Wednesday, June 17, 2020

Definisi Sejarah Situs Website, Standart Web dan Cara Kerja Web

A) Sejarah Web

Internet adalah jaringan komputer yang saling terhubung. Tidak ada perusahaan yang memiliki internet, yang merupakan upaya kerja sama diatur oleh sistem standar dan aturan. Tujuan dari menghubungkan komputer bersama-sama, tentu saja, adalah untuk berbagi informasi. Ada banyak cara informasi dapat dikirimkan antar komputer, termasuk email, transfer file (File Transfer Protocol), dan banyak layanan yang lebih khusus yang dibangun dalam layanan internet. Metode ini standar untuk mentransfer data atau dokumen melalui jaringan dikenal sebagai protokol.

World Wide Web, biasa lebih dikenal sebagai WWW adalah suatu ruang informasi yang dipakai oleh pengenal global yang disebut URL (Uniform Resource Locator) untuk mengenal pasti sumber daya berguna. WWW sering dianggap sama dengan internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian daripada internet.

WWW merupakan deretan web server menurut semua dunia yang memiliki kegunaan buat menyediakan data dan warta buat dapat digunakan beserta. WWW adalah bagian yg paling menarik menurut internet. Melalui web, para pengguna bisa mengakses keterangan-fakta yg nir hanya berupa teks namun bisa jua berupa gambar, suara, video dan animasi.

Kegunaan ini tergolong masih baru dibandingkan surat elektronik, sebenarnya WWW merupakan kumpulan dokumen yang tersimpan di peladen web, dan yang peladennya tersebar di lima benua termasuk Indonesia yang terhubung menjadi satu melalui jaringan internet. Dokumen-dokumen informasi ini disimpan atau dibuat dengan format HTML (Hypertext Markup Language)

Definisi Sejarah Situs Website, Standart Web dan Cara Kerja Web

Suatu halaman dokumen keterangan bisa terdiri atas teks yg saling terkait dengan teks lainnya atau bahkan dengan dokumen lain. Keterkaitan halaman lewat teks ini dianggap pranala. Dokumen warta ini tidak hanya terdiri dari teks tetapi bisa pula berupa gambar, mengandung bunyi bahkan video klip. Kaitan antar dokumen yang misalnya itu biasa dianggap hipermedia.

Jadi bisa disimpulkan bahwa WWW adalah sekelompok dokumen multimedia yg saling bertautan dengan memakai tautan hyperteks. Dengan mengklik pranala (Hyperlink), maka para pengguna sanggup berpindah menurut satu dokumen ke dokumen lainnya.

WWW merupakan suatu program yg ditemukan sang Tim Berners-Lee dalam tahun 1991. Awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara buat menyusun file-file risetnya. Untuk itu, dia membuatkan suatu sistem buat keperluan pribadi. Sistem itu merupakan program piranti lunak yang diberi nama Enquire. Dengan program itu, Berners-Lee berhasil menciptakan jaringan yang menautkan banyak sekali file sebagai akibatnya memudahkan pencarian fakta yang diperlukan. Inilah kelak menjadi dasar berdasarkan sebuah perkembangan pesat yang dikenal sebagai WWW.

WWW dikembangkan pertama kali di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN : Organisasi Europeenne pour la Recherche Nucleaire), Jenewa, Swiss. Pada tahun 1989 Berners-Lee membuat pengajuan buat proyek pembuatan hyperteks dunia, lalu pada bulan Oktober 1990, World Wide Web telah bisa dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada trend panas tahun 1991, WWW secara resmi digunakan secara luas dalam jaringan internet.

