Pages

Friday, May 8, 2020

Kenali Penyebab Padamnya Listrik Di Rumah Anda

Semua orang niscaya pernah mengalami yg namanya listrik padam pada rumah, tentunya dengan padamnya listrik pada rumah, hal ini akan sangat menggangu aktifitas sehari-hari kita, khususnya bagi pengguna listrik yang telah biasa menggunakan listrik buat kebutuhan sehari-hari, baik buat sarana hiburan, pekerjaan, & banyak sekali kegiatan lainnya.

Padamnya listrik pada rumah secara tiba-tiba tentunya menciptakan kita sangat kesal & kecewa, misalnya saja misalnya saat sedang mengerjakan pekerjaan menggunakan peralatan listrik di tempat tinggal , atau asyik menonton televisi, mendengarkan musik dan lain sebagainya, tiba-tiba listrik di tempat tinggal padam, sebagai akibatnya membuat pekerjaan kita tidak terselesaikan-terselesaikan, atau terganggu lantaran lagi asyik menonton tv atau mendengarkan musik tiba-datang listrik padam.

Lalu apa sebenarnya penyebab listrik dirumah kita padam secara tiba-datang?

Terkadang padamnya listrik dirumah hanya terjadi sesaat, kemudian menyala lagi, namun tak lama kemudian listrik padam lagi, seolah-olah ada yang memadamkan dan menyalakan dengan sengaja. Namun, kita tidak boleh menyalahkan pihak PLN begitu saja, karena bisa jadi penyebab listrik padam tersebut karena adanya gangguan listrik di rumah kita sendiri.

Supaya kita nir menduga yang bukan-bukan atau menyalahkan orang lain, maka ada baiknya buat kita mengetahui terlebih dahulu apa sebenarnya yang menyebabkan listrik di rumah kita padam, baik itu ditimbulkan sang gangguan listrik berdasarkan luar tempat tinggal atau berdasarkan pada tempat tinggal kita sendiri. Atau baik itu padam dalam waktu sesaat, atau bahkan padamnya listrik dalam waktu yang cukup lama .

Terdapat poly sekali penyebab listrik di tempat tinggal mampu padam, namun disini saya akan membagi dua (2) grup supaya lebih memudahkan buat dipahami. Dua gerombolan itu antara lain sebagai berikut :

1. Padamnya listrik dampak gangguan menurut pada rumah kita sendiri

Kejadian padamnya listrik di tempat tinggal bisa disebabkan sang adanya gangguan listrik dalam instalasi listrik di tempat tinggal kita, gangguan dalam rumah yg dimaksud disini merupakan gangguan yg terjadi berdasarkan KWH meter/MCB sampai ujung instalasi pada dalam rumah kita. Penyebab padamnya listrik di tempat tinggal lantaran adanya gangguan atau perseteruan yang asal berdasarkan instalasi listrik dirumah kita, yaitu :

Listrik dirumah padam dikarenakan MCB trip (jeglek), penyebabnya diantaranya sebagai berikut :

  • Akibat beban lebih atau kelebihan daya listrik. Hal ini disebabkan oleh pemakaian listrik yang berlebihan.
  • Terjadinya korsleting listrik atau hubungan pendek arus listrik (short circuit), baik pada instalasi listrik atau peralatan listrik yang ada dirumah kita. Untuk korsleting listrik pada instalasi listrik misalnya seperti pada kabel, stop kontak, steker, fiting lampu dan lain sebagainya. Atau korsleting listrik yang berasal dari berbagai peralatan listrik yang biasa kita gunakan sehari-hari semisal lampu, pompa air, televisi, rice cooker, kipas angin dan masih banyak lagi yang lainnya.
  • Adanya kerusakan pada MCB yang ada dirumah, pemasangan kabel kurang kuat (longgar), dan lain sebagainya.
  • Adanya instalasi listrik yang putus misalnya sekring listrik (fuse), kabel listrik dan lain sebagainya.
2. Padamnya listrik yg disebabkan karena adanya gangguan dari luar instalasi rumah

Masalah listrik padam pada tempat tinggal kita pula dapat disebabkan oleh adanya gangguan listrik dari luar instalasi rumah kita, gangguan berdasarkan luar instalasi disini maksudnya adalah adanya gangguan yg berasal berdasarkan jaringan listrik PLN, yang termasuk jaringan listrik PLN yaitu mulai dari KWH meter/MCB yang terdapat di tempat tinggal menuju ke kabel pilin (twisted cable) dan kabel ini akhirnya hingga ke tiang gardu distribusi yg kemudian diteruskan ke jalur distribusi menggunakan tiang listrik yg lebih besar , lalu diteruskan ke jalur transmisi menggunakan tower-tower listrik hingga sampai ke sumber pembangkit listrik PLN.

