Saturday, May 9, 2020

Cara Mengatasi Pompa Air Yang Tidak Berputar Dan Hanya Berdengung

Masalah kerusakan dalam mesin pompa air yang nir mau berputar dan hanya mendengung seringkali dialami sang beberapa pengguna mesin pompa air terutama bagi yg mempunyai unit pompa air dengan usia pakai yg sudah berumur. Kasus kerusakan seperti ini umumnya diasumsikan sang para pengguna pompa air kebanyakan menjadi kerusakan yg tergolong parah, sebagai akibatnya banyak diantaranya menetapkan buat pribadi membawanya ke tempat service lantaran beranggapan bahwa mesin dinamo telah terbakar.

Sebenarnya perkiraan tadi belum sepenuhnya sempurna lantaran terkadang masalah kerusakan dalam pompa air yg tidak mau berputar & hanya mendengung mampu juga ditimbulkan oleh penyebab lainnya semisal lantaran kapasitor rusak atau bearing yang macet & lain-lain. Memang sanggup dibilang bahwa umumnya kasus kerusakan dalam pompa air yang hanya mendengung tersebut kebanyakan ditimbulkan sang dinamo mesin pompa air yang sudah terbakar, tetapi pada hal ini anda sebenarnya tidak perlu gegabah saat menyikapi kasus tadi sehingga hingga-hingga anda terburu-buru buat membawanya ke tempat service.

Karena yg seharusnya perlu anda lakukan ketika mendapati kasus misalnya ini ialah melakukan analisa terlebih dahulu masalahnya atau penyebab berdasarkan unit pompa air yang nir mau berputar dan hanya mendengung tersebut. Langkah yg satu ini sangatlah disarankan buat anda lakukan lantaran mampu saja kerusakannya ternyata tidak begitu parah sehingga anda pun sanggup melakukan pemugaran sendiri tanpa memerlukan bantuan menurut tukang servis.

Nah, berikut ini adalah beberapa ulasan mengenai penyebab serta cara penanganan kasus kerusakan pompa air nir mau berputar yg bisa anda simak buat menganalisa dan mengatasi masalah dalam mesin pompa air anda di rumah.

Cara Mengatasi Pompa Air Yang Tidak Berputar Dan Hanya Berdengung

1. Tegangan Listrik Drop Atau Turun

Salah satu dari penyebab mesin pompa air yang tak mau berputar merupakan lantaran ditimbulkan sang masalah tegangan listrik yg drop atau turun, mungkin beberapa menurut kebanyakan orang masih belum memahami bahwa penurunan tegangan listrik mampu mempengaruhi kinerja hasil putaran dalam mesin pompa air. Perlu diketahui bahwa disaat tegangan listrik sahih-sahih drop maka umumnya akan ditandai menggunakan putaran dalam mesin pompa air yg agak melambat dan bahkan mampu juga nir berputar sama sekali dan hanya mendengung lantaran saking dropnya tegangan listrik.

Tentu setiap pompa air akan selalu membutuhkan suplai tegangan listrik yang sesuai yakni dikisaran 220 Volt buat standartnya, untuk itu pastikanlah tegangan yg masuk pada mesin pompa air anda telah sesuai atau mencapai nilai normalnya & buat pengecekannya sendiri anda mampu menggunakan alat bantu yaitu menggunakan memakai Volt meter atau Multitester (Avo).

Untuk masalah tegangan listrik yg drop atau turun, bisa disebabkan lantaran jalur instalasi listrik pada rumah anda yg kurang baik sering masalahnya merupakan karena kesalahan penggunaan kabel yg nir memenuhi standart semisal kabel yang terpasang terlalu mini sehingga tidak bisa menghantarkan arus listrik secara maksimal atau lantaran jeda tempuh jalur kabel yg terlalu jauh dan akhirnya membuat tegangan menjadi drop atau turun.

Selain itu, penurunan tegangan juga bisa berasal menurut jalur jaringan listrik milik PLN di lokasi anda tadi. Jika memang kasus dari menurut sini maka tak terdapat cara lain selain menghubungi pihak PLN buat segera melakukan pemugaran lantaran semua yang menyangkut jaringan listrik di tiang jalan & gardu induk adalah tanggung jawab PLN sendiri dan kita memang nir diizinkan melakukan pemeriksaan atau bahkan perbaikan pada jalur kelistrikan tersebut.

Dua. Bearing Macet Akibat Berkarat

Bearing pompa air

Source images : www.Instructables.Com Kerusakan bearing atau laher pompa air pula menjadi penyebab lainnya dari perkara pompa air nir mau berputar dan hanya mendengung, hal ini biasa diakibatkan lantaran kondisi bearing yang sudah macet sehingga mengakibatkan bunyi menunda atau mendengung pada mesin pompa air. Untuk itu, perlu pula anda lakukan inspeksi dalam bagian bearing pompa air ini menggunakan cara memutar rotor atau as secara manual menggunakan donasi tangan, selesainya diputar cobalah nikmati apakah putarannya relatif berat atau bahkan macet.

Namun untuk lebih memastikan kerusakan ini sebenarnya anda perlu melakukan pembongkaran secara pribadi pada mesin pompa air anda, kerusakan bearing atau laher ini umumnya ditandai dengan adanya keausan serta pula berkaratnya bagian tampilan luar bearing tersebut saat mesin pompa air dibongkar.

Apabila memang bearing sudah rusak maka segeralah ganti ulang menggunakan bearing yang baru, anda juga mampu mempercayakan perbaikan ini pada jasa service atau reparasi apabila tidak mampu melakukannya sendiri.

