Apakah anda pernah mengalami kipas angin yg putarannya lambat atau bahkan tidak sanggup berputar sama sekali dan saat baling-baling digerakkan dengan tangan serasa berat atau seret? Jika pernah, maka itu disebabkan sang bos dan rotor kipas angin yang sedang pada keadaan macet atau seret sebagai akibatnya membuat kipas angin putarannya lambat atau bahkan nir mampu berputar sama sekali.
Umumnya penyebab stagnasi pada bagian bos & rotor atau as tersebut dikarenakan sang kemasukan debu yg cukup tebal sehingga kipas angin sebagai berat putarannya, atau bisa pula karena memang terdapat kerusakan pada bagian bos kipas angin tersebut yg aus & minta diganti.
Keausan atau rusaknya bos tersebut sebenarnya berawal dari debu kasar yang menggerus bagian atas bos lantaran bersentuhan pribadi menggunakan rotor atau as. Nah, bila anda mengalami hal serupa maka alangkah baiknya anda hindari sementara pemakaian kipas anginnya karena jika bos sudah mengalami aus, umumnya rotor atau as juga akan ikut aus jika kipas angin terus digunakan dan tentu saja ausnya rotor tersebut dampak tergerus oleh bos yg aus tersebut.
Jadi, lebih baik anda hindari ad interim pemakaian kipas anginnya dan lalu segera melakukan pemugaran yakni dengan mengganti bos yang telah aus tersebut, hal ini buat mencegah terjadi kerusakan yg lebih parah lagi misalnya rusaknya rotor atau bahkan terbakarnya dinamo atau motor kipas angin.
Untuk itu pada kesempatan kali ini aku akan membahas mengenai bagaimana cara mengubah bos kipas angin yg aus, proses perbaikan ini sebenarnya cukup gampang dan anda sanggup melakukannya sendiri pada tempat tinggal tanpa perlu membawanya ke loka jasa reparasi.
Baiklah buat mengganti bos kipas angin yang aus ada beberapa tahapan yg sanggup anda ikuti misalnya pada bawah ini.
Cara Mengganti Bos Kipas Angin Yang Aus
Tentu saja pertama-tama kita harus membuka seluruh epilog kipas anginnya mulai berdasarkan pelindung baling-baling, cover depan (penutup dinamo depan) & pula gearbox yg ada dibelakang dinamo.
Setelah semua proses membongkar atau membuka yg diatas sudah selesai, maka lanjutkan menggunakan memisahkan bagian motor atau dinamo dari dudukannya (leher kipas angin). Kemudian lepaskan keempat bautnya buat mengambil kedua rumah bosnya, & jika dibutuhkan potong juga kabel yg menunjuk ke dinamonya, karena terkadang terdapat beberapa merek yg nir sanggup dilepas eksklusif kabelnya sebagai akibatnya harus memotongnya.
Lihat dalam gambar dibawah ini
Keterangan :1. Bos depan dan belakang
dua. Bagian as atau rotor yang menyentuh bos
Periksa pada ke 2 bosnya tersebut, umumnya yang seringkali rusak merupakan bos bagian depan, tetapi pula nir menutup kemungkinan bos bagian belakang mengalami kerusakan, kesimpulannya adalah anda wajib melakukan penggantian bos yang aus menggunakan yg baru meskipun wajib mengubah keduanya. Bos baru ini sanggup anda beli ditoko-toko elektronika terdekat pada wilayah anda.
Jangan lupa untuk mengecek asnya pula, umumnya akan terasa ada garis-garis yang kasar apabila diraba menggunakan tangan. Tetapi bila nir terlalu parah, ini sanggup diatasi dengan cara mengamplasnya menggunakan amplas super halus namun amplas sedikit saja lantaran cara ini hanya bertujuan buat menghilangkan bagian atas kasar atau keausan dalam asnya, lantaran rotor atau as yg aus tersebut apabila dibiarkan akan membuat bos yg baru kita ganti akan ikut aus atau rusak saat kipas angin dipakai.
Oke apabila anda sudah paham bagian bos mana yang perlu diganti, maka eksklusif saja kita lakukan penggantiannya dengan melepaskan terlebih dulu cangkang bosnya menggunakan melepas tiga pengunci misalnya pada gambar berikut.
Anda harus berhati-hati saat melepas tiga pengunci ini, gunakan obeng min untuk membengkokannya karena pengunci ini rawat patah, bengkokkan dengan berlahan sampai bisa dilepas.Apabila telah maka lepaslah dan keluarkan bosnya, jangan lupa baik-baik posisi atau urutan bagian-bagiannya.
Keterangan :1. Cangkang bos
dua. Peredam bos bawah
3. Bos
4. Peredam bos atas
lima. Rumah bos
Bersihkan setiap bagian-bagiannya seperti cangkang, peredam & bagian lainnya.
Lalu pasang bos barunya dan urutkan bagian-bagiannya seperti semula. Sebagai tambahan saja, anda bisa memberi lem untuk memperkuat 3 penguncinya, namun tetap lakukan dengan hati-hati jangan sampai bosnya terkena lem.Jangan lupa untuk memberi pelumas atau minyak pelicin pada bos barunya. Perlu diingat jangan menggunakan pelumas sembarangan semisal oli bekas atau pelumas yang kotor atau lengket, karena itu hanya akan membuat bos kipas angin anda menjadi seret atau macet kembali. Gunakan pelumas yang bagus misalnya seperti minyak mesin jahit singer yang saya gunakan dibawah ini.Setelah bos sudah diganti maka sekarang tinggal memasang kembali semua bagian-bagiannya seperti dinamo, as, gearbox dan beberapa bagian lainnya termasuk juga sambungan kabelnya jika belum tersambung.Kembalikan semuanya misalnya sediakala lalu colokan steker kipas angin ke sumber listrik & wusss angin segar pun bertiup dan menghempaskan seluruh prajurit nyamuk. Haha ..
Oke mungkin relatif sekian, semoga artikel ini sanggup membantu dan bermanfaat bagi anda seluruh, selamat mencoba dan semoga berhasil. Jika terdapat beberapa pertanyaan yang ingin disampaikan silahkan menggunakan kotak komentar dibawah.
No comments:
Post a Comment