B) Standart Web

HTML (Hypertext Markup Language) merupakan bahasa standart web yang didefinisikan dan dikelola penggunaannya oleh W3C (World Wide Web Consurtium). HTML dibuat dan dikembangkan oleh Tim Berners-Lee. Selanjutnya, bahasa tersebut dipopulerkan oleh browser Mosaic. Selama tahun 90-an telah muncul berbagai versi HTML dengan berbagai macam fiturnya. Versi HTML yang ada tersebut antara lain :

  1. Versi 1.0 : Merupakan versi pertama setelah lahirnya HTML dan mempunyai kemampuan seperti untuk heading, paragraph, hypertext, list, cetak tebal, dan cetak miring pada teks. Selain itu juga dukungan peletakan image pada dokumen dengan tidak memperbolehkan peletakan teks di sekelilingnya (wrapping).
  2. Versi 2.0 : Dirilis pada tanggal 14 Januari 1996 dengan beberapa kemampuan tambahan seperti penambahan form. Hal ini menjadi pionir untuk membuat sebuah web yang interaktif.
  3. Versi 3.0 : Dirilis pada tanggal 18 Desember 1997, yang dikenal dengan HTML+. Versi ini memiliki beberapa fitur tambahan seperti fitur table dalam paragraph.
  4. Versi 3.2 : Dirilis pada bulan Mei 1998, merupakan versi terbaru penyempurnaan dari versi 3.0.
  5. Versi 4.0 : Dirilis pada tanggal 24 Desember 1999 dengan penambahan beberapa fitur seperti adanya link, imagemaps, image, dan lain-lain.
  6. Versi 5.0 : Dirilis pada tahun 2009 yang menjadi standart baru HTML, XHTML, dan DOM HTML. HTML5 ini merupakan proyek kerja sama antara W3C (World Wide Web Consurtium) dan WHATG (Web Hypertext Application Technology Working Group).

Spesifikasi HTML5 belum final saat ini, namun diyakini sang poly orang akan menjadi standar yg diterima di masa depan. Beberapa browser sudah mendukung HTML5.

Pada HTML5, dalam menuliskan tag & atribut dengan huruf mini tidak terdapat lagi. Diberi kebebasan untuk menggunakan huruf mini , huruf kapital, atau kombinasinya. Bahkan, nilai suatu atribut akan diberi tanda petik atau tidak sama saja. Browser tidak lagi mempedulikan hal-hal misalnya itu.

C) Cara Kerja Web

Sebuah web browser adalah program aplikasi yg dipakai buat mengakses World Wide Web dari internet. Browser pertama, yg disebut NCSA Mosaic, dikembangkan di Pusat Nasional buat Aplikasi Super Komputer di awal 1990-an. Yang gampang digunakan, cukup klak-klik sebagai akibatnya membantu mempopulerkan web.

Meskipun banyak browser yg tidak selaras yg tersedia, Google Chrome dan Mozilla Fifetox yg jauh paling terkenal. (Banyak pengguna Mac lebih memilih browser Safari) Persaingan buat mendominasi pasar telah membawa perbaikan monoton buat software. (Keduanya didasarkan pada NCSA Mosaic) dapat mendownload Internet Exploler & Fifetox secara gratis dari situs web masing-masing perusahaan. Apabila telah mempunyai satu browser, bisa juga menguji yg lain. Juga mencatat bahwa terdapat sedikit perbedaan antara versi Windows & Macintosh.

Anatomi Browser

Ketika pertama kali membuka browser web, umumnya dengan mengklik 2 kali dalam icon pada desktop personal komputer , page web yang telah ditetapkan timbul. Halaman ini dianggap sebagai laman "homedanquot; atau page awal. Dengan Mozilla Fifetox contohnya, mungkin akan dibawa ke halaman awal Mozilla atau ke page yang dipilih sang penyedia layanan internet. Tetapi bila ingin, dapat dengan gampang membarui halaman awal tersebut.

World Wide Web sampai saat ini adalah bagian yang paling populer dari Internet. Setelah menghabiskan waktu di Web akan merasa bahwa  tidak ada batas untuk apa yang dapat ditemukan. Web memungkinkan beragam komunikasi, juga memungkinkan untuk mengakses dan berinteraksi dengan teks, grafis, animasi, foto, audio dan video.

Jadi apa saja yang membangun web? Pada tingkat yg paling sederhana, web secara fisik terdiri dari personal komputer pribadi atau perangkat mobile, aplikasi web browser, sambungan ke penyedia layanan internet, komputer yang diklaim sever yg disebut hosting dan router dan switch yg mengarahkan genre keterangan.

