Pages

Tuesday, May 5, 2020

9 Olahan Masakan Praktis Yang Bisa Dibuat Dengan Rice Cooker

Secara generik rice cooker memang ditujukan buat keperluan dalam hal memasak nasi sesuai dengan namanya. Akan namun, sebenarnya rice cooker juga dapat kita manfaatkan buat menciptakan olahan kuliner lainnya contohnya saja mie instan.

Alat yang satu ini sangat mudah dipakai menjadi pengganti kompor ketika sedang berpergian jauh, terutama bagi anak kos-kosan. Bahkan, sebagian atau hampir seluruh anak kos-kosan umumnya akan memakai rice cooker buat membuat olahan kuliner lain. Anak kos-kosan pada umumnya biasa memakai rice cooker buat mengolah mie instan ataupun beberapa olahan kuliner lainnya.

Berikut ini merupakan beberapa olahan masakan lainnya yg bisa anda buat menggunakan rice cooker.

9 Olahan Masakan Mudah Yang Bisa Dibuat Dengan Rice Cooker

1. Mie Instan

Source images : cookpad.com
Jika anda pernah menjadi anak kos-kosan, mungkin sudah tidak asing lagi dengan kebiasaan yang satu ini, yup memasak mie instan dengan rice cooker. Sudah tidak perlu diragukan lagi bahwa memasak mie instan itu memang bisa dilakukan dengan rice cooker.

Memasak mie instan menggunakan rice cooker sangatlah praktis cara memasaknya pun pula sama seperti halnya memakai kompor. Anda hanya tinggal mengisi panci dengan air, lalu panaskan air hingga mendidih memakai mode cook (mode mengolah nasi), lalu masukkan mie instan & tunggu sampai matang.

Dua. Bubur

Source images : youtube.com
Membuat bubur bisa anda lakukan dengan rice cooker. Cara memasaknya juga sama seperti saat memasak nasi, yang membedakan adalah takaran airnya saja. Jika ingin membuat bubur maka gunakan perbandingan 1 : 4 artinya jika anda memasak 1 gelas beras maka air yang digunakan adalah 4 gelas dengan wadah takaran yang sama.

Supaya bubur terasa lebih lezat dan legit, anda mampu menambahkan taburan sedikit garam waktu memasak. Setelah matang sajikan bubur menggunakan suwiran ayam goreng, bawang goreng, kecap & kerupuk atau bahan lainnya yg sesuai asa dan kesukaan anda.

Tiga. Olahan Masakan Telur

Source images : youtube.com
Memasak berbagai olahan telur tidak selalu harus menggunakan kompor dan wajan, karena anda juga bisa menggunakan rice cooker untuk memasaknya.

Cara memasaknya pun sangat gampang, anda tinggal mengatur posisi rice cooker ke mode "cook", lalu tambahkan minyak goreng ke wadah panci lalu masukkan telurnya, bebas mau diceplok atau didadar. Dan prosesnya juga sama bila ingin telur rebus, bedanya hanyalah jika menciptakan telur panaskan anda wajib menggunakan air mendidih (bukan minyak goreng) & jua memasak telurnya pribadi tanpa membuka kulit telurnya.

4. Nasi Goreng

Source images : footprintmag.wordpress.com
Meskipun hanya menggunakan rice cooker anda juga bisa membuat nasi goreng yang lezat, tanpa perlu kompor ataupun wajan penggorengan.

Cara membuatnya sebenarnya cukup mudah dan buat bahannya tentu saja wajib menyiapkan nasi putihnya, kemudian untuk bumbunya anda jua bisa membuatnya sendiri menggunakan memasukkan minyak lalu masukkan telur menggunakan diorak-arik. Pastikan rice cooker anda dalam posisi mode "cookdanquot;, kemudian untuk bumbu dengan bawang putih, garam, merica, dan sedikit kecap dan sausnya. Apabila tidak bisa membuat bumbu manualnya, anda sanggup memakai bumbu instan.

Masukkan bumbu terlebih dulu lalu disusul nasinya, setelah semuanya sudah dimasukkan maka aduk-aduk supaya merata tunggu hingga matang & nasi goreng pun siap disajikan.

5. Nasi Kuning

Source images : cookpad.com
Selain nasi goreng, memasak nasi kuning pun bisa juga dilakukan dengan rice cooker dan caranya juga tak jauh berbeda dengan cara memasak nasi putih pada umumnya.

