Pages

Friday, May 8, 2020

Sejarah Penemuan AC (Air Conditioner) oleh John Gorrie

Apakah engkau memahami apa AC itu?

AC (Air Conditioner) adalah sebuah mesin yang dibuat menggunakan tujuan untuk menstabilkan atau menyejukkan suhu udara pada suatu ruangan. AC (Air Conditioner) biasa di pergunakan di tempat tinggal -tempat tinggal mewah & banyak dipakai diperkantoran.

Mengenai sejarah AC (Air Conditioner), Sejak zaman dahulu dalam abad pertengahan baik orang romawi maupun persia telah menggunakan teknik pendinginan ruangan. Adapun caranya yaitu menggunakan menampung air yg mengalir ke dalam dinding sehingga dapat mendinginkan ruangan tetapi hal ini membutuhkan porto yg relatif besar buat membangunnya. Selain itu jua, model bangunan akan menjadi nir biasa sebagai akibatnya ketika itu hanya bangsawan atau raja yang bisa membangunnya.

Sejarah Perkembangan AC (Air Conditioner)

John Gorrie
Seiring dengan berkembang pesatnya ilmu pengetahuan di abad ke 18, Setelah Michael Faraday menemukan listrik maka mulai bermunculan penemuan baru seperti menemukan cara mendinginkan suhu udara dengan menggunakan gas amonia. Kemudian di tahun 1842, seorang ilmuwan berkebangsaan Amerika Serikat bernama John Gorrie  mulai melakukan penelitian mengenai AC (Air Conditioner).

John Gorrie diketahui adalah seorang dokter dan pula seseorang ilmuwan. Berawal menurut banyaknya pasien John Gorrie yang menderita malaria disertai menggunakan tanda-tanda demam tinggi. Suhu ruangan yang panas menciptakan pasiennya semakin tidak nyaman. Selain itu ada sebuah teori mengungkapkan bahwa syarat udara yang jelek akan menyebabkan penyakit sehingga dia kemudian melakukan usaha mendinginkan ruangan menggunakan cara menyimpan bongkahan es pada pada baskom.

Kemudian digantung di langit-langit ruangan sesudah itu beliau kemudian menggunakan kipas angin sehingga hawa menurut es yg terdapat dalam bongkahan baskom ini bisa menyebar & berhasil mendinginkan ruangan pasien. Tetapi cara tersebut dirasa kurang efektif sang John Gorrie karena bongkahan es cepat mencair & juga bongkahan es tersebut dibawa menggunakan menggunakan bahtera pada tempat yg jauh pada danau bagian utara, sehingga ia kemudian berpikir buat membuat es buatan.

Penemuan AC (Air Conditioner) sang John Gorrie

Mesin Pendingin Pertama

Di tahun 1845, John Gorrie kemudian berhenti melakukan praktik medis & kemudian mulai berkonsentrasi pada proyek pembuatan alat pendingin ruangan. Selama enam tahun, beliau terus berusaha merancang & menciptakan mesin pendingin. Di tahun 1851, John Gorrie lalu berhasil menciptakan mesin pembuat es pertama yang kemudian menjadi cikal bakal berdasarkan AC atau Air Conditioner.

Mesin buatan John Gorrie tersebut dipatenkan menggunakan angka paten 8080. Selanjutnya dia lalu mencoba memproduksi massal mesin temuannya. Namun karena kondisinya yang miskin, dia kemudian mencoba mengumpulkan uang.

Namun karena banyaknya kritik terhadap dirinya selain itu syarat keuangan yg jelek dan kesehatan yang terus menurun, John Gorrie akhirnya meninggal dunia pada tahun 1855 pada loka pengasingannya sehingga mesin temuannya gagal buat dikembangkan. Mesin temuannya kemudian dikembangkan lebih lanjut oleh Willis Carrier yg lalu dikenal menjadi penemu AC (Air Conditioner) terbaru pada tahun 1902.

Oke sekian dulu buat artikel kali ini semoga bermanfaat.

Dikutip dari : https://www.penemu.co/penemu-ac-air-conditioner-john-gorrie/

No comments:

Post a Comment