Pages

Friday, May 15, 2020

Sejarah Alessandro Volta Penemu Baterai

Berikut merupakan sejarah tentang inovasi baterai sang Alessandro Volta

Di dalam kehidupan kita yang kini ini tidak tanggal dari benda yang namanya baterai. Baterai mengganti tenaga kimia menjadi tenaga listrik dan dipakai buat memberi energi dalam aneka macam perangkat elektronik. Berbagai macam perangkat misalnya ponsel, laptop, tablet, pemutar musik & lainnya, mengandalkan baterai menjadi sumber energi. Meski demikian, mungkin terdapat di antara kamu yg belum memahami bagaimana baterai ini sanggup ditemukan. Berikut sejarah baterai & penemunya, misalnya dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

Baterai awalnya ditemukan oleh seorang ilmuwan bernama Alessandro Volta. Dia menemukan baterai pada tahun 1800. Volta jua membuat inovasi krusial lain pada bidang pneumatik, dan meteorologi dan elektrostatika.

Ketika mini Alessandro Volta, bukanlah anak yg menonjol. Ia bahkan sangat ketinggalan dibanding teman-teman seusianya, misalnya keterlambatan bicara hingga usia 4 tahun. Padahal umumnya anak sudah pandai bicara waktu berusia 2 tahun. Namun hal itu tak menciptakan sang mak bersedih. Ibu Volta terus memompa semangat anaknya supaya sanggup mengikuti perkembangan layaknya anak seusianya.

Perkembangan Alessandro Volta baru memberitahuakn kemajuan ketika usianya menginjak 7 tahun yaitu saat dia baru saja kehilangan ayah tercinta untuk selama-lamanya. Prestasi Volta disekolah juga menunjukkan kemajuan pesat. Hal yg membuatnya tertarik adalah ilmu fisika. Ketika dia berusia 14 tahun, Volta sudah memantabkan dirinya berkecimpung pada ilmu fisika terutama segala hal yg herbi listrik.

Saat usianya 29 tahun, Volta melamar sebagai pengajar fisika disebuah SMA di Como sampai ia dinobatkan sebgai ketua sekolah di Sekolah Menengah Atas tadi. Di sela-sela kesibukannya mengajar, Alessandro Volta jua tetap bereksperimen yg menjadikan penemun pertamanya mengenai Electrophorus yaitu sebuah indera yang membentuk listrik tidak aktif.

Alessandro Volta kemudian karam dengan eksperimen-eksperimen selanjutnya yaitu mempelajari atmosfer listrik tidak aktif menggunakan membakar bunga api. Pada usia 32 tahun tepatnya tahun 1777 gelar profesor fisika menurut University of Pavia berhasil didapatkannya. Di university itulah kelak ia berkenalan menggunakan seorang yang membuatnya menjadi penemu baterai. Adalah Luigi Galvani yang pula seorang fisikawan sahabat Alessandro Volta yg mengilhami Volta menciptakan inovasi baterai.

Pada tahun 1786, Luigi Galvani melakukan eksperimen yg tidak sengaja yaitu mengikat kaki katak tewas menggunakan kait tembaga dan tak sengaja menyentuh besi hingga membuat kaki katak tadi berdenyut. Waktu itu Galvani menerka bahwa itu adalah gerakan listrik di sekitarnya seperti kilat & Galvani menyimpulkan bahwa kaki katak mengandung listrik. Namun Volta yang pula mengetahui eksperimen itu membantah bahwa tidak mungkin daging atau kaki katak mengandung listrik. Listrik yg menciptakan kaki katak berdenyut itu berasal menurut disparitas tegangan antara tembaga yg mengikat kaki dengan besi yang secara tak sengaja tersentuh kaki katak.

Perbedaan pendapat tadi menciptakan interaksi Volta dan Galvani menjadi tegang. Ada dua kubu disini yang saling menjtuhkan yaitu kubu Volta dan kubu Galvani. Alessandro Volta kemudian melakukan penelitian lebih lanjut buat menunjukan teorinya.

Selama 8 tahun Alessandro Volta melakukan penelitian itu, hingga ia mendapat kesimpulan bahwa listrik itu berasal berdasarkan logam bukan daging atau kaki katak yg telah mangkat . Efek ini muncul akibat 2 logam tak homogen yaitu besi dan tembaga menurut pisau bedah Galvani waktu itu.

Volta pun kemudian membuat Baterai Volta (Voltac Pile) yg terbuat berdasarkan tembaga & seng yg dicelupkan ke air garam dan dihubungkan tanpa bersinggungan. Para ilmuwan kemudian melakukan penyempurnaan baterai volta ini. Hal ini sekaligus menunjukan bahwa teori Alessandro Volta lah yang sahih & sekaligus menjatuhkan teori Galvani. Nama Alessandro Volta lalu tercatat sebagai seorang penemu baterai dimana satuan tegangan listrik menggunakan namanya yaitu Volt.

?Alessandro Volta dan baterai ciptaannya (Techstory)

Setelah poly bekerja dan menemukan banyak sekali inovasi krusial, Alessandro Volta mengumumkan purna tugas dirinya menurut keilmuan dalam tahun 1819. Volta tetap tinggal pada kampung kelahirannya yaitu Camnago, Como, Italia. Delapan tahun sehabis menyatakan purna tugas, Alessandro Volta mati dunia tepatnya pada tanggal lima Maret 1827 di kota yang sama saat dia dilahirkan. Jasa Alessandro Volta dalam membangun baterai menciptakan dunia sangat berhutang budi pada beliau. Apa jadinya global ini jika tak diketemukan baterai.

Baca juga : Sejarah Michael Faraday Sang Penemu Listrik

Dekat Danau Como berdiri Olmo Villa, yang tempat tinggal Voltian Foundation, sebuah organisasi yang mempromosikan aktivitas ilmiah. Volta dilakukan studi eksperimental dan menciptakan penemuan pertama pada Como. Atas jasanya, satuan beda potensial listrik dinamakan volt.

Sekian dulu artikel kali ini semoga berguna.

Dikutip dari : http://jadiberita.com/92430/mengenal-alessandro-volta-sang-penemu-baterai.html

No comments:

Post a Comment