Pages

Wednesday, May 6, 2020

Jaringan Komputer WAN: Pengertian, Fungsi, Karakteristik, Contoh

Mengenal Jaringan Komputer WAN (Wide Area Network) - Pada kesempatan kali ini EnsiklopediAsli membagikan artikel tentang jaringan WAN yang meliputi pengertian, fungsi, contoh, perangkat jaringan WAN, kelebihan dan kekurangan jaringan WAN beserta karakteristiknya.

Pengertian jaringan WAN adalah jaringan personal komputer yg mencakup area yang besar menjadi contoh yaitu jaringan personal komputer antar daerah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga menjadi jaringan personal komputer yg membutuhkan router & saluran komunikasi publik.

Internet merupakan model dari jaringan WAN ini jika Wide Area Network sudah mencakup area intercontinental maka dianggap jaringan keterangan dunia atau internet.

Disamping pengiriman paket secara datagram, dalam jaringan IP juga dikenal pengiriman paket secara connection oriented dimana sebelum paket dikirm, dilakukan setup koneksi nalar berdasarkan tempat asal ketujuan oleh proses paket control dengan request logical connection supaya paket suatu warta menempuh rute yang sama.

Mode koneksi ini diklaim impian circuit, tetapi tidak seperti dalam jaringan circuit switched yg menduduki kanal (bandwidth/resources) secara monopoli, dalam impian circuit penggunaan resources masih dalam pola sharing.

Dengan cara demikian urutan paket sanggup dijamin, tetap tingkat kontinuitas real time nir dijamin, sangat bergantung pada kapasitas & tingkat kepadatan trafik dalam jaringan.

Dengan mode virtual circuit ini memungkinkan suatu kelompok organisasi/perusahaan memiliki jaringan private (semacam jaringan PBX) secara virtual (disebut IP VPN/Virtual Private Network ), atau semacam jaringan PBX (Private Branch Exchange) tetapi lingkup area tidak terbatas seperti PABX karena jaringan yang dibangun dalam IP VPN bukan secara fisik melainkan secara logika dan pembentukan jaringan hanya saat diperlukan saja, sehingga lingkup jaringan pribadi IP VPN dapat mencakup area nasional bahkan internasional.

Jaringan berbasis packet switched lain yang banyak dikembangkan pada AS adalah jaringan ATM (Asynchronus Transfer Mode). Perbedaannya dengan jaringan IP, bahwa pada jaringan ATM mode koneksi secara holistik memakai virtual circuit, sedangkan dalam jaringan IP, impian circuit hanya bersifat option.

Perbedaan lain, paket data jaringan ATM dianggap cell selalu tetap yakni 53 oktet (Byte) yang terdiri dari 48 oktet payload, lima oktet header.

Sedangkan dalam jaringan IP, ukuran paket tidak tetap. Teknologi ATM banyak dikembangkan di Amerika Serikat.

Satu hal lagi, bahwa jaringan ATM dirancang berbasis layanan broadband dan dapat mengakomodasi layanan VBR (Variable Bit Rate) selain CBR (Constant Bit Rate). Sedangkan rancangan awal jaringan IP berbasis Narrow Band dan layanan CBR.

Karakteristik Jaringan WAN

Adapun ciri jaringan personal komputer WAN adalah menjadi berikut:

  • Digunakan untuk menghubungkan perangkat-perangkat yang tidak dapat dihubungkan melalui jaringan LAN dan MAN, oleh karena itu jaringan WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan yang luas.
  • WAN memiliki cangkupan area yang luas.
  • Menggunakan koneksi serial dari berbagai macam jenis untuk dapat mengakses bandwith dalam lokasi yang berjauhan.
  • Dapat melakukan paket data maupun frame antar router atau switch dan jaringan LAN yang sudah dibangun.
  • Bekerja pada layer physical dan data link dari layer OSI.

Baca juga:7 OSI Layer: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja (Enkapsulasi - Dekapsulasi)

Fungsi Jaringan WAN

Adapun fungsi jaringan WAN merupakan menjadi berikut:

  1. Mengintegrasikan dan menggabungkan jaringan LAN dan MAN menjadi satu.
  2. Mempermudah dan mempercepat arus informasi dan komunikasi.
  3. Meningkatkan efisiensi perpindahan arus informasi.
  4. Menghemat biaya operasional.
  5. Mencegah terjadinya misskomunikasi.
  6. Mendukung operasionalitas dari sebuah perusahaan multinasional dan internasional.

Konsep Jaringan WAN

Wide Area Network (WAN) mencakup daerah geografis yang luas, sering mencakup sebuah negara atau benua. WAN terdiri berdasarkan gugusan mesin yg bertujuan buat menjalankan acara-acara aplikasi.

Mesin-mesin ini menjadi host. Istilah End System kadang-kadang pula dipakai dalam literatur. Host dihubungkan menggunakan sebuah subnet komunikasi, atau cukup disebut subnet.

