Pages

Monday, June 1, 2020

4 Jenis Kepercayaan Manusia Purba di Indonesia (Lengkap)

4 Jenis Kepercayaan Manusia Purba di Indonesia - Sebelum kita membahas lebih lanjut, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa itu manusia purba? Manusia purba adalah jenis manusia yang sudah hidup jauh sebelum mengenal tulisan.

Adapaun manusia purba ini juga memiliki agama yang telah tumbuh dan berkembang semenjak dahulu. Hal ini masih ada dalam aspek yg dikaitkan menggunakan agama berupa peninggalan-peninggalan megalitik.

Perlu Anda ketahui bila sistem agama manusia purba ini nir ada dengan sendirinya, tetapi terjadi lantaran proses dan pertanda-indikasi yg dilihat sang manusia bahwa adanya kekuasaan dan kekuatan lain yang jauh lebih akbar diluar batasan insan. Hal berikut yg menjadi dasar kepercayaan -agama yang berkembang pada manusia purba.

Ada beberapa macam kepercayan yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat purba di Indonesia yaitu : Animisme, Dinamisme, Totemisme dan Monoisme. Berikut ini adalah 4 jenis kepercayaan manusia purba di Indonesia.

Jenis Kepercayaan Manusia Purba di Indonesia

Kepercayaan Animisme

Animisme adalah kepercayaan manusia purba terhadap roh nenek moyang yang telah mati (meninggal dunia). Berdasarkan keyakinan ini, roh yang sudah meninggal akan terus mengawasi serta melindungi manusia tersebut. Namun juga sebaliknya, roh tersebut juga bisa menghukum anggota masyarakat yang melanggar ketentuan yang sudah ditetapkan pada adat masyarakat.

Orang yang ditunjuk sebagai pemimpin doa atau pemujaan terhadap arwah nenek moyang adalah orang yg paling tua (sesepuh) yang terdapat di masyarkaat sebagai ketua adat. Ketua adat telah menguasai & mengetahui istiadat nenek moyang mereka lebih dari masyarakat yang lain yg nantinya akan sebagai pemimpin setiap pemujaan masyarakat terhadap roh nenek moyang.

Kepercayaan Dinamisme

Dinamisme adalah kepercayaan manusia purba bahwa sebuah benda mempunyi kekuatan ghaib. Contohnya adalah keris, patung, tombak dan lain-lain. Menurut kepercayaan mereka dalam pembuatan benda-benda megalitik, seperti arca. menhir, dolmen, kubur peti batu, punden berundak, dolmen semu atau pandhusa, dan sarkofagus dilandasi oleh keyakinan bahwa di luar diri manusia ada kekuatan yang lain.

Kepercayaan Totemisme

Totemisme adalah kepercayaan manusia purba terhadap hewan/binatang yang diaggap memiliki kekuatan yang kuat dan besar daripada manusia , seperti Gajah, Harimau, Badak, Singa dan lain sebagainya. Manusia purba tersebut menganggap jika binatang itu melindungi dan menjaga kehidupan mereka.

Hewan-fauna tersebut tidak boleh diburu ataupun dibunuh lantaran dianggap suci bagi mereka. Apabila ada yg berani melanggar maka sanksi & kutukan yg akan diterima oleh seorang itu.

Kepercayaan Monoisme

Monoisme adalah kepercayaan manusia purba terhadap Tuhan Yang Maha Esa , merupakan kepercayaan yang banyak di anut oleh masyarakat Indonesia bahkan di dunia. Masyarakat itu percaya bahwa ada suatu kekuatan atau pemilik kekuasaan langit dan bumi.

Pola pikir masyarakat pun berubah, mereka sadar bahwa pada kembali indahnya alam semesta ada penciptanya. Kepercayaan monoisme ketika ini mampu mengkategorikan dalam beberapa kepercayaan misalnya Islam, Kristen dan lain sebagainya.

Baca jua :Perbedaan Flora di Indonesia Bagian Barat dan Timur

Demikianlah artikel kali ini tentang 4 Jenis Kepercayaan Manusia Purba di Indonesia (Lengkap). Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dari saya dan terimakasih.

Referensi : http://indrasugiarto.com/macam-jenis-kepercayaan-manusia-purba-di-indonesia/

http://fullseoblog.Blogspot.Co.Id/2013/11/jenis-jenis-agama-insan-purba.Html

No comments:

Post a Comment