3. Kapasitor Lemah Atau Bahkan Rusak

Letak kapasitor

Source images : www.Youtube.Com Pada unit mesin pompa air rumahan yang umumnya menggunakan sistem listrik satu fasa umumnya akan didapati kapasitor menjadi penunjang kinerja berdasarkan unit pompa air tadi waktu melakukan starting atau proses awalan. Jadi, fungsi primer berdasarkan kapasitor adalah membantu kumparan atau dinamo mesin pompa air ketika melakukan proses starting atau awalan putaran mesin.

Apabila syarat kapasitor sudah lemah atau rusak maka hal ini akan mengakibatkan proses starting dalam pompa air sebagai terganggu, dan umumnya hal ini akan membuat pompa air tak mampu berputar & hanya mendengung saja. Oleh karena itu, cobalah anda periksa bagian komponen kapasitor tadi menggunakan alat ukur, anda mampu menggunakan Multitester (Avo) buat mengusut kerusakan dalam komponen kapasitor.

Kerusakan pada komponen kapasitor terkadang sanggup pribadi dikenali menggunakan melihat fisik body atau tampilan luarnya yg menggembung, pecah, bocor atau bahkan meleleh. Apabila kondisi fisik sudah demikian maka sanggup dipastikan bahwa kapasitor telah rusak.

Sedangkan bila tidak ada pertanda-indikasi yang memberitahuakn kerusakan atau sanggup dibilang tampilan fisik kapasitor masih sempurna, maka langkah yang sempurna buat mengecek kondisi kapasitor adalah menggunakan menggunakan indera ukur seperti Multitester (Avo). Jika komponen kapasitor sudah dipastikan rusak atau telah melemah maka anda perlu menggantinya menggunakan kapasitor yg sama berukuran micro farad-nya.

4. Dinamo Atau Motor Listrik Terbakar (Soak)

Source images : www.freepik.com
Selain karena kapasitor ataupun macet, penyebab lainnya dari pompa air yang tidak mau berputar dan hanya mendengung bisa disebabkan oleh kerusakan dinamo, hal ini sangatlah wajar karena kerja dari dinamo itu sendiri ialah bekerja secara mekanik atau berputar sehingga apabila kondisi dinamo telah terbakar maka tentunya hal ini dapat berimbas pada putaran mesin pompa air.

Dinamo pompa air yang terbakar atau rusak umumnya akan bisa diketahui menggunakan adanya bau gosong dalam bagian dinamo pompa air ketika dicium secara eksklusif ataupun tidak pribadi. Atau setidaknya bisa jua ditandai dengan suhu panas yang tinggi & rancu dalam saat mesin dinamo dinyalakan.

Untuk benar-sahih memastikan bahwa kondisi dinamo memang sudah rusak maka cobalah periksa terlebih dahulu apakah kondisi mesin dalam keadaan macet atau nir. Jika ternyata terdapat macet maka mampu dimungkinkan kondisi dinamo masih pada keadaan baik-baik saja, akan namun apabila tidak terdapat kemacetan maka kemungkinan besar kerusakannya ada dalam komponen dinamo mesin pompa air anda.

Untuk perbaikan dinamo mesin pompa air sendiri, anda sanggup eksklusif membawanya ke loka jasa service lantaran perbaikan dalam bagian dinamo umumnya memerlukan seahlian yang khusus sebagai akibatnya tidak semua orang mampu melakukannya. Meski biaya perbaikannya sendiri terbilang cukup mahal namun langkah ini mampu dibilang cukup tepat daripada anda wajib membeli unit mesin pompa air yg baru.

Lima. Penyebab Lainnya

Dalam masalah lain, pompa air yg nir mau berputar dan hanya mendengung ternyata juga mampu ditimbulkan oleh adanya kemacetan dalam bagian impeller (baling-baling hisap). Kemacetan dalam bagian ini pun ternyata disebabkan oleh kotoran material pasir yang mengganjal laju mesin pompa air ketika menyala atau sanggup juga lantaran zat oksidasi yang merekat pada ruang impeller akibat pompa air usang tidak dipakai sebagai akibatnya hingga menciptakan dinamo tak sanggup berputar sama sekali saat baru dinyalakan.

Untuk mengatasi hal ini sebenarnya cukup mudah karena anda tinggal membersihkan bagian ruang impeller tersebut berdasarkan kotoran karat atau material pasir.

Beberapa kasus yg lainnya stagnasi juga terjadi lantaran adanya kerak atau kotoran karat yang menempel pada ruang lebih kurang dinamo di bagian dalam, biasanya kerak atau kotoran karat ini mampu timbul lantaran debu atau dampak korosi yg terjadi dalam besi kern yang biasanya dialami karena kesalahan penempatan penggunaan pompa air semisal terkena tetesan air hujan atau lantaran kelembaban udara dalam lokasi penempatan pompa air tersebut dipasang.

Permasalahan ini biasanya masih dapat teratasi dengan cara membantu proses menghidupkan mesin ketika melakukan putaran awal yaitu menggunakan jalan memutar kipas pendingin dibagian belakang menggunakan obeng sambil menyalakan mesin pompa air agar dapat berputar.

Baiklah mungkin cukup sekian dulu buat artikel kali ini semoga sanggup bermanfaat & dapat membantu masalah anda. Apabila terdapat yg ingin di sampaikan silahkan gunakan kotak komentar dibawah.

No comments:

Post a Comment

Home Furniture Store