Thursday, June 25, 2020

10 Makanan dan Minuman Khas Pada Saat Bulan Ramadhan

10 Makanan dan Minuman Khas Pada Saat Bulan Ramadhan - Bulan ramadhan telah tiba, yang tentunya sangat ditunggu-tunggu oleh umat Islam seluruh dunia. Bulan ramadhan merupakan bulan yang penuh rahmat yang di dalamnya terdapat berbagai kecerian, kegembiraan, dan kebahagian.

Bicara mengenai bulan ramadhan, pastinya Anda akan poly menjumpai kuliner & minuman spesial bulan Ramadhan yg tentunya akan menciptakan puasa Anda semakin meriah dan menyenangkan, karna dalam waktu kita sahur & berbuka kita akan disuguhkan kuliner & minuman istimewa dan khas. Puasa wajib bagi umat Islam di bulan ramadhan. Kita menunaikan ibadah puasa selama 1 bulan penuh. Beberapa diantara kuliner & minuman itu memiliki karakteristik khas yg selalu ada dalam bulan ramadhan.

Baiklah pada kesempatan kali ini saya akan merangkum dan mengulas makanan dan minuman yang wajib ada pada bulan ramadhan. Berikut ini adalah 10 makanan dan minuman yang sangat cocok disajikan pada saat bulan ramadhan dan yang paling sering dijumpai.

Makanan & Minuman Khas Bulan Ramadhan

1. Kurma

kurma
Image by: vemale.Com

Ini beliau makanan khas yang pertama seringkali dijumpai namanya adalah Kurma. Buah kurma asal berdasarkan Timur Tengah. Saat pertama kali kita mencoba merasakan buah ini, tentunya akan terasa sangat cantik & lezat buat dinikmati setiap waktu dalam bulan ramadhan. Buah kurma ini tentunya sangat berguna, misalkan mengatasi penyakit Anemia, Menjaga gigi dan tulang supaya tetap sehat, Mencegah stroke, mencegah jantung koroner, menjaga kesehatan mata, melancarkan buang air dan buah kurma mempunyai anti oksidan yang cukup tinggi. Pada ketika puasa seperti ini, sangat disarankan untuk memakan buah kurma karena cita rasanya yang manis.

Dua. Cendol

cendol atau es dawet
Image by: naningisme.wordpress.com

Minuman khas dalam bulan ramadhan yg ke 2 merupakan cendol, minuman spesial yang dari berdasarkan Indonesia tepatnya berasal menurut Jawa Barat. Cendol terbuat menurut tepung beras, disajikan dengan es parut dan gula merah cair & santan. Biasanya rona dari cendol merupakan hijau & putih. Warna hijau asal dari daun pandan, warna putih didapatkan dari santan. Rasa minuman ini cantik & sangat enak. Di wilayah Sunda minuman ini lebih dikenal dengan nama cendol, sedangkan pada Jawa Tengah dikenal menggunakan nama Es Dawet. Cendol dibentuk menggunakan bahan dasar tepung beras yg pada mixing menggunakan santan, gula merah dan pula es batu. Sampai waktu ini cendol/es dawet sebagai keliru satu minuman khas yg harus dicoba dalam saat berbuka puasa.

Tiga. Kolak

kolak
Image by: www.resepmasakankreatif.com

Minuman/kuliner spesial yg ketiga dalam bulan ramadhan merupakan Kolak, kolak merupakan kuliner yang dibuat dari pisang, ubi, dan sebaginya lalu direbus menggunakan gula dan santan.. Kolak memiliki rasa yg cantik sebagai akibatnya sangat cocok buat dijadikan minuman/kuliner dalam waktu berbuka puasa. Tentu saja setiap wilayah pada Indonesia, memasukkan kolak menjadi minuman/makanan yang harus dicoba dalam saat berbuka puasa. Kolak yang terkenal adalah Kolak Pisang.

4. Es Campur

es campur
Image by: kaya-reflections.blogspot.com

Minuman khas pada bulan ramadhan yg keempat merupakan es campur, minuman ini sangat seringkali dijumpai pada waktu bulan ramadhan datang. Salah satu minuman yang segar dan murah, walaupun murah minuman ini sanggup melepas dahaga sehabis puasa sepanjang hari, terlebih lagi es campur mempunyai rasa cantik yg cocok saat beruka puasa. Komposisi yg terdapat pada es campur seperti cendol, cincau hitam, kolang-kaling, santan, es pasrah, susu, & sirip menjadikan es campur layak untuk dijadikan sajian berbuka puasa Anda.

