Tuesday, June 23, 2020

Array 1 Dimensi Dan Aray Multidimensi: Pengertian Dan Teladan Kasus Lengkap

Untuk pemula yang gres mengenal dunia pemrograman, saya konfiden akan sedikit binngung memahami array ini, izin anda lebih gampang dalam memahami array maka terlebih dahulu anda harus telah mengerti ihwal variable dan jua tipedata variable, jikalau anda tahu kedua kata tadi maka anda akan lebih gampang buat memahami array.

Array atau sanggup disebut sebagai larik ialah koleksi data atau kumpulan data yang mempunyai nama variable dan jenis tipe data yang sama dan mempunyai index, index tersebut dipakai untuk mengakses (baca/tulis) elemen atau isi array tersebut.

Jika anda sulit tahu array, sebagai ilustrasi array sanggup anda bayangkan menjadi sebuah lemari pakaian yg didalamnya berisi laci-laci, dimana setiap laci diberi label nomor 1, dua, 3, 4, & seterusnya.

Dari ilustrasi tersebut Lemari sanggup disebut sebagai nama variable array, pakaian ialah tipe data array (jenis isinya), Label disetiap kotak yaitu  1, 2, 3 dan seterusnya sanggup di disebut sebagai index array, sedangkan isi yang terdapat di dalam setiap kotak yang terdapat di lemari tersebut sanggup disebut sebagai elemen array

Kaprikornus karakteristik dari variable array adalah:

  • memiliki nama,
  • memiliki index
  • memiliki tipe data dan
  • memiliki elemen

Kenapa harus memakai variable array?

Di dalam dunia pemrograman array sangat diperlukan sekali dengan tujuan untuk mempersingkat dan mempermudah proses penulisan instruksi agenda yang melibatkan berbagai variable yang mempunyai tipe data yang sama, dengan adanya array variable sanggup ditulis lebih sederhana jikalau dibandingkan tanpa memakai array.

Misalnya anda diminta buat menciptakan sebuah agenda yang sanggup menghitung angka yang diinput oleh pengguna sebesar 100 butir, apabila tanpa menggunakan array, maka terpaksa kita harus menyediakan variable sebanyak 100 buah menggunakan nama variable berbeda buat menampung input pengguna, bisa dibayangkan bukan bagaimana repotnya kita menulis instruksi agenda buat kasus tersebut.

Sedangkan jika memakai array, penulisan variable tersebut mampu dibuat lebih singkat dan mudah hanya relatif satu baris saja dengan satu nama variable dan tipe data yang sama yg memiliki index sebesar 100, sehingga penulisan agenda lebih sederhana & lebih mudah.

Deklarasi Array pada prosedur pemecahan

Contoh deklarasia atau penulisan variable array di dalam algoritma ialah sebagai berikut:

1. Array satu dimensi

Pengertian Array 1 dimensi ialah sekelompok data yang mempunyai nama variable dan tipe data yang sama yang sanggup diakses memakai 1 buah index saja.

var nama_variable: array[range_index] of tipe_data

Sebagai contoh, buatlah deklarasi array dengan nama  variable deret yang mempunyai kapasitas 10 dengan tipe data integer, deklarasi variable array untuk tumpuan diatas adalah:

var deret:array[10] of integer
Deklarasi diantas sanggup didefinisikan, menciptakan variable array dengan nama deret yang sanggup menampung angka dalam bentuk integer (bilangan bulat) sebanyak 10 buah.

Mengisi elemen array 1 dimensi

Menulis atau mengisi elemen array satu dimensi formatnya adalah:

nama_aray[index_array]<- nilai

Misal: mengisi variale array menggunakan nilai 10 pada index ke 1 buat nama array deret, maka penulisanya artinya menjadi berikut:

deret[1]<-10
Dengan penulisan diatas, index ke 1 array deret akan berisi nilai 10.

Membaca Array satu dimensi

Untuk membaca elemen array 1 dimensi formatnya adalah:

nama_aray[index_aray]
Misal membaca elemen array yang terdapat di index ke 3 pada array dengan nama deret maka pemulisannya adalah:

deret[3]

2. Array dua dimensi

Pengertian Array dua dimensi ialah kumpulan data yang mempunyai nama dan tipe data yang sama dimana elemennya sanggup diakses memakai 2 buah index, sanggup juga disebut sebagai index baris dan index kolom.

Array dua dimensi sanggup di gambarkan menjadi table, yang mempunyai index baris dan index kolom, index tadi digunakan buat mengakses elemen aray dua dimensi.

Format Deklarasi variable array dua dimensi di dalam prosedur pemecahan merupakan seabgai berikut:

var nama_variable:array[index_baris][index_kolom] of tipe_data
Contoh:

Deklarasikan variable array yg memiliki index baris 10 dan index kolom lima menggunakan nama data yg memiliki tipedata integer atau sapta bundar , menjadi berikut:

var data:array[10][5] of integer

Membaca variable array dua dimensi

Sama halnya menyerupai membaca variable array 1 dimensi namun harus melibatkan index baris & kolim, contohnya, baca array data index kolom 1 & baris dua

data[2][1]

Mengisi menyimpan nilai pada variable array 2 dimensi

Menyimpan ke pada array itu ialah menyimpan data ke dalam memori komputer buat diproses.

Penyimpanan data pada array multi dimensi menggunakan sebuah nilai harus melibatkan index baris dan jua index kolomnya, sebagai tumpuan misalnya mengisi array data pada index baris tiga dan index kolom 4 dengan nilai 10, maka perintahnya adalah:

data[3][4]<-10

Contoh Kasus Pemecahan Program pada prosedur pemecahan memakai array

1. Buatlah sebuah algoritma untuk menjumlahkan 3 buah bilangan bundar yang diinput oleh pengguna memakai variable array.

Jawab:

rencana penjumlahan

var

nomor :array[3]of integer

output:integer

algoritma:

read(x[0],x[1],x[2])

hasil<-x[0]+x[1]+x[2]

write(hasil)

Bandingkan jikalau nir memakai variable array:

rencana penjumlahan

var

angka1:integer

angka2:integer

angka3:integer

output:integer

algoritma:

read(angka1,angka2,angka3)

hasil<- angka1+angka2+angka3

write(hasil)

Tanpa array ternyata penulisan agenda lebih panjang, itu gres hanya tiga variable saja, mampu dibayangkan jika variable yg dilibatkan ada 100 buah, tentu akan menyilitkan programmer pada menulis program.

Kesimpulan:

Ada 2 pilihan saat memproses sebuah kasus di dalam bahasa pemrograman atau algoritma, jikalau melibatkan banyak variable dengan tipe data yang sama maka tolong-menolong sanggup memakai array atau sanggup juga tanpa memakai array, namun cara paling mudah tentu saja lebih baik memakai array biar agenda tidak terlalu panjang, tidak membebani programmer. sebab tersedianya konsep array untuk membantu programmer biar sanggup menyederhanakan penulisan program.

No comments:

Post a Comment

Home Furniture Store