Pages

Friday, May 1, 2020

Pengertian Rangkaian Seri serta ciri-ciri dan contohnya

Pada artikel saya sebelumnya saya sudah jelaskan mengenai rangkaian paralel & buat kali ini saya akan mengungkapkan lagi sebuah rangkaian listrik lainnya yakni rangkain seri.

Di pada dunia kelistrikan, rangkaian seri adalah satu diantara 2 jenis rangkaian yg umum dikenal kini ini. Rangkaian seri berfungsi buat memperbesar hambatan dan berfungsi menjadi pembagi tegangan. Rangkaian ini dibedakan menggunakan rangkaian listrik lainnya ( rangkaian paralel ) lantaran rangkaian seri mempunyai pola/bentuk susunan rangkaian dan fungsi/fungsinya sendiri yg sebagai karakteristik spesial dari rangkaian tadi. Sebagai tambahan, kami akan menampilkan jua rumus-rumus yg digunakan pada perhitungan rangkaian seri.

Artikel Terkait : Pengertian Rangkaian Paralel serta ciri-ciri dan contohnya

Pengertian Rangkaian Seri

Rangkaian seri merupakan galat satu contoh rangkaian listrik yang umum dikenal di dunia elektronika. Dalam pelajaran kelistrikan, rangkaian seri adalah suatu rangkaian yang semua bagian-bagiannya dihubungkan berurutan, sebagai akibatnya setiap bagian dialiri sang satu arus listrik saja.

Rangkaian ini disebut jua dengan rangkaian tunggal, membiarkan listrik mengalir keluar dari asal tegangan, melalui setiap bagian-bagian, lalu kembali lagi ke sumber tegangan menggunakan melewati satu jalur lurus saja tanpa adanya jalur lain. Kuat arus yg mengalir selalu sama pada setiap titik sepanjang rangkaian. Hambatan yg dirangkai secara seri akan semakin akbar nilai hambatannya. Sedangkan, lampu yang dirangkai secara seri nyalanya menjadi semakin redup. Jika satu lampu meninggal, maka lampu yang lain jua akan tewas.

Ciri-Ciri Rangkaian Seri

Semua komponen listrik yang dipasang disusun secara berderet atau berurutan.  Kabel penghubung semua komponen tersebut tidak memiliki percabangan sepanjang rangkaian, sehingga hanya ada satu jalan yang dilalui oleh arus listrik.

Akibatnya, arus listrik (I) yang mengalir pada aneka macam titik dalam rangkaian sama besarnya, sedangkan beda potensialnya tidak selaras. Artinya seluruh komponen yang terpasang akan mendapat arus yang sama juga.

Rangkaian seri memiliki kendala total yang lebih akbar daripada kendala penyusunnya.Hambatan total (Rtotal) ini diklaim kendala pengganti. Beda potensial atau tegangan total (Vtotal) menurut rangkaian seri merupakan output jumlah antara beda potensial dalam tiap penahan. Semua pernyataan ini bisa dirumuskan sebagai:

Keuntungan memakai rangkaian seri adalah bisa mengurangi biaya pemakaian kabel listrik dan pemasangan atau penyusunan rangkaian instalasinya cenderung lebih gampang, mudah dan sederhana. Selain itu kelebihan lain menurut rangkaian seri adalah pemakaian daya listriknya lebih irit lantaran tegangan listriknya terbagi-bagi.

Sedangkan kelemahannya, energi yg diserap masing-masing indera listrik menjadi semakin kecil. Contoh: lampu sebagai redup jika dirangkai seri.

Dan jika salah satu berdasarkan komponen listrik putus/rusak maka semua komponen tidak bisa bekerja. Selain itu, hambatan listrik apabila komponen dirangkai seri akan semakin besar .

Beberapa Gambar Rangkaian Seri

Berikut ini kami tampilkan beberapa gambar yg menerangkan susunan komponen yg dirangkai secara seri.

Rangkaian Seri Lampu

Lampu yg dirangkai seri

Rangkaian Seri Baterai

Baterai yg dirangkai seri

Sekian artikel mengenai rangkaian seri ini semoga berguna.

Dikutip dari : https://www.ilmusiana.com/2015/10/rangkaian-seri-pengertian-ciri-gambar.html

No comments:

Post a Comment