Tugas subnet adalah membawa pesan menurut host ke host lainnya, misalnya halnya sistem telepon yang membawa isi pembicaraan menurut pembicara ke pendengar. Dengan memisahkan aspek komunikasi murni sebuah jaringan (subnet) menurut aspek-aspek aplikasi (host), rancangan jaringan lengkap menjadi jauh lebih sederhana.

Pada sebagian akbar WAN, subnet terdiri menurut 2 komponen, yaitu kabel transmisi dan elemen switching. Kabel transmisi (dianggap pula sirkuit, channel, atau trunk) memindahkan bit-bit berdasarkan satu mesin ke mesin lainnya. Elemen switching adalah komputer khusus yang dipakai buat menghubungkan dua kabel transmisi atau lebih.

Saat data sampai ke kabel penerima, elemen switching wajib menentukan kabel pengirim buat meneruskan pesan-pesan tadi. Sayangnya tidak ada terminologi standart pada menamakan komputer seperti ini. Namanya sangat bervariasi disebut paket switching node, intermidiate system, data switching exchange dan sebagainya.

Sebagai kata generik bagi personal komputer switching, kita akan memakai istilah router. Tapi perlu diketahui terlebih dahulu bahwa nir terdapat mufakat dalam penggunaan terminologi ini.

Dalam model ini, seperti ditunjukkan gambar dibawah setiap host dihubungkan ke LAN tempat dimana masih ada sebuah router, walaupun pada beberapa keadaan tertentu sebuah host dapat dihubungkan pribadi ke sebuah router. Kumpulan saluran komunikasi dan router (akan tetapi bukan host) akan membangun subnet.

typical schematic Wide Area Network
Gambar jaringan WAN - Wide Area Network Thypical Schematic

Istilah subnet sangat krusial, tadinya subnet berarti kumpulan-gugusan router-router & saluran-saluran komunikasi yg memindahkan paket dari host host tujuan.

Akan tetapi, beberapa tahun kemudian subnet mendapatkan arti lainnya sehubungan menggunakan pengalaman jaringan. Pada sebagian akbar WAN, jaringan terdiri dari sejumlah poly kabel atau saluran telepon yang menghubungkan sepasang router.

Jika 2 router yang nir mengandung kabel yang sama akan melakukan komunikasi, keduanya harus berkomunikasi secara tak pribadi melalui router lainnya.

Ketika sebuah paket dikirimkan dari sebuah router ke router lainnya melalui router perantara atau lebih, maka paket akan diterima router dalam keadaan lengkap, disimpan sampai saluran output sebagai bebas, dan lalu baru diteruskan.

Subnet yg mengandung prinsip seperti ini disebut subnet point-to-point, store-and-forward, atau packet-switched. Hampir seluruh WAN (kecuali yg menggunakan satelit) mempunyai subnet store-and-forward.

Di pada memakai subnet point-to-point, kasus rancangan yg penting adalah pemilihan jenis topologi interkoneksi router. LAN biasanya berbentuk topologi simetris, kebalikannya WAN umumnya bertopologi tidak menentu.

Jaringan WAN (Wide Area Network) adalah perpaduan dari LAN dan atau Workgroup yang dihubungkan dengan memakai alat komunikasi modem dan jaringan internet, menurut/ke kantor pusat dan kantor cabang, maupun antar tempat kerja cabang.

Dengan sistem jaringan ini, pertukaran data antar kantor dapat dilakukan menggunakan cepat dan menggunakan porto yang relatif murah. Sistem jaringan ini bisa menggunakan jaringan internet yang sudah terdapat, buat menghubungkan antara kantor pusat & tempat kerja cabang atau dengan PC Stand Alone/Notebook yang berada pada lain kota ataupun negara.

Kelebihan dan Kekurangan Jaringan WAN

Berikut merupakan beberapa kelebihan jaringan personal komputer WAN:

  • Server kantor pusat dapat berfungsi sebagai bank data dari kantor cabang.
  • Komunikasi antar kantor dapat menggunakan E-mail dan Chat.
  • Dokumen/file yang biasanya dikirimkan melalui fax ataupun paket pos, dapat dikirim melalui E-mail dan Transfer file dari/ke kantor pusat dan kantor cabang dengna biaya yang relatif lebih murah dan dalam jangka waktu yang sangat cepat.
  • Pooling data dan updating data antar kantor dapat dilakukan setiap hari pada waktu yang ditentukan.

Berikut ini merupakan beberapa kekurangan jaringan WAN:

  • Biaya operasional mahal karena maintenance yang luas.
  • Dalam hal pengaturan jaringan WAN lebih rumit dan sulit, selain itu alat-alat yang dibutuhkan juga mahal.
  • Memerlukan firewall untuk membatasi pengguna luar yang masuk dan dapat menganggu jaringan ini.
  • Rentan terhadap serangan hacker atau ancaman dari luar lainnya.