Lima. Es Kelapa

es kelapa
Image by: resepmasakann.info

Minuman spesial selanjutnya merupakan es kelapa, komposisi es kelapa merupakan kelapa belia, gula cair, air kelapa, & jeruk nipis, sangat cocok buat tersaji pada ketika berbuka puasa nanti. Segarnya air kelapa belia & enaknya kelapa muda-nya menciptakan banyak orang membuahkan es kelapa buat sajian berbuka puasa.

6. Es Teler

es teler
Image by: www.resepmasakanindonesia.me

Minuman spesial dalam bulan ramadhan merupakan Es Teler, dari beberapa asal, es teler diciptakan di Jakarta sang pedagang es campur gerobak pada tahun 1980-an. Campuran es teler terdiri berdasarkan macam butir seperti apel, pepaya, melon, alpukat, pula agar-supaya, dan campuran lainnya. Penampilan es teler sekilas tampak seperti es campur, & tentunya mantap dan menarik hati selera.

7. Es Timun Suri

es timun suri
Image by: www.cuteabis.com

Es timun suri berbahan dasar buah timun suri yg pada campur menggunakan segarnya es batu. Untuk menambahkan rasa cantik, mampu dibubuhi dengan gula cair, sirup, atau susu menjadi penambah selera Anda buat berbuka puasa nanti. Es timun suri sangat cocok buat disajikan selesainya seharian melaksanakan ibadah puasa.

8. Pisang Ijo

es pisang ijo
Image by: resepmasakanpedia.com
Minuman khas ramadhan yang satu ini bernama Pisang Ijo, minuman yang mempunyai rasa yang manis. Salah satu minuman khas dari Makassar yang dinamakan pisang ijo ini mempunyai rasa yang enak. Jika dilihat sekilas pisang yang dibalut dengan adonan tepung terigu berwarna hijau, menjadi salah satu menu berbuka puasa yang sangat diminati setiap orang. Biasanya dibuat dari pisang raja yang kemudian dibungkus adonan tepung terigu yang telah diberi bahan pewarna hijau seperti pandan. Dengan dicampur kuah santan, sirup coco, dan es, membuat minuman yang satu ini menjadi ciri khas pada bulan ramadhan.

9. Es Teh Manis

es teh manis
Image by: food.detik.com

Minuman yang satu ini  kerap dijadikan sebagai minuman khas ramadhan yang menyegarkan. Minuman ini mudah dijumpai di warung-warung makan di Indonesia. Cara membuahnya sangatlah mudah yakni dengan dicampur teh , gula, air. Selanjutnya diaduk hingga merata. Langkah terakhir untuk membuatnya dengan menambahkan es, agar membuat rasa minuman ini menyegarkan.

10. Es Kopyor

es kopyor
Image by: www.resepmasakanindonesia.me

Es yang satu ini sangat nikmat dan cocok buat pelepas dahaga selesainya seharian menjalankan ibadah puasa, rasanya yang menyegarkan tenggorokan menggunakan es yg satu ini pastinya mantap. Tidak terdapat fakta kentara darimana es yg satu ini, namun es yaang satu ini menjadi selera nusantara & sangat cocok untuk disajikan ketika berbuka puasa.

Baca Juga:Penjelasan Mengapa Bulan Ramadhan Tiap Tahun Selalu Maju.

Referensi: http://www.goodnewsfromindonesia.org/2015/06/18/8-minuman-wajib-berbuka-puasa-khas-indonesia/.

Http://9coeg.Com/intermezzo/9-kuliner-dan-minuman-khas-pada-bulan-ramadhan/.

Http://halomuda.Com/makanan-&-minuman-spesial -bulan-ramadhan/.

Https://komunitas.Bukalapak.Com/s/xcc5fa/makanan_khas_saat_bulan_ramadhan.

Demikianlah artikel saya kali ini tentang 10 Makanan dan Minuman Khas Pada Saat Bulan Ramadhan. Semoga bermanfaat bagi Anda. Jika Anda menyukai artikel ini tolong dibagikan dan dikomentari ya. Sekian dan Terimakasih.

No comments:

Post a Comment

Home Furniture Store