Saturday, June 27, 2020

Cara Gampang Instal Dan Seting Mikrotik Di Virtual Box Untuk Pemula

Untuk terdapat yang sudah usang berkecipung menggunakan jaringan tentu tau apa itu mikrotik, Mikrotik yaitu aplikasi sistem operasi hasil pengembangan dari sistem operasi linux yang berfungsi untuk mengelola jaringan personal komputer .

Saat ini terdapat dua jenis kata mikrotik, mikrotik routerbouard & mikrotik sistem operasi, mikrotik routerboard yaitu perangkat keras jaringan yang didalamnya telah tertanam sistem operasi mikrotik.

Sedangkan mikrotik OS atau sistem operasi mikrotik yaitu perangkat lunak yg sanggup diinstal pada perangkat personal komputer yang ingin difungsikan menjadi router buat mengelola jaringan komputer.

Mikrotik dibuat oleh MikroTikls sebuah perusahaan di kota Riga, Latvia, sebuah negara yang merupakan ?Pecahan? Menurut negara Uni Soviet dulunya atau Rusia kini ini.

Mikrotik awalnya ditujukan untuk perusahaan jasa layanan Internet (PJI) atau Internet Service Provider (ISP) yang melayani pelanggannya menggunakan teknologi nirkabel atau wireless.

Saat ini MikroTikls memberitahuakn layanan pada banyak ISP nirkabel buat layanan susukan Internet dibanyak negara pada global dan juga sangat populer di Indonesia.

MikroTik kini menyediakan hardware dan software untuk konektivitas internet di sebagian besar negara di seluruh dunia. Produk hardware unggulan Mikrotik berupa Router, Switch, Antena dan perangkat pendukung lainnya. Sedangkan produk Software unggulan Mikrotik yaitu MikroTik RouterOS.

Di artikel kali ini aku akan menguraikan bagaimana cara menginstal mikrotik di virtual box untuk persiapan simulasi jaringan. virtual box  sendiri merupakan sebuah software untuk menciptakan mesin atau komputer virtual yang sanggup dipakai layaknya sebuah komputer fisik.

Virtual box dipilih menjadi cara lain buat anda yg kebetulan memiliki keterbatasan sarana buat mencoba mikrotik.

Cara Praktis Instal dan seting mikrotik pada impian box buat pemula

Berikut yaitu langkah-langkah virtual box untuk konfigurasi mikrotik yang terhubung ke internet:

1. Instal impian box pada computer anda

Sebaiknya anda memilihvirtual box versi terakhir agar fiturnya lebih lengkap dan support dengan semua versi system operasi windows yang anda gunakan.

Langkah-langkah instalasi impian box tidak akan saya jelaskan secara panjang lebar, saya yakin anda telah memahami caranya, silahkan download virtual box versi terakhir terlebih dahulu, kemudian instalkan di computer anda.

Dua. Buat Mesin Virtual di virtualbox buat instalasi mikrotik OS

Langkah kedua sehabis anda menginstal virtual box, silahkan buat mesin virtual yang nanti akan dipakai untuk instalasi sistem operasi mikrotik.

Untuk membangun mesin virtual buat instalasi mikrotik langkah-langkahnya yaitu menjadi berikut:

a.Aktifkan impian box yg telah anda install

b.Pilihtombol New  dipojok kiri atas, atau sanggup juga menentukan menumechine > new

Nama : misal Mikrotik-OS

Type : pilih linux

Version : Other Linux (32-bit)

Kemudian tekan tombol Next buat masuk ke pengaturan memory ibarat gambar di bawah ini:

Silahkan sesuaikan Ukuram Memory buat mesin virtual yg anda buat, geser dan sesuaikan akan tetapi jangan hingga melewati rona merah.

Selanjutnya tekan tombol Next buat menuju ke pengaturan hardisk ibarat gambar pada bawah ini:

Kemudian pilih opsi Create a impian hardsik now, kemudian tekan tombol Create

Pilih Salah satu, misalkan VDI (Virtualbox disk Image), kemudian tekan tombol Next

Pilih Dynamically alocated, kemudian tekan lagi tombol Next.

Di tampilan berukutnya kemudian tekan tombol Create untuk menciptakan mesin virtual.

Mesin impian box pun telah berhasil kita buat, tampilannya lebih kurang ibarat gambar di bawah ini:

.

