Pages

Sunday, May 3, 2020

Cara Mencegah Tagihan Listrik Yang Membengkak

Tagihan listrik yang membengkak adalah hal yg acapkali kali dikeluhkan sang poly pelanggan listrik, terutama bagi mereka yang penghasilannya pas-pasan. Apalagi buat sekarang ini tarif listrik mengalami kenaikan, khususnya bagi pelanggan listrik 900 VA, sebuah kebijakan baru berdasarkan PLN yaitu mencabut subsidi beberapa golongan listrik, seperti pelanggan listrik 900 VA ini yg sebelumnya bersubsidi, namun kini ini sudah dicabut subsidinya sebagai akibatnya mau tidak mau wajib membayar tagihan listrik dengan tarif normal tanpa subsidi.

Memang semakin bertambahnya saat tarif listrik akan semakin naik, namun pada luar semua itu, kita jua wajib menyadari penyebab tagihan listrik pada rumah kita yg membengkak, misalnya seperti adanya konduite yg salah ketika kita menggunakan alat-alat listrik sehingga mengakibatkan pemborosan listrik.

Upaya penghematan merupakan cara yg paling tepat buat mencegah supaya tagihan listrik tidak membengkak, memakai alat-alat listrik maupun elektronika yg nir semestinya bisa menyebabkan pemborosan listrik, misalnya saja kita lupa mematikan lampu padahal ketika itu sedang nir digunakan, atau lupa mencabut colokan listrik setelah menggunakan peralatan listrik maupun elektro kita pada rumah.

Berikut ini adalah beberapa upaya buat mencegah agar tagihan listrik kita tidak membengkak, diantaranya menjadi berikut :

1. Mengurangi penggunaan alat-alat listrik yang berdaya listrik akbar

Source images : www.howtohome.com
Perlu juga diketahui bahwa ada beberapa peralatan listrik di rumah yang memakai daya listrik yang besar saat peralatan tersebut bekerja, bayangkan saja apabila peralatan listrik tersebut lupa dimatikan atau masalah lainnya yang membuat peralatan listrik berdaya listrik besar ini bekerja secara berlebihan atau bahkan nonstop, maka yang akan terjadi adalah tagihan listrik kita akan membengkak.

Contoh alat-alat listrik yg berdaya listrik akbar misalnya saja misalnya, AC (Air Conditioner). Mesin pendingin ruangan atau AC ini adalah penyumbang keborosan listrik terbesar bila dibandingkan peralatan listrik tempat tinggal tangga lainnya, daya listrik yg diperlukan buat menyalakan AC ini hampir 1 PK atau berkisar 700 Watt, meskipun terdapat beberapa brand AC yg dayanya lebih kecil, terdapat yang 1/2 PK (350 Watt) dan terdapat jua yang tiga/4 PK (500 Watt), namun permanen saja AC sebagai peralatan listrik yg menyumbang keborosan listrik terbesar.

Selain AC (Air Conditioner) terdapat juga alat-alat listrik lainnya yg berdaya akbar misalnya setrika listrik sebesar 300 Watt, rice cooker (penanak nasi) sebanyak 400 W/50 W, atau dispenser yg berdaya listrik sebesar 350 Watt. Jadi, waktu kita memakai peralatan listrik yang berdaya listrik akbar tadi, sebaiknya untuk mengurangi penggunaannya dan gunakan waktu diperlukan saja.

Dua. Mematikan alat-alat listrik yg sedang nir dipakai

Source images : www.homeselfe.com
Terkadang banyak dari kita membiarkan steker (colokan) selalu menancap pada stop kontak misalnya seperti televisi, charger hp atau laptop dan lain sebagainya. Seharusnya jika peralatan listrik tersebut tidak sedang digunakan sebaiknya cabut steker dari stop kontak dan colokkan kembali steker saat mau digunakan lagi.

Karena meskipun sedang nir digunakan (keadaan meninggal), steker yg tertancap tersebut masih memiliki kemungkinan buat mengkonsumsi daya listrik, apalagi apabila keadaan alat-alat listrik menyala, jangan sampai alat-alat listrik dalam keadaan menyala tetapi kita tidak menggunakannya, yg tak jarang terjadi contohnya seperti ketiduran saat menonton televisi atau sanggup jua karena lupa & aneka macam penyebab lainnya.

Tiga. Memilih peralatan listrik yang irit tenaga

Source images : blog.constellation.com
Memilih peralatan listrik yang hemat energi adalah cara yang cukup efisien untuk mencegah tagihan listrik yang membengkak. Misalnya memilih televisi LED yang lebih hemat energi jika dibandingkan dengan televisi model tabung. Atau bisa juga dengan memilih jenis peralatan listrik yang lain yang memiliki fungsi atau kegunaan yang hampir sama seperti mengganti PC atau komputer dengan laptop, atau lebih memilih menggunakan kipas angin daripada AC (Air Conditioner).

Dengan melakukan hal ini kita bahkan sanggup menghemat listrik sampai berlipat-lipat, karena jika kita bandingkan PC (komputer) sanggup menyedot daya listrik sampai 400 Watt, sedangkan laptop hanya membutuhkan daya listrik sebanyak 25 Watt atau AC yang daya listriknya sampai 700 Watt, tetapi buat kipas angin daya listriknya hanya sebesar 75 Watt. Tentunya dengan memilih laptop ataupun kipas angin, kita akan dapat berhemat pemakaian daya listrik kita.

4. Pemakaian daya listrik semakin tinggi ditimbulkan sang peralatan listrik yang tidak terawat

Perlu diketahui, bahwa penggunaan peralatan listrik juga elektronik pada rumah yang nir terawat menggunakan baik jua bisa mengakibatkan pemakaian daya listrik pada peralatan listrik juga elektronika tadi meningkat sehingga menyebabkan tagihan listrik kita melonjak secara drastis. Jadi lakukanlah perawatan dalam alat-alat listrik maupun elektronik tersebut.

Sebagai contoh :

Jika dalam sebuah motor listrik (dinamo listrik) pergerakan terganggu atau putarannya terasa berat, hal ini akan menciptakan peningkatan arus listrik dalam motor listrik tersebut, sebagai akibatnya lebih banyak menguras pemakaian daya listrik kita. Yang sering terjadi merupakan dalam kipas angin contohnya, dinamo atau motor listrik dalam kipas angin semakin lama penggunanya maka akan semakin berat putarannya, hal ini lantaran debu kotor yg menumpuk sehingga membuat putaran as sebagai berat/seret, oleh karenanya lakukanlah perawatan agar tidak terjadi pemakaian daya listrik yang lebih akbar akibat berdasarkan debu kotor yang menciptakan putaran motor sebagai berat/seret tadi.

Begitu pula motor listrik yang masih ada pada mesin cuci atau dalam pompa air yang biasa memakai bantalan (bearing), apabila bearing pada pompa air telah kurang rupawan atau putarannya terasa berat, segera perbaiki atau lakukan penggantian bearing baru.

Intinya adalah lakukan perawatan & pemugaran pada putaran motor listrik (dinamo listrik) yang putarannya terasa berat/seret. Demikian juga menggunakan berbagai alat-alat elektronik seperti televisi, PC atau laptop bila tidak dirawat menggunakan baik, maka akan menciptakan kotor sehingga dapat mengakibatkan pemborosan pemakaian listrik & tagihan listrik pun akan membengkak.

Sekian dulu buat artikel kali ini semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment