Pages

Tuesday, May 12, 2020

Tips Merawat Rice Cooker Agar Tidak Mudah Rusak

Source images : Thinkstockphotos.com
Dalam setiap harinya para ibu-ibu rumah tangga selalu menyajikan makanan dengan menanak nasi, rice cooker yang merupakan alat penanak nasi seakan-akan menjadi sahabat dekat yang sulit dipisahkan.

Memang sanggup dikatakan alat perabotan rumah tangga yg satu ini sangat krusial untuk menunjang kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari, sebab menggunakan adanya rice cooker maka pekerjaan menanak nasi akan menjadi lebih gampang & praktis.

Seiring menggunakan lamanya penggunaan, rice cooker juga sewaktu-ketika mampu mengalami kerusakan, kita jua nir bisa memakai rice cooker secara sembarangan, lantaran meskipun dengan kesalahan yang terbilang sepele saja bisa berdampak sangat tidak baik pada rice cooker.

Rice cooker akan cepat rusak jika kita terlalu acapkali melakukan kesalahan-kesalahan tersebut.

Maka berdasarkan itulah diharapkan yg namanya perawatan pada rice cooker, karena dengan perawatan tersebut akan membuat umur rice cooker akan lebih terjaga sehingga rice cooker tidak gampang rusak.

Ada beberapa tips dalam melakukan perawatan rice cooker diantaranya sebagai berikut :

1. Biasakan Mencabut Colokan Rice Cooker Ketika Sedang Tidak Digunakan

Setiap kali anda terselesaikan memakai rice cooker baik itu setelah mengolah ataupun menghangatkan nasi, biasakanlah buat mencabut colokan rice cooker.

Usahakan juga buat mengurangi pemakaian rice cooker dalam hal menghangatkan nasi, meskipun rice cooker terkini waktu ini mampu menghangatkan nasi selama 24 jam, namun tetap saja kurang disarankan lantaran selain membuat nasi sebagai keras, hal ini jua bisa memboroskan tagihan listrik kita.

Memberi kesempatan rice cooker buat beristirahat juga diperlukan buat menjaga rice cooker supaya tetap awet atau nir mudah rusak.

2. Sesuaikan Kapasitas Atau Takaran Saat Memasak Nasi

Source images : id.m.wikihow.com
Ketika menanak nasi anda juga harus memperhatikan kapasitas atau takarannya, hindari memasak nasi yang terlalu berlebihan karena dapat menyebabkan nasi susah matang atau nasi meluