Pages

Saturday, May 2, 2020

Tujuan/Manfaat Jaringan Komputer Secara Umum & Bagi Perusahaan [Singkat]

Tujuan/Manfaat Jaringan Komputer Secara Umum & Bagi Perusahaan - Manfaat jaringan personal komputer bagi user bisa dikelompokkan menjadi 2, yaitu untuk kebutuhan perusahaan & jaringan buat umum. Berikut penjelasan singkatnya.

Manfaat Jaringan Komputer Bagi Perusahaan

Tujuan/Manfaat Jaringan Komputer Secara Umum & Bagi Perusahaan [Singkat]

Tujuan utama menurut terbangunnya sebuah jaringan dalam suatu perusahaan merupakan:

Resource sharing

Resource sharing yang bertujuan agar semua acara, alat-alat, khususnya data, sanggup dipakai oleh setiap orang yg terdapat dalam jaringan tanpa terpengaruh oleh lokasi resource & pemakai.

High reliability

High reliability (keandalan tinggi) yang diperoleh karena tersedianya asal daya alternatif. Misalnya, semua arsip bisa disalin (back-up) ke seluruh mesin sehingga bisa keliru satu mesin meninggal, maka file tetap bisa diakses dan mesin lain yang masih aktif.

Selain itu menggunakan adanya CPU yang banyak maka apabila galat satu CPU tidak dipakai, maka CPU lain akan merogoh alih tugasnya, walaupun kinerjanya jadi menurun. Kemampuan melanjutkan pekerjaan ketika mendapatkan masalah pada perangkat keras adalah suatu hal yang sangat penting.

Saving Money

Saving money (berhemat uang). Komputer berukuran mini mempunyai rasio harga/kinerja yang lebih baik dibanding menggunakan personal komputer yg besar . Komputer mainframe kira-kira mempunyai kecepatan 10 x lipat kecepatan personal komputer langsung, akan tetapi harga mainframe 10 x lebih mahal.

Ketidakseimbangan rasio harga/kinerja ini mengakibatkan para perancang sistem merasa lebih baik membentuk sistem yg terdiri berdasarkan komputer-personal komputer mini (PC).

Manfaat Jaringan Komputer buat Umum

Jaringan komputer akan menaruh layanan yang tidak selaras pada perorangan di tempat tinggal -tempat tinggal dibandingkan dengan layanan yang diberikan perusahaan. Terdapat 3 hal utama yang sebagai daya tarik jaringan personal komputer dalam perorangan yaitu:

  1. Access ke informasi yang berada di tempat lain (seperti akses berita hari ini, info e-goverment, e-commerce atau e-business), yang semuanya uptodate.
  2. Komunikasi orang ke orang (person to person seperti e-mail, chatting, video conference, dll).
  3. Hiburan interaktif (seperti nonton acara tv online, radio streaming, download film atau lagu, dll).

Demikianlah artikel mengenai tujuan atau manfaat jaringan komputer secara generik dan bagi perusahaan singkat. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

No comments:

Post a Comment