya saing MEE pada perekonoman dunia.

4) Colombo Plan

Colombo Plan

Colombo Plan merupakan rencana kerja sama untuk mengembangkan ekonomi di Asia Selatan dan di Asia Tenggara. Colombo Plan bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat di Asia Selatan dan di Asia Tenggara melalui penyusunan dan pelaksanaan rencana kerja sama internasional.

Adapun bentuk-bentuk donasi Colombo Plan merupakan sebagai berikut.

  • Pinjaman dan sumbangan untuk proyek nasional.
  • Bahan makanan, pupuk, dan barang konsumsi.
  • Alat perlengkapan (mesin, alat transportasi, dan alat laboratorium).
  • Jasa tenaga ahli
  • Pendidikan dan latihan keterampilan.

5) NAFTA (North American Free Trade Area)

NAFTA

NAFTA merupakan blok perdagangan di kawasan Amerika Utara (USA, Kanada, dan Meksiko) NAFTA akan melakukan perdagangan bebas di kawasan Amerika Utara pada tahun 2010, di mana arus lalu lntas barang dagangan antara anggota bebas masuk tanpa hambatan/non tarif di kawasan NAFTA.

6) Uni Eropa (UE)

Uni Eropa merupakan organisasi antar pemerintahan dan supra nasional, yg terdiri dari anggota negara-negara Eropa.

Persatuan ini didirikan di bawah Perjanjian Uni Eropa (lebih dikenal Perjanjian Maastricht) dalam 1992.

Tujuan primer berdasarkan organisasi ini merupakan mempertinggi kemajuan ekonomi dan sosial, terutama dengan penciptaan pasar bebas, pemerataan ekonomi & sosial dan melalui pendirian integrasi ekonomi dan moneter termasuk mata uang tunggal (EURO).

Sedangkan, untuk hubungan eksternal, tujuan utama Uni Eropa merupakan buat lebih menonjolkan identitas ataupun peranan Uni Eropa pada percaturan Internasional, khususnya dalam kebijakan beserta di bidang keamanan & interaksi luar negeri termasuk pembangunan kebijakan pertahanan bersama.

7) EFTA

Asosiai perdagangan bebas Eropa atau EFTA didirikan dalam 3 Mei 1960 menjadi lembaga kerjasama ekonomi antar negara yang nir termasuk dalam MEE.

Tujuan didirikannya EFTA buat mengadakan perdagangan bebas antar negara anggota dan mendorong perdagangan bebas menjadi wahana buat mencapai pertumbuhan & kemakmuran pada antara negara-negara anggotanya.

EFTA Convention ditandatangani tanggal 4 Januari 1960 di Stockholm oleh tujuh negara.

8) COMECON

East European Council for Mutual Economic Assistance (COMECON) adalah lembaga kerjasama ekonomi antar negara-negara komunis misalnya Rusia, Bulgaria, Rumania, Hongaria, Cekoslovakia, & Polandia.

Tetapi sejak tahun 1991 dibubarkan, negara-negara tadi pun bergabung bersama pada UE.

Tujuan COMECON adalah mempertinggi ekonomi negara anggotanya, menaikkan taraf hidup & memperluas lapangan kerja, memajukan dan mengklaim perdagangan, meluaskan hubungan dengna negara lain.

9) SAARC

South Asian Association for Regional Cooperation (SAARC) atau Asosiasi Kerjasama Regional Asia Selatan adalah asosiasi negara-negara Asia Selatan yang terdiri berdasarkan delapan negara diusulkan oleh Ziaur Rahman, Presiden Bangladesh saat itu.

SAARC dibentuk dalam 8 Desember 1986, negara-negara anggotanya yaitu Afganistan, Bangladesh, Bhutan, India, Maldavies, Nepal, Pakistan, & Sri Lanka.

SAARC bertujuan buat mendukung kesejahteraan & membuatkan kualitas hidup rakyat di Asia Selatan & jua buat mempercepat pertumbuhan ekonomi & perkembangan budaya. Tetapi pada kegiatannya SAARC belum mampu meraih cita-citanya hanya sebatas ilham saja.

10) APO

Asian Production Organization (APO) merupakan organisasi yg sangat krusial buat bisnis pengelolaan produksi di Asia. Tujuannya buat meningkatkan produktivitas negara-negara Asia. Beberapa anggotanya yaitu Indonesia, Jepang, Singapura, Hongkong, dan Pakistan.

Tujuan APO untuk memajukan produksi barang dan jasa di bidang industri dan pertanian, mempertinggi kesejahteraan penduduk negara anggotanya, dan mempertinggi produktivitas di negara-negara Asia.

11) SPF

South Pasific Forum (SPF) didirikan tahun 1971 dengan target primer buat mempromosikan perdagangan, pendidikan, komunikasi, turisme, dan aneka macam masalah politik umum.

Baca pula: 6 Badan Kerja Sama Multilateral menggunakan Lengkap

Demikianlah artikel saya kali ini tentang 11 Badan Kerja Sama Ekonomi Regional dengan Lengkap. Semoga bermanfaat bagi Anda. Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat tolong disukai dan dibagikan. Sekian dan Terimakasih.

Sumber: Lomba Kompetensi Siswa IPS Kelas IX

www.Mikirbae.Com/2016/08/badan-kerja-sama-ekonomi-regional.Html

No comments:

Post a Comment