Pages

Thursday, May 14, 2020

Inilah Alasan Mengapa Harus Beralih Menggunakan Lampu LED

Di dalam kehidupan sehari-hari kita selalu menggunakan lampu untuk kebutuhan penerangan, khususnya pada saat malam hari tiba, ketika kondisi gelap dan tanpa adanya penerangan dari lampu, maka kita akan kesulitan untuk melakukan berbagai kegiatan yang biasa kita lakukan.

Bicara soal lampu terdapat beberapa jenis lampu yang beredar pada pasaran, misalnya saja misalnya lampu pijar yang dianggap mampu bertahan selama tiga atau 4 bulan jika dalam pemakaian setiap hari kurang lebih 8-10 jam. Lalu terdapat lampu fluorescent atau lampu pendar yang biasa kita sebut dengan lampu neon, lampu ini berbentuk panjang (lampu TL) & terdapat pula yg berbentuk misalnya alfabet U dan misalnya spiral (lampu tornado).

Lampu neon acapkali digunakan kebanyakan orang karena lampu ini lebih ekonomis terhadap energi listrik dan bisa bertahan lebih usang dibanding lampu pijar, umur lampu neon nisbi lebih panjang yakni lebih kurang lima tahun.

Dan selain lampu pijar & lampu neon, ada jenis lampu lain yg memiliki keunggulan diatas lampu pijar dan lampu neon, lampu tadi adalah lampu LED. Seperti namanya LED, teknologi yg digunakan lampu ini merupakan teknologi L.E.D. Cahaya yang dihasilkan lampu LED ini lebih jelas meski konsumsi energi listriknya terbilang mini .

Jika dibandingkan antara lampu LED dengan lampu neon, intensitas cahaya yg dihasilkan sang lampu LED lebih terang dibanding lampu neon, meski konsumsi energi listrik yang digunakannya sama akbar.

Bagi anda yg masih menggunakan lampu pijar atau lampu neon, mungkin beralih ke lampu LED adalah pilihan terbaik bagi anda yang ingin berhemat porto tagihan listrik, meski berdasarkan segi harganya nisbi lebih mahal menurut lampu jenis lainnya, Tetapi jika kita melihat keunggulannya, maka kita dapat menyimpulkan bahwa lampu LED tersebut lebih murah berdasarkan lampu jenis lainnya.

Berikut ini adalah alasan mengapa kita harus beralih menggunakan lampu LED daripada memakai jenis lampu lainnya :

1. Cahaya Yang Dihasilkan Lebih Terang

Source images : all-free-download.com
Jika dibandingkan dengan lampu jenis lainnya seperti lampu pijar atau lampu fluorescent (neon), cahaya yang dihasilkan oleh lampu LED ini lebih terang apabila dinyalakan dengan konsumsi energi listrik yang sama untuk ketiga jenis lampu tersebut. Perbandingan intensitas cahaya antara ketiga jenis lampu tersebut yakni lampu pijar sekitar 15 lumens/watt, sedangkan untuk lampu fluorescent atau neon sekitar 67 lumen/watt dan untuk lampu LED sekitar 70-100 lumen/watt.

Lumen disini adalah satuan menurut jumlah cahaya dalam lampu, semakin besar nilai lumen dalam lampu, maka akan semakin jelas jua cahaya yang dihasilkan oleh lampu tadi.

2. Lebih Hemat Energi Listrik

Source images : www.123rf.com
Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa intensitas cahaya lampu LED adalah yang paling tinggi, dengan intensitas cahaya yang dihasilkan lebih tinggi dari jenis lampu lainnya ini, tentunya menjadikan lampu LED sebagai lampu yang paling hemat energi listrik. Misalnya saja lampu pijar 50W, cahaya yang dihasilkannya setara dengan lampu LED 6W. Jadi, jika kita menggunakan lampu LED maka konsumsi energi listriknya akan lebih hemat, sehingga biaya tagihan listrik pun juga akan lebih kecil (tidak membengkak).