Jadi apabila diperhatikan dengan akurat, proses bepergian jaringan listrik PLN ini sangatlah panjang menggunakan disalurkan secara bertahap, tentunya jika terjadi gangguan listrik maka perbaikannya akan sangat sulit apabila dibandingkan menggunakan pemugaran instalasi listrik di tempat tinggal kita. Penyebab padamnya listrik dirumah, akibat adanya beberapa gangguan pada jaringan listrik PLN, antara lain :

Karena pemadaman bergilir dari pihak PLN.

Pemadaman bergilir umumnya akan diumumkan sang pihak PLN, ini merupakan pemadaman listrik yg terencana. Pemadaman bergilir tadi terjadi karena adanya perawatan atau pemugaran pada jaringan listrik PLN seperti kabel listrik , transformator & lain sebagainya, atau pemadaman listrik bergilir dilakukan lantaran adanya bencana alam semisal banjir & lain-lain.

Atau mampu pula karena adanya proyek besar -besaran seperti pemasangan jaringan listrik yg baru, yang terkadang diperuntukkan bagi tempat tinggal -rumah atau pelanggan listrik industri besar yg tidak tersuplai kebutuhan listrik secara keseluruhan.

Listrik padam secara datang-datang & tidak terpola

Jika listrik padam datang-tiba dan pada ketika yg cukup usang sebelum menyala kembali, hal ini umumnya terjadi karena adanya gangguan yang serius dalam jaringan listrik PLN contohnya saja misalnya pembangkit listrik yang mengalami gangguan, & tentu saja hal ini nir bersiklus.

Tentunya jaringan listrik PLN sudah dilengkapi dengan banyak sekali pengaman listrik yg lebih memadai & lebih canggih jika dibandingkan menggunakan pengaman di tempat tinggal -tempat tinggal , contohnya saja misalnya pengaman jika terjadi sambaran petir, pengaman menurut tegangan lebih (over voltage) dan pengaman lainnya yg nir terdapat pada instalasi listrik tempat tinggal tangga. Peranan pengaman listrik ini sangat krusial, ketika terjadi gangguan listrik maka sistem pengaman akan bekerja memutuskan jaringan listrik sebagai akibatnya menyebabkan listrik pada rumah padam. Lalu PLN akan segera mengecek gangguan tersebut ke lapangan dan langsung melakukan perbaikan secepat mungkin, karena listrik padam jua merupakan kerugian bagi pihak PLN itu sendiri.

Apabila kejadian listrik padam secara tiba-tiba dan hanya sesaat saja, kemungkinan hal ini disebabkan karena sistem pengaman yg terpasang pada jaringan listrik PLN sedang mendeteksi adanya gangguan, sehingga secara otomatis pengaman tadi akan menetapkan jaringan listrik yg menyuplai ke tempat tinggal -rumah, sesudah gangguan tersebut hilang maka pengaman listrik tersebut akan mengalirkan kembali listrik ke rumah-tempat tinggal , jadi pengaman tersebut bekerja secara otomatis.

Contohnya saja ada salah satu pengaman listrik yang bekerja otomatis dan terpasang dalam jaringan tegangan menengah (TM) milik PLN yaitu Recloser.

Apabila terjadi gangguan pada jaringan seperti listrik bocor, tegangan lebih, & sebagainya, maka recloser akan bekerja memutuskan aliran listrik. Apabila syarat gangguan nir ada lagi, maka recloser akan bekerja secara otomatis mengalirkan listrik pulang.

Contohnya saja gangguan yg seringkali terjadi misalnya saat ada dahan pohon yg menyentuh kabel jaringan listrik, maka hal ini menyebabkan kebocoran listrik mengalir ke pohon tadi. Dan disinilah peranan recloser sangat krusial, reecloser akan mendeteksi hal tersebut & pada saat yg singkat akan memutuskan genre listrik. Setelah dahan tadi terlepas, maka recloser akan kembali mengalirkan listrik.

Gangguan semacam ini adalah salah satu penyebab mengapa listrik padam sesaat kemudian menyala balik . Dengan pengaman yg misalnya ini mungkin bisa menyebabkan pemadaman listrik yg nir berkala, tetapi semua ini demi menjaga keselamatan kita.

Sekian buat artikel kali ini semoga berguna.

No comments:

Post a Comment