Tiga. Instalkan Mikrotik pada mesin impian yang sudah dibentuk sebelumnya

Langkah-langkah buat menginstal mikrotik pada mesin impian yaitu menjadi berikut:

a. Downloadsistem operasi mikrotik, kemudian simpan filenya di personal komputer anda di lokasi yang gampang diakses.

b. Buka Virtual box, kemudian double-klik Nama mesin virtual yang sudah kita buat sebelumnya yaitu  Mikrotik-OS.

Silakan tekan tombol Browser pada kanan warna kuning, kemudian arahkan & pilih file mikrotik yg telah anda download sebelumnya.

Selanjutnya tekan tombol Start, komputer impian pun akan melaksanakan restart & akan eksklusif masuk ke mode instalasi mikrotik.

Tekan tombola pada keyboard, untuk menentukan semua opsi instalasi yang tersedia

Kemudian tekan tombolkeyboardi untuk mulai menginstal, kemudian tekan tombolY dan tekan lagi tombol Y untuk menyetujui instalasi.

Tunggu proses instalasi sampai terselesaikan. Hingga muncul text yang meminta anda buat menekan enter buat reboot, ibarat tampilan gambar pada bawah ini.

Sebaiknya jangan dulu menekan enter untuk reeboot, tapi keluarkan dulu file instalasi mikrotik yang digunakan, caranya pilih dengan klik sajian Devices >  Mikrotik 6.33.exe untuk menghilangkan centang.

Setelah itu gres tekan tombol Enter dan tekan tombol Y buat merestart mikrotik, mikrotik pun akan melaksanakan restart.

C. Matikan mikrotik,

Caranya sehabis mikrotik melaksanakan restart, maka akan timbul perintah login ibarat gambar di bawah ini:

Silahkan login dengan user:admindan passwordkosongkan saja lalu enter 2 kali, maka anda akan masuk ke halaman utama mikrotik ibarat gambar di bawah ini:

Silahkan ketikansy sh, kemudian enter untuk menshutdown mikrotik. biarkan sementar mikrotik mati, kemudian kita coba melaksanakan konfgurasi seting virtual box.

5. Konfigurasi Pengaturan Virtual Box Untuk Konfigurasi Mikrotik

Ketika kita memakai virtual box untuk konfigurasi server mikrotik, maka sebelum melaksanakan konfigurasi, anda harus melaksanakan pengaturan pada impian box buat memberitahuakn mesin impian 2 buah network adapter dengan ketentuan:

Network adapter 1 digunakan untuk terhubung ke jaringan Local (LAN), &

Nnetwork adapter dua digunakan buat dihubungkan ke jaringan publik (internet)

Langkahnya yaitu sebagai berikut:

1. Di virtual box, pilih nama mesin virtual untuk mikrotik yang sudah anda buat sebelumnya, kemudian pilih menusettings(gambar roda gigi).

2. Pada halaman pengaturan, di bilah sajian sisi kiri pilih sajian Network kemudian klikAdapter 1 dan centangEnable network adapter, ibarat gambar di bawah ini:

Attach to : pilihHost-only Adapter

Name : pilihVirtualBox Host-Only Ethernet Adapter.

Pengaturan ini digunakan semoga mesin impian mampu terhubung menggunakan personal komputer yang kita pakai dimana virtualbox terinstal.

3. Selanjutnya klik tab Adapter 2, kemudian centang Enable Network Adapter

Attach to : pilihBridge Adapter

Name : silahkan pilih nama network adapter di komputer anda yang anda gunakan untuk terhubung ke internet.

Untuk perkara aku saya pilihAtheros.... wireless network adapter, alasannya yaitu kenetulan di komputer aku memakai wireless untuk terhubung ke jaringan internet. silahkan cek di control panel nama network adapter yang terhubung ke internet, jangan hingga tertukar semoga konfigurasi mikrotik sanggup berjalan dengan baik.

4. Tekan tombol OK jikalau telah terselesaikan

Dengan pengaturan di atas maka mesin virtual buat instal mikrotik, akan memiliki dua NIC (network adapter), adapter 1 terhubung ke personal komputer yg kita pakai yang difungsikan menjadi client, sedangkan adapter 2 kita hubungkan langsung ke internet melalui jaringan internet yg masuk ke personal komputer atau laptop yg sedang kita gunakan.

Baca pula: Cara menghubungkan mikrotik pada virtualbox menggunakan internet

Dengan pengaturan di atas maka mesin impian mikrotik telah mampu digunakan untuk simulasi mikrotik menggunakan impian box.

No comments:

Post a Comment

Home Furniture Store