Tiga. Usia Pakai Lampu LED Lebih Panjang

Source images : www.greenlightenergy.us
Jika lampu pijar hanya mampu bertahan selama 4 bulan, namun berbeda jika kita menggunakan lampu LED yang bahkan mampu bertahan selama 8-15 tahun. Meski dalam segi harga lampu LED ini terbilang mahal, namun dengan usia pakai yang lebih panjang ini, tentunya kita masih dapat mempertimbangkannya. Bayangkan saja jika kita membeli lampu LED ini hanya sekali saja, dan lampu LED yang kita pakai tersebut mampu bertahan selama 10 tahun. Maka dalam 10 tahun tersebut kita tidak perlu repot-repot untuk membeli lampu berkali-kali atau gonta-ganti lampu.

4. Teknologi Lampu LED Lebih Ramah Lingkungan

Source images : www.123rf.com
Lampu LED memang sejak awal diciptakan dengan tujuan untuk menghindari bahaya pencemaran terhadap lingkungan serta gangguan kesehatan manusia. Lampu LED tidak mengandung merkuri, berbeda dengan lampu neon yang mengandung merkuri.

Perlu anda ketahui bahwa zat merkuri tersebut berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia, dan jua kurang ramah terhadap lingkungan terutama pada lapisan ozon.

Apabila anda menggunakan lampu neon & tabung lampu neon pecah, maka merkuri di dalamnya bisa terhirup sang anda. Tetapi tidak sama jika kita memakai lampu LED, disamping aman karena nir mengandung merkuri, bahan yang dipakai lampu LED pula lebih tahan pecah.

5. Cahaya Yang Dihasilkan Tidak Mengandung Ultraviolet

Source images : www.indiacelebrating.com
Beralih menggunakan lampu LED mungkin memang pilihan terbaik, terutama bagi anda yang sangat peduli pada kesehatan. Hal ini karena sinar yang dipancarkan oleh lampu LED tidak mengandung sinar ultraviolet yang dianggap mampu merusak mata serta kulit.

Meski pengaruh ultraviolet tidak mampu dirasakan secara eksklusif, tetapi bila kita terpapar sinar ultraviolet setiap hari, maka lama kelamaan efeknya niscaya akan terasa. Tentunya hal ini sangat buruk buat kesehatan kita seluruh, khususnya keluarga.

6. Temperatur Kerja Lampu LED Lebih Dingin

apabila anda pernah menggunakan lampu pijar tentunya anda akan bisa membedakannya. Saat lampu pijar dinyalakan maka kita akan merasakan pengaruh panas yg ternyata ditimbulkan sang lampu pijar tersebut, hal ini karena temperatur kerja lampu pijar yang panas.

Berbeda bila kita menggunakan lampu LED, lantaran lampu LED memiliki temperatur kerja yang dingin, sebagai akibatnya tidak akan menciptakan ruangan kita menjadi lebih panas.

Kesimpulannya merupakan lampu LED memiliki poly keunggulan yg dapat dijadikan alasan buat beralih ke lampu jenis ini, meski mempunyai poly kelebihan lampu LED jua memiliki kekurangan, yakni dalam segi harganya yang relatif lebih mahal menurut lampu jenis lainnya. Karena harganya yg lebih mahal tadi sebagai akibatnya menjadi sebuah alasan bagi kebanyakan orang buat tidak membeli lampu LED.

Namun misalnya yang telah dijelaskan diatas bahwa jika kita menggunakan lampu LED dalam jangka ketika yang usang dengan keunggulan pada konsumsi tenaga listriknya yg lebih ekonomis tadi, maka kita dapat menyimpulkan bahwa ternyata lampu LED ini jauh lebih murah.

Namun permanen saja kita pula mengharapkan agar di kedepannya nanti, harga lampu LED ini bisa bersaing menggunakan jenis lampu lainnya yg lebih murah. Sehingga dengan harga yg lebih terjangkau tersebut, maka poly pembeli yang akan lebih mempertimbangkan untuk beralih ke lampu LED ini.

Demikian buat artikel kali ini mengenai beberapa Alasan Mengapa Harus Beralih Menggunakan Lampu LED, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment