Pages

Monday, May 4, 2020

Tips Memilih Lampu Penerangan Yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Source images : pixabay.com
Kebutuhan manusia terhadap penerangan memang sangat penting, terutama saat malam hari tiba, maka disaat itulah momen-momen krusial dimana kita sangat membutuhkan sebuah penerangan agar segala aktivitas yang dilakukan bisa berjalan dengan lancar.

Jika bicara soal penjelasan di zaman yang sekarang ini, maka kita akan tertuju pada lampu. Peralatan penjelasan yang satu ini biasa kita pakai pada berbagai tempat misalnya di tempat tinggal , tempat kerja ataupun loka generik lainnya.

Sistem penerangan menggunakan lampu pada tempat tinggal merupakan suatu hal yg perlu diperhatikan, jika anda ketika ini sedang berencana ingin membeli sebuah lampu buat kebutuhan penerangan pada tempat tinggal , baik bagi yang mau mengubah lampu penerangan yang sudah rusak atau bagi anda yg sedang melakukan pemasangan instalasi penerangan buat yg pertama kalinya.

Maka ada beberapa hal yg krusial & perlu anda perhatikan sebelum memilih lampu buat penjelasan anda pada tempat tinggal , diantaranya menjadi berikut :

1. Sesuaikan Jenis Lampu Dengan Tempat Pemasangannya

Sebelum membeli sebuah lampu, kita wajib tahu terlebih dahulu dimana lampu tadi akan kita pasang dan jenis lampu apa yang sesuai buat tempat tadi.

Apakah lampu tadi akan dipasang pada luar rumah, di dalam kamar atau pada loka lainnya?

Pada umumnya jenis lampu terbagi menjadi dua jenis berdasarkan loka pemasangannya, yakni lampu indoor & lampu outdoor.

Lampu Indoor

Lampu indoor

Source images : pxhere.Com Lampu indoor merupakan lampu yang memang spesifik dibentuk buat dipasang di bagian pada tempat tinggal atau ruangan. Lampu indoor tidak cocok bila dipasang pada luar tempat tinggal .

Jadi, bila anda ingin memasang lampu penjelasan pada pada tempat tinggal , maka pilihlah lampu jenis indoor, & jangan pasang lampu indoor ini diluar tempat tinggal lantaran jenis lampu ini tidak tahan terhadap air.

Lampu Outdoor

Lampu outdoor

Source images : pixabay.Com Jika lampu indoor khusus buat instalasi penerangan pada pada rumah, maka buat lampu outdoor merupakan sebaliknya, yaitu buat dipasang di luar rumah.

Lampu outdoor memang dibuat spesifik untuk bisa dipasang di luar tempat tinggal , lampu ini sudah dilengkapi penutup yang tahan terhadap air, jadi cocok apabila dipasang di luar tempat tinggal misalnya pada teras atau bahkan pada taman.

Sebenarnya lampu outdoor pula dapat digunakan pada pada tempat tinggal , tetapi karena harganya lebih mahal dibandingkan menggunakan lampu jenis indoor, maka lebih baik nir memasang lampu outdoor buat dipasang pada dalam rumah.

Dua. Sesuaikan Watt Lampu Dengan Tempat Pemasangannya

Seperti yg kita ketahui beserta bahwa semakin akbar watt yang dipakai pada lampu, maka akan semakin jelas jua cahaya yang didapatkan sang lampu tadi.

Di pasaran terdapat banyak sekali lampu menggunakan nilai watt yang bervariasi, tentunya produsen membuat lampu dengan nilai watt yang bervariasi tersebut bertujuan buat memenuhi kebutuhan para konsumennya. Sederhananya merupakan agar kita bisa menyesuaikan kebutuhan daya atau watt lampu yang tepat untuk dipasang pada rumah.

Lalu bagaimanakah cara memilih watt lampu yang sesuai ?

Tentunya buat memilih berapa watt lampu yg akan dibeli, maka terlebih dahulu tentukan dimana lampu tadi akan dipasang, lantaran setiap ruangan mempunyai kebutuhan cahaya yang berbeda-beda tergantung luas ruangan masing-masing.

Misalnya, jika nantinya lampu akan dipasang di ruangan yg sempit maka belilah lampu menggunakan nilai watt yang kecil yang sekiranya nyaman atau sinkron menggunakan kebutuhan penerangan yang anda butuhkan pada ruangan tadi.

Tiga. Pilih Jenis Lampu Yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Terdapat aneka macam jenis lampu yang tersebar di pasaran, dan setiap jenis memiliki perbedaannya masing-masing.

Jadi, anda harus memilih lampu yang sinkron menggunakan kebutuhan atau keinginan anda. Berikut ini merupakan beberapa jenis lampu yg bisa anda pakai sinkron kebutuhan, antara lain :

Lampu Pijar

Source images : pixabay.com
Lampu pijar merupakan teknologi lampu pertama, cahaya lampu ini berwarna kuning serta energi cahayanya dapat menghangatkan. Untuk penggunaannya biasanya dipasang pada tempat tidur atau bahkan untuk dipasang pada inkubator ayam (tempat penetasan telur).

Lampu ini dijual dengan harga yg murah, namun kekurangannya merupakan boros terhadap tenaga listrik dan gampang sekali rusak, umur pemakaiannya relatif lebih pendek apabila dibandingkan menggunakan jenis lampu lain, yaitu hanya lebih kurang 1000 jam pakai.

Wajar saja jika terdapat banyak kekurangan pada jenis lampu ini, karena mengingat teknologi yang digunakan oleh  lampu pijar sudah tertinggal zaman.

Lampu Pendar

Source images : commons.wikimedia.org
Lampu pendar atau biasa disebut lampu neon atau lampu fluorescent, merupakan lampu yang lebih hemat energi jika dibandingkan dengan lampu pijar. Kualitas cahayanya juga lebih baik serta lebih terang bahkan cahaya lampu pendar 40 watt dikatakan masih jauh lebih terang dibanding dengan lampu pijar 100 watt.

Umur pemakaiannya pun nisbi lebih usang dibanding dengan lampu pijar yaitu lebih kurang 8.500 - 10.000 jam gunakan. Terdapat aneka macam bentuk yang ditawarkan sang pembuat lampu pendar, contohnya pada bentuk panjang (tak jarang diklaim lampu TL) atau berbentuk huruf "U" & ada juga yg berbentuk semacam spiral (biasa disebut lampu tornado).

Lampu ini sangat banyak digunakan sang kebanyakan orang, pada penggunaannya lampu ini bisa dipasang dimana saja, dan buat lampu TL yang berbentuk panjang lebih cocok untuk dipasang pada loka atau ruangan yang luas.

Teknologi lampu pendar memang sudah mampu dibilang canggih dan maju, tetapi kekurangannya merupakan eksistensi merkuri beracun yang berbahaya bagi kesehatan penggunanya dan kurang ramah terhadap lingkungan.

Lampu LED

Source images : commons.wikimedia.org
Lampu LED merupakan jenis lampu dengan teknologi yang terbaru untuk saat ini dan lebih canggih dari jenis lampu lainnya, teknologi yang digunakan adalah LED (light-emitting diode) yang dapat menghasilkan cahaya yang lebih terang, meski dengan daya listrik yang terpakai terbilang kecil, misalnya saja lampu flash pada smartphone yang begitu kecil namun cahaya yang dihasilkan sangat terang serta sanggup menyala hanya dengan menggunakan energi listrik baterai yang terbilang kecil.

Lampu LED merupakan lampu paling irit energi yang perlu anda coba, meskipun pada segi harganya relatif lebih mahal berdasarkan lampu jenis lainnya, namun apabila diperhitungkan dalam penggunaan jangka panjang, pada hal ini akan lebih ekonomis, karena mengingat usia pemakaiaannya yg tergolong lebih usang yaitu kurang lebih 35.000 jam pakai.

Apabila diumpamakan rata-homogen dalam sehari pemakaiannya selama 10 jam, maka lampu tersebut dapat bertahan selama 10 tahun.

Kesimpulannya merupakan pilihlah jenis lampu yg anda butuhkan, jika ingin lampu buat menghangatkan ruangan maka anda bisa pilih lampu pijar, jika ingin lampu buat dipasang dalam tempat yang luas, maka anda sanggup menentukan lampu pendar yg berbentuk panjang (lampu TL).

Atau apabila anda ingin lampu yg irit energi maka anda mampu menentukan lampu LED.

Demikian buat artikel kali ini mengenai Tips Memilih Lampu Penerangan Yang Sesuai Dengan Kebutuhan, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment