Pages

Monday, May 4, 2020

Cara Mengecek Foot Klep Pompa Air Masih Bagus Atau Sudah Rusak

Pada artikel kali ini aku ingin membahas tentang bagaimana cara mengecek foot klep pompa air masih bagus atau telah rusak? Baiklah sebelum kita lanjutkan, mungkin ada diantara anda yg belum paham mengenai apa itu foot klep atau yang pula biasa disebut tusen klep ini. Untuk itu, disini saya akan mencoba membahasnya sekilas mengenai foot klep atau tusen klep ini agar anda lebih paham.

Umumnya setiap jenis pompa air misalnya pompa air sumur dangkal, semi jet pump atau bahkan pompa air sumur dalam (jet pump) akan memerlukan adanya pemasangan foot klep atau tusen klep ini, namun ada juga jenis pompa air lainnya yang tidak memerlukan foot klep yakni jenis pompa celup atau submersible yg memang tidak memerlukan foot klep lantaran bukan termasuk pompa air bagian atas & nir bekerja menghisap melainkan mendorong air.

Foot klep atau tusen klep merupakan keliru satu bagian penting berdasarkan sebuah pompa air yg secara teknis kerjanya merupakan membuka & menutup saluran pada pipa hisap dengan menyesuaikan kinerja yang diperlukan. Foot klep sendiri biasa dipasang dalam bagian paling bawah pipa hisap kegunaannya menjadi resistor air yang sudah naik ke atas agar tidak lagi pulang ke asal air.

Letak pemasangan foot klep
Cara kerjanya adalah ketika mesin pompa sedang bekerja menghisap air, maka klep akan terbawa aliran air dan ikut terhisap sehingga dapat terbuka dan bertumpu pada dudukannya sampai mesin berhenti menghisap, setelah mesin pompa air berhenti menghisap maka klep akan menutup kembali dengan sempurna sehingga air yang sudah naik pun tertahan dan tidak kembali lagi. (lebih jelasnya lihat pada gambar).

Gambar diatas ini ketika mesin pompa air dinyalakan dan yg terjadi adalah klep terbuka dan air terhisap ke atas.

Dan setelah mesin pompa air di matikan, air yang telah naik tertahan lantaran posisi klep telah tertutup rapat.

Oke sehabis memahami sedikit penerangan mengenai foot klep dan cara kerjanya diatas, saya rasa anda akan lebih mudah dalam mempelajari cara mengecek foot klep berikut.

Cara Mengecek Foot Klep Pompa Air Masih Bagus Atau Sudah Rusak

Untuk mengecek foot klep langkah pertama anda wajib membongkar terlebih dulu pipa hisap, kemudian cobalah isi pipa hisap tersebut dengan air sampai penuh. Nah setelah diisi air maka amatilah menggunakan akurat apakah air tersebut berkurang sehabis ditunggu beberapa saat atau bahkan langsung turun drastis pada waktu yang singkat, gejala kerusakan semacam ini umumnya terjadi dalam pompa air yg selalu ingin dipancing terlebih dulu sebelum sanggup mengeluarkan air.

Apabila air tersebut berkurang maka telah bisa dipastikan bahwa foot klep sudah rusak atau jebol, namun pada kasus lain terdapat juga penyebab klep tidak bekerja aporisma dikarenakan adanya sumbatan pada bagian katup atau klep akibat kotoran pasir atau material lainnya sehingga terjadi penurunan air.

Untuk itu, pastikanlah foot klep tidak sedang tersumbat sang kotoran, anda mampu mencoba melakukan inspeksi secara pribadi buat memastikan karena bisa saja foot klep masih dalam keadaan rupawan dan hanya mengalami masalah tersumbat kotoran.

Kebocoran dalam foot klep yang telah rusak umumnya ditandai menggunakan lamanya debit air ketika keluar disaat mesin pompa air dinyalakan. Sedangkan buat kondisi foot klep yang masih cantik umumnya nir masih ada kebocoran sedikitpun sebagai akibatnya pada saat setiap kali mesin pompa air dinyalakan maka debit air langsung keluar tanpa menunggu lama . Jika ternyata foot klep telah rusak maka aku sarankan buat anda ganti dengan foot klep berkualitas lantaran umumnya tak sporadis juga masih ada foot klep dengan kualitas rendah yang tersebar pada pasaran.

Mungkin cukup sekian dulu buat pembahasan kali ini, semoga apa yg aku bagikan ini bisa membantu perkara anda. Selamat mencoba dan semoga sukses.

No comments:

Post a Comment