Wednesday, May 6, 2020

Jaringan Komputer PAN: Pengertian, Fungsi, Karakteristik, Contoh

Pengertian jaringan komputer PAN (Personal Area Network) adalah jaringan komunikasi satu perangkat lain dengan perangkat lainnya dalam jarak sangat dekat, hanya dalam beberapa meter saja.

PAN atau Personal Area Network merupakan titik akses ke berbagai perangkat pribadi seperti komputer, telpon, ponsel, televisi sistem keamanan rumah yang berbasis data, maupun perangkat komunikasi publik seperti internet.

PAN
Gambar jaringan PAN / komputerlamongan.Com

Kontrol pada PAN dilakukan dengan authoritas pribadi, dan untuk teknologi yg dipakai antara lain Wireless Application Protocol (WAP) & Bluetooth.

PAN ini dihubungkan melalui bus yang terdapat dalam komputer, seperti USB dan Firewire.

PAN atau Personal Area Network merupakan jaringan personal komputer dipakai untuk komunikasi antara perangkat komputer. Jangkauan berdasarkan PAN umumnya hanya beberapa meter.

PAN bisa digunakan buat komunikasi antara perangkat eksklusif sendiri (komunikasi intrapersonal).

Fungsi/Kegunaan Personal Area Network

  1. Menghubungkan perangkat-perangkat komputer.
  2. Sebagai media komunikasi antara perangkat sendiri (komunikasi personal).

Karakteristik Jaringan PAN

Adapun karakteristik jaringan PAN (Personal Area Network) merupakan sebagai berikut:

  • Kontrol dilakukan dengan authoritas pribadi.
  • Data yang ditransmisikan bersifat khas dan personal karena digunakan hanya untuk kepentingan priadi.
  • Merupakan titik akses ke berbagai perangkat pribadi seperti telpon, ponsel, komputer, laptop, televisi, sistem keamanan rumah berbasis komunikasi data personal, maupun perangkat komunikasi publik seperti internet.
  • Teknik dan protokol yang digunakan pada jaringan PAN antara lain adalah Wireless Application Protocol (WAP), Wifi, Infrared, Bluetooth, dan sebagainya.
  • Jangkauannya PAN biasanya hanya beberapa meter saja.

Contoh Penggunaan Jaringan PAN

Menghubungkan HP dengan Laptop memakai Bluetooth. Menghubungkan Mouse menggunakan Laptop memakai Bluetooth. Menghubungkan Printer dengan Laptop menggunakan Bluetooth.

Disamping itu Personal Area Network (PAN) adalah jaringan komputer yg digunakan buat komunikasi antara personal komputer perangkat dekat menurut satu orang. Perangkat mungkin atau nir milik orang tadi. Jangkauan berdasarkan PAN umumnya beberapa meter.

PANs bisa dipakai buat komunikasi antara perangkat langsung mereka sendiri (intrapersonal komunikasi), atau buat menghubungkan ke taraf yg lebih tinggi & jaringan internet (an uplink).

Personal area jaringan kabel mungkin menggunakan komputer bus seperti USB dan FireWire. A wireless personal area network (WPAN) pula dapat dimungkinkan menggunakan teknologi jaringan misalnya IrDA, Bluetooth, UWB, Z-Wave, & Zigbee.

Teknologi

J Bluetooth PAN juga disebut piconet, dan  terdiri dari 8 sampai perangkat aktif dalam hubungan tuan-badak (yang sangat besar jumlah perangkat yang dapat dihubungkan pada "parkir" mode).

Perangkat Bluetooth pertama di piconet adalah master, dan seluruh perangkat yg berkomunikasi menggunakan slave master. J piconet umumnya memiliki jarak 10 meter, walaupun berkisar sampai 100 meter dapat dijangkau pada bawah keadaan ideal.

Inovasi baru pada Bluetooth antena terdapat diizinkan buat perangkat ini sangat melebihi jangkauan buat mereka yang pada awalnya dibuat. Pada DEF CON 12, sekelompok hacker yg dikenal menjadi "Flexilisdanquot; berhasil tersambung dua perangkat Bluetooth lebih menurut 1/2 mil (800 m) itu.

Mereka memakai antena dengan lingkup dan antena Yagi, semua terpasang ke senapan saham. J terpasang kabel antena ke Bluetooth kartu pada personal komputer . Mereka lalu dinamakan antena "The BlueSniper."

Skinplex, PAN teknologi lain, transmit melalui capacitive dekat bidang kulit insan. Skinplex bisa mendeteksi & berkomunikasi sampai satu meter menurut tubuh manusia. Sudah digunakan untuk kontrol akses buat mengunci pintu & stagnasi proteksi kendaraan beroda empat pada atap kendaraan beroda empat.

Wireless PAN

Wireless PAN
Image By : etutorials.org

J WPAN (wireless personal area network) merupakan jaringan area langsung buat jaringan yg terpusat pada kurang lebih perangkat interconnecting perorangan dari kerja di mana sambungan nirkabel.

Umumnya, personal area jaringan nirkabel menggunakan beberapa teknologi yang memungkinkan komunikasi dalam waktu sekitar 10 meter. Dengan kata lain, yang sangat  jarak dekat. Salah satu teknologi Bluetooth, yang digunakan sebagai dasar untuk sebuah standar baru, IEEE 802, 15.

J WPAN bisa melayani seluruh interkoneksi ke personal komputer dan berkomunikasi biasa dalam perangkat yg memiliki poly orang pada meja mereka atau membawa mereka menggunakan hari ini atau bisa melayani tujuan yg lebih spesifik misalnya mengizinkan pakar bedah & anggota tim lainnya buat berkomunikasi selama suatu operasi.

Kunci konsep dalam teknologi WPAN dikenal menjadi "plugging dalamdanquot;. Dalam skenario yg ideal, bila dua WPAN dilengkapi perangkat sebagai dekat (dalam beberapa meter satu sama lain) atau dalam ketika beberapa kilometer menurut server pusat, mereka bisa berkomunikasi seakan-akan terhubung dengan kabel.

Fitur krusial lain adalah kemampuan masing-masing buat mengunci perangkat menurut perangkat lain yg selektif, perlu mencegah gangguan yg tidak absah atau akses infornasi.

Teknologi untuk WPAN adalah dalam masa pertumbuhan yang cepat dan proses pembangunan. Tujuannya adalah untuk memfasilitasi operasi halus di antara rumah atau bisnis  perangkat dan sistem.

Setiap perangkat di pada WPAN akan dapat menyambungkan ke perangkat lain yang sama pada WPAN, asalkan mereka dalam menyebarkan fisik satu sama lain.

Selain itu, semua global akan WPANs interkoneksi. Jadi, misalnya, sebuah situs dalam archeologist di Yunani mungkin memakai PDA akses eksklusif ke database pada University of Minnesota pada Minneapolis, dan buat mengirimkan temuan ke database.

Rangkuman/Ringkasan Jaringan PAN

Personal Area Network (PAN) merupakan jaringan personal komputer yg digunakan buat komunikasi antara komputer perangkat (termasuk telepon & asisten eksklusif digital) dekat berdasarkan satu orang.

Perangkat mungkin atau nir milik orang tadi. Jangkauan menurut PAN biasanya beberapa meter.

PANs bisa dipakai buat komunikasi antara perangkat langsung mereka sendiri (intrapersonal komunikasi), atau buat menghubungkan ke taraf yg lebih tinggi & jaringan internet (an uplink).

Baca Juga :Mengenal Jaringan Komputer LAN (Local Area Network).

Demikianlah artikel saya tentang mengenal jaringan personal komputer PAN yang mencakup pengertian, fungsi/kegunaan, karakteristik, model penggunaan jaringan PAN dan pula ringkasannya. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian & terima kasih.

Sumber : Ebook Jaringan Dasar Kelas X

No comments:

Post a Comment

Home Furniture Store