Cara membuat nasi kuning, yakni yang pertama siapkan beras secukupnya dan bumbu-bumbu buat membuat nasi kuning seperti kunyit, air santan, jahe, daun salam, daun jeruk, serai yg digeprek, garam secukupnya, bawang merah, bawang putih dan kemiri yang sudah dihaluskan.

Masukkan beras yang sudah dicuci terlebih dahulu ke pada wadah panci rice cooker, selesainya itu posisikan rice cooker ke mode "cookdanquot;, lanjutan dengan mencampurkan bumbu-bumbunya lalu kemudian tambahkan air secukupnya tunggu hingga matang dan nasi kuning pun siap dinikmati.

6. Aneka Olahan Sup

Source images : www.pinterest.com
Berbagai olahan sup bisa juga anda buat meski hanya menggunakan rice cooker saja, caranya seperti halnya memasak menggunakan kompor.

Sederhananya rebus air sampai mendidih, pastikan rice cooker dalam posisi mode "cook", lalu masukkan bahan-bahan sup yang ingin anda buat dan disusul dengan bumbunya, tunggu hingga matang & sup pun siap tersaji.

7. Jelly Dan Agar-agar

Source images : timesofmarket.com
Jajanan juga bisa dibuat dengan modal rice cooker salah satunya adalah memasak jelly dan agar-agar. Cara buatnya pun juga sama seperti ketika memasaknya menggunakan kompor.

Langkah caranya merupakan yg pertama, campurkan bubuk jelly atau agar-agar menggunakan takaran air sebesar tiga gelas air ke pada wadah panci rice cooker, jangan lupa buat menambahkan gula pasir secukupnya, kemudian aduk-aduk hingga merata.

Masak dengan posisi rice cooker dalam mode "cook " kocok terus larutan sampai mendidih. Setelah mendidih, jangan eksklusif dituang ke cetakan, tunggu beberapa ketika abaikan larutannya sedikit lebih dingin. Apabila kepulan asap sudah agak berkurang, maka segera masukkan ke cetakan dan tambahkan ke dalam lemari es biar cepat dingin & siap tersaji.

8. Pancake

Source images : bakingwithgranny.co.uk
Rice cooker juga dapat anda gunakan untuk membuat kue, salah satunya adalah kue pancake. Cara membuat cukup sederhana anda tidak perlu menyiapkan bahan dan alat yang begitu banyak, karena anda bisa menggunakan adonan pancake instan yang bisa dibeli di toko-toko, dan juga bahan penunjang lainnya yang telah dituliskan di boks adonan instan tersebut.

Cara membuatnya yaitu pertama campurkan semua bahannya kemudian aduk-aduk sampai merata, jika semuanya sudah tercampur maka selanjutnya mulai saja proses mengolah menggunakan mengatur posisi rice cooker ke mode " cookdanquot; lalu tutup rice cooker & tunggu lebih kurang 40-45 mnt hingga matang dan pancake pun siap dinikmati.

9. Membuat Pasta

Source images : lifeasaculinarygirl.Wordpress.Com

Membuat pasta menggunakan rice cooker sama misalnya saat menciptakan mie instan, yaitu dengan mengungkep pasta dengan air mendidih, lalu lalu dibubuhi sedikit garam serta margarin secukupnya supaya pasta nir lengket.

Lakukan proses perebusannya selama 8 menit hingga pasta matang namun perlu diperhatikan pula jangan hingga lembek, setelah matang angkat lalu kemudian tiriskan. Untuk sausnya anda bisa membeli saus siap saji yg ada pada toko atau pasar, bila tidak ingin kerepotan membuatnya.

Nah, itulah beberapa olahan kuliner yang sanggup dibentuk menggunakan bermodalkan rice cooker. Dengan memakai rice cooker anda bisa membuat olahan masakan yg praktis baik itu ketika pada kepergian jauh ataupun hanya sekedar untuk menggantikan fungsi kompor ad interim.

Oke mungkin cukup sekian dulu untuk artikel kali ini tentang 9 Olahan Masakan Mudah Yang Bisa Dibuat Dengan Rice Cooker, semoga artikel ini bisa bermanfaat.

No comments:

Post a Comment