Ada banyak pilihan perangkat lunak sever, tetapi dua yang paling populer adalah Apache (perangkat lunak open source untuk sever) dan Internet Information Services (IIS) dari Microsoft. Apache tersedia secara bebas untuk komputer berbasis Unix dapat diinstal pada Mac menjalankan Mac OS X. Ada versi Windows juga. Microsoft IIS adalah bagian dari keluarga Microsoft.

Setiap komputer dan perangkat (modem, router, smartphone, mobil, dll) yang terhubung ke internet diberi alamat IP numerik yang unik (IP singkatan dari Internet Protocol). Sebagai contoh, komputer yang dihosting google.com memiliki IP 173.194.34.99. Semua angka-angka tersebut dapat memusingkan, untungnya ada Domain Name System (DNS) yang dikembangkan untuk memungkinkan kita merujuk ke server dengan nama domainnya, "google.com", juga alamat IP numerik berguna untuk perangkat lunak komputer, sedangkan nama domain adalah lebih mudah diakses oleh manusia. Pencocokan nama domain ke alamat IP numerik masing-masing adalah tugas dari server.

Hal ini dimungkinkan buat mengkonfigurasi server web sehingga lebih dari satu nama domain dipetakan ke satu alamat IP, sehingga memungkinkan beberapa situs buat berbagai server tunggal.

Sebuah page web adalah dokumen elektronika yang ditulis dalam bahasa personal komputer yg diklaim HTML, singkatan berdasarkan Hypertext Markup Language. Setiap halaman web mempunyai alamat yg unik, yg dianggap URL atau Uniform Eerources Locator yg mengidentifikasi pada mana web server yg memuat dokumen web.

Sebuah website mempunyai satu atau lebih halaman web terkait, tergantung dalam bagaimana itu didesain. Halaman web pada situs yang dihubungkan bersama melalui sistem hyperlink, memungkinkan buat melompat di antara laman web menggunakan mengklik dalam link.

Halaman web bervariasi dalam desain & konten, tetapi poly menggunakan format majalah tradisional. Di permukaan page merupakan "header" seperti kop surat atatu gambar banner, lalu daftar item & artikel. Daftar item atau sajian umumnya link ke page lain atau situs lain. Kadang-kadang link ini disusun pada daftar, misalnya indeks. Dapat jua kombinasi berdasarkan keduanya. Sebuah halaman web mungkin pula menggunakan gambar sebagai link ke konten lainnya.

Bagaimana mampu membedakan mana teks yang ada tautan/link? Link timbul pada warna yang tidak sama berdasarkan teks, umumnya dengan rona biru & sering digaris bawahi. Bila memindahkan kursor pada atas link teks atau melalui link grafis, perubahan icon dari panah ke tangan.

Web merupakan media yang dinamis. Untuk mendorong pengunjung buat pulang ke sebuah situs, poly penerbit web tak jarang memperbarui konten. Itulah yang membuat Web sangat menarik.

Memahami Alamat Web

World Wide Web adalah koleksi akbar arsip elektro yg tersimpan pada jutaan komputer di semua dunia. Uniform Resource Locators atu URL adalah alamat yg digunakan buat menemukan file.

Informasi yang terkandung dalam URL memberi kemampuan buat berpindah menurut satu laman web yg lain hanya dengan klik. Ketika mengetik URL ke browser atau klik link hypertext, browser mengirim permintaan ke personal komputer remote, yg disebut server web, buat mendownload satu atau lebih arsip. Setiap URL unik, mengidentifikasi satu arsip tertentu.

Apa yg khas berdasarkan URL? Berikut ini misalnya :

  • http://ensiklopediasli.Blogspot.Com (Halaman Blog Ensiklopediasli)

Bagian pertama dari URL (sebelum dua garis miring) memberitahu jenis sumber daya atau metode akses di alamat itu. Sebagi contoh :

  • http : dokumen hypertext atau direktori.
  • ftp : file yang tersedia untuk di download atau direktori file tersebut.
  • news : newsgroup
  • file : file yang terletak pada drive lokal komputer Anda.

Bagian ke 2 umumnya adalah alamat personal komputer pada mana data atau layanan berada. Bagian tambahan mungkin memilih nama arsip, port untuk menghubungkan ke, atau teks buat mencari pada database.

Bagian-bagian menurut URL

Sebuah URL lengkap umumnya terdiri menurut 3 komponen : protokol, nama situs, dan path absolut ke dokumen atau sumber daya, seperti model dibawah ini :

  • http://ensiklopediasli.Blogspot.Co.Id/p/about.Html

http://

Hal pertama yg dilakukan merupakan URL menentukan protokol yg akan dipakai buat transaksi tertentu. Aturan HTTP membiarkan server memahami buat menggunakan Hypertext Transfer Protocol, atau masuk ke pada "modus webdanquot;.

Www.Example.Com

Bagian berikutnya menurut URL mengidentifikasi situs menggunakan nama domainnya. Dalam contoh ini, nama domain adalah example.Com. WWW dibagian awal adalah nama host tertentu di domain tersebut. Nama host "WWWdanquot; telah sebagai sebuah kesepakatan . Namun, kadang-kadang nama host dapat dihilangkan. Bisa lebih dari satu website pada domain (kadang-kadang disebut subdomain) misalnya, terdapat : ensiklopediasli.Blogspot.Com, clients.Example.Com dan sebagainya.

/2015/samples/first.Html

Ini adalah path mutlak melalui direktori dalam server ke dokumen HTML yg diminta, first.Html. Kata-kata dipisahkan sang garis miring adalah nama direktori, dimulai dengan direktori root menurut host (misalnya yg ditunjukkan oleh awal /).

Sebagian menurut URL yang akan memakai start dengan http, yg adalah singkatan menurut Hypertext Transfer Protocol, metode yang file HMTL yg ditransfer melalui web. Berikut adalah beberapa hal-hal lain buat mengetahui tentang URL :

  • Sebuah URL biasanya tidak memiliki spasi.
  • Penulisan URL tidak sensifit huruf besar-kecil. Jadi mengetik "http://ensiklopediasli.blogspot.com" atau "HTTP://ENSIKLOPEDIASLI.BLOGSPOT.COM" atau variasi huruf besar dan kecil akan membawa ke halaman yang sama.

Apabila mengetik URL nir benar, browser nir akan dapat menemukan situs atau asal daya yang diinginkan. Jika menerima pesan error atau mengakses situs yang galat, periksalah buat melihat apakah mengeja alamt dengan benar.

File Standar

Tidak setiap URL adalah terlihat begitu panjang. Banyak alamat nir termasuk nama arsip, akan tetapi hanya menunjuk ke sebuah direktori, seperti ini :

  • http://www.w3schools.com/
  • http://w3schools/html/

Ketika server menerima permintaan untk nama direktori bukan file tertentu, terlihat dalam direktori tersebut untuk dokumen default, biasanya bernama index.Html. Jadi, sebenarnya secara tidak langsung, kita mengetikkan alamat lengkap seperti ini (sebagai contoh jika index.Html menjadi default) :

http://www.W3schools.Com/index.Html

Nama arsip default (juga dianggap menjadi file indeks) bisa bervariasi, & tergantung dalam bagaimana server dikonfigurasi. Dalam model ini, dinamai index.Html, namun beberapa server menggunakan nama arsip default htm. Jika situs menggunakan pemograman server-side buat menghasilkan page, arsip indeks mungkin diberi nama index.Php atau index.Asp.

Hal lain yg perlu diperhatikan merupakan bahwa pada model pertama, URL orisinil tidak memiliki garis miring buat menunjukkan itu merupakan sebuah direktori. Ketika slash dihilangkan, server hanya menambahkan satu jika menemukan direktori dengan nama itu.

File index ini jua bermanfaat buat keamanan. Beberapa server (tergantung dalam konfigurasi mereka) menampilkan isi direktori jika file default tidak ditemukan.

Salah satu cara buat mencegah orang melihat arsip-arsip pada direktori merupakan memastikan terdapat file index di setiap direktori. Administrator server pula dapat menambahkan proteksi lain untuk mencegah direktori ditampilkan pada browser.

Setelah file index dibuka sang browser, maka akan disajikan semua warta yang ada dalam dokumen HTML berdasarkan arsip tadi.

Baca Juga : Profesi Dalam Bidang Pengembangan Aplikasi Web

Sumber : Ebook Pemograman Web

No comments:

Post a Comment

Home Furniture Store