Koneksi Jaringan WAN

Untuk mengoneksikan jaringan WAN kita harus memakai alat khusus yang bekerja menjadi pusat layanan, misalnya satelit VSAT.

VSAT merupakan jaringan atau sistem komunikasi satelit yg terdiri atas sejumlah stasiun remote (terminal VSAT) dengan memakai antena parabola berdiameter lebih kecil dibandingkan dengan komunikasi satelit lainnya, memakai sebuah atau sebagian transponder satelit sebagai pengulang (repeater) menggunakan didukung alat-alat dalam stasiun dan sebuah stasiun pada bumi utama.

WAN merupakan formasi dari beberapa LAN yg digabungkan sebagai suatu jaringan baru. Di sini VSAT berperan menjadi media penghubung antara suatu jaringan LAN. Jadi setiap jaringan LAN adalah stasiun terminal.

WAN mencakup wilayah geografis yg luas, tak jarang mencakup sebuah negara atau benua. Pada sebagian akbar WAN, jaringannya terdiri menurut 2 komponen : kabel transmisi dan elemen switching.

Kabel transmisi memindahkan bit-bit berdasarkan satu mesin ke mesin lainnya. Elemen switching adalah personal komputer spesifik yg digunakan buat menghubungkan dua kabel transmisi atau lebih.

Pada sistem WAN menggunakan media VSAT maka selain server dalam tiap jaringan LAN-nya terdapat server lain yg lebih besar yang berada dalam stasiun Hub.

Server ini akan mengontrol komunikasi antar terminal VSAT yg berada di bawahnya. Server yg berada dalam stasiun terminal hanya menampung data berdasarkan workstation-workstation yg ada pada bawahnya.

Sistem kerja WAN adalah misalnya halnya jaringan LAN hanya jika diinginkan transfer data menurut user pada terminal VSAT yang lain maka server yg berada dalam terminal VSAT tadi akan menghubungi stasiun Hub & stasiun Hub akan menghubungkan dengan terminal VSAT yang diinginkan sebagai akibatnya transfer data yang diinginkan bisa terjadi.

Jadi apabila user yang diinginkan dihubungi hanya berada pada terminal VSAT-nya sendiri maka interaksi ke stasiun Hub nir dilakukan.

Selain digunakan buat transfer data jaringan VSAT pada konfigurasi WAN pula dapat digunakan untuk transfer video maupun voice.

Jadi terminal workstation-nya pun nir wajib memakai komputer, namun sanggup memakai mesin fax atau yang lainnya. Konfigurasi tersebut juga mempunyai bit rate yang cukup tinggi buat transmisi datanya, selain itu kerahasiaan data terjamin juga.

Walaupun banyak keuntungannya sistem WAN ini akan sebagai tidak efektif jika penggunaannya hanya pada bawah jumlah 100. Jika penggunaannya lebih berdasarkan 100 maka sistem tadi sebagai efektif dan handal. Dalam perkembangan WAN, jika jaringan LAN semakin banyak & user (penggunaannya) berada di seluruh belahan dunia maka sistem tersebut dinamakan Internet.

Infrastruktur atau Perangkat Jaringan WAN

Seperti LAN (Local Area Network), terdapat sejumlah perangkat yang melewatkan genre berita data pada sebuah WAN. Penggabungan perangkat tadi akan menciptakan infrastruktur WAN. Perangkat-perangkat tadi adalah :

  • Router adalah peningkatan kemampuan dari bridge.
  • ATM Switch, Switch ATM menyediakan transfer data berkecepatan tinggi antara LAN dan WAN.
  • Modem and CSU/DSU, Modem mengkonversi sinyal digital dan analog.
  • CSU/DSU (Channel Service Unit/Data Service Unit), mengirim data dalam format digital melalui jaringan telephone digital.
  • Communication Server adalah server khusus â€oedial in/outâ€? bagi pengguna untuk dapat melakukan dial dari lokasi remote sehingga dapat terhubung ke LAN.
  • Multiplexer, sebuah multiplexer mentransmisikan gabungan beberapa sinyal melalui sebuah sirkuit (circuit).
  • X.25/Frame Relay Switches menghubungkan data lokal/private melalui jaringan data, menggunakan sinyal digital.

Contoh Jaringan WAN

Adapun contoh implementasi dan penggunaan jaringan komputer WAN adalah menjadi berikut.

  1. Internet merupakan salah satu contoh nyata dari sebuah penggunaan jaringan WAN.
  2. Jaringan WAN yang menghubungkan komputer antar gerai indomaret.
  3. Jaringan WAN yang menghubungkan antara kantor pusat dan kantor cabang, misalnya untuk bank.

Baca Juga :Mengenal Jaringan Komputer LAN (Local Area Network).

Demikianlah artikel tentang mengenal jaringan personal komputer WAN. Semoga berguna bagi Anda. Sekian & terima kasih.

Sumber : Ebook Jaringan Dasar

No comments:

Post a Comment