Pages

Saturday, May 16, 2020

Cara Terbaik Menurunkan Tagihan Listrik

Listrik merupakan galat satu kebutuhan pokok bagi insan pada jaman sekarang ini, itu karena listrik memiliki banyak manfaat buat kehidupan kita sehari-hari. Tanpa listrik, hidup kita akan misalnya pada jaman dahulu yg gelap ketika malam hari dan kita jua tak bisa menggunakan peralatan listrik atau elektronik buat menunjang kehidupan sehari-hari.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa, kita sudah biasa menggunakan energi listrik untuk memasak, mencuci, mendinginkan ruangan, mendinginkan makanan, atau untuk menonton televisi, mendengarkan musik, dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun tanpa kita sadari, terkadang kita terlalu berlebihan atau lalai dalam penggunaan energi listrik tersebut, sehingga menyebabkan tagihan listrik kita membengkak.

Lalu, bagaimanakah cara menurunkan tagihan listrik kita di tempat tinggal supaya tidak terjadi pembengkakan?

Terdapat beberapa cara yang dapat kita lakukan buat menurunkan tagihan listrik kita setiap bulannya, supaya tagihan listrik tadi nir membengkak, antara lain sebagai berikut :

Mencabut colokan peralatan listrik yg sedang tidak digunakan

Source images : www.teachingprofessor.com
Mungkin banyak diantara kita yang tidak menyadari atau sering lupa tidak mencabut colokan listrik saat peralatan listrik sedang tidak digunakan. Banyak dari kita yang membiarkan steker (colokan listrik) peralatan listrik masih menempel pada stop kontak, seperti pada komputer, charger ponsel atau laptop, televisi dan beberapa peralatan listrik lainnya.

Perlu diketahui bahwa meskipun banyak sekali alat-alat listrik tersebut sedang tidak digunakan atau belum digunakan, sebaiknya bubut saja colokan peralatan listrik tersebut, karena steker peralatan listrik yang masih melekat dalam stop hubungan tadi, masih ada kemungkinan menyedot daya listrik kita.

Dengan kata lain, ketika alat-alat listrik masih tersambung ke asal listrik, meski sedang nir digunakan, akan ada porto listrik yang wajib dibayar.

Jadi biasakanlah untuk mencabut colokan alat-alat listrik ketika sedang tidak dipakai, dengan melakukan cara ini kita bisa menurunkan tagihan listrik kita yang membengkak.

Menggunakan peralatan listrik yg ekonomis tenaga atau yg keluaran terbaru

Source images : m.wikihow.com
Salah satu cara terbaik menurunkan tagihan listrik kita adalah dengan menggunakan peralatan listrik yang hemat energi, atau jika memiliki peralatan listrik yang sudah kurang efektif kerjanya yang mungkin dikarenakan model dari peralatan listrik tersebut keluaran lama, maka mengganti dengan yang keluaran terbaru adalah pilihan yang tepat, karena disamping kegunaannya yang lebih efektif peralatan listrik terbaru juga pada umumnya sangat hemat energi listrik.

Tetapi, waktu mengubah peralatan listrik tadi kita jua harus memperhatikan menggunakan teliti kelebihan dan kelemahan peralatan listrik contoh terbaru tadi. Beberapa peralatan listrik yang dapat dipertimbangkan buat diganti misalnya televisi, lemari es, komputer dan banyak sekali alat-alat listrik lainnya.

Contohnya saja televisi keluaran modern dengan contoh LED mempunyai daya listrik hanya sebanyak 35 Watt meskipun ada jua yg 50 Watt. Namun, tetap saja contoh terbaru LED ini lebih ekonomis tenaga jika dibandingkan dengan televisi keluaran usang yang mampu menyedot daya listrik sebanyak 110 Watt.

Mungkin nir gampang buat melakukan cara yg satu ini, lantaran membutuhkan pengeluaran tambahan apabila harus mengganti peralatan listrik kita yg lama dengan peralatan listrik yg keluaran modern. Akan namun, cara ini telah terbukti efektif buat menurunkan tagihan listrik kita setiap bulannya. Mungkin anda bisa menjual peralatan yang usang tadi buat menambah anggaran peralatan listrik keluaran terbaru yang ingin dibeli.

Kurangi penggunaan alat-alat listrik yang berdaya listrik akbar

Source images : teknikelektronika.com
Perlu diketahui bahwa ada beberapa peralatan listrik rumah tangga yang menghabiskan daya listrik sangat besar, tentunya jika kita menggunakan peralatan listrik berdaya listrik besar tersebut, maka tagihan listrik yang dihasilkannya akan sangat besar pula. Dan oleh karena itu, kita harus menggunakan peralatan listrik tersebut dengan bijak agar tagihan listrik kita tidak membengkak.

Hal yang wajib dilakukan agar tagihan listrik tidak membengkak adalah menggunakan cara mengurangi penggunaan peralatan listrik berdaya listrik besar tersebut. Contoh peralatan listrik berdaya listrik akbar misalnya AC, rice cooker, setrika dan beberapa alat-alat listrik lainnya.

Menggunakan energi listrik berdasarkan Solar Cell

Source images : singularityhub.com
Energi listrik dari Solar Cell adalah salah satu cara yang efektif untuk menurunkan tagihan listrik, namun masyarakat pada umumnya tidak banyak menggunakannya karena harga dari panel surya atau solar cell tersebut cukup mahal sehingga hanya beberapa orang saja yang mampu membelinya.

Solar Cell memanfaatkan tenaga panas sinar surya yang kemudian diubah sebagai tenaga listrik yg bisa dipakai buat kebutuhan listrik di tempat tinggal . Jika kita menggunakan solar cell maka akan terdapat tenaga listrik tambahan gratis yg sanggup digunakan untuk mengurangi penggunaan listrik menurut PLN, sebagai akibatnya kita dapat menurunkan tagihan listrik yang wajib dibayar.

Pasang MCB atau langganan tarif listrik yang sinkron kebutuhan

Source images : riftom.info
Tarif listrik dari tahun ke tahun akan mengalami kenaikan, bahkan ada beberapa golongan tarif listrik yang sebelumnya bersubsidi telah dicabut seperti pada pelanggan tarif listrik daya 900 VA. Yang perlu diperhatikan adalah semakin tinggi daya listrik yang kita pasang maka akan semakin tinggi pula biaya tarif listrik yang akan dikenakan oleh PLN.

Jadi sebelum melakukan pemasangan instalasi listrik baru, perhitungkan terlebih dahulu kira-kira berapa daya listrik yang anda butuhkan. Jangan hingga kita memasang daya listrik golongan tarif besar , tetapi kebutuhan daya listrik kita hanya sedikit. Tentunya hal tersebut adalah pemborosan biaya tagihan listrik yg sangat merugikan.

Dengan melakukan cara-cara diatas, kita bisa melakukan penghematan biaya tagihan listrik yang harus dibayar.

Demikian buat artikel kali ini mengenai cara terbaik menurunkan tagihan listrik, semoga bisa bermanfaat bagi kita seluruh.

No comments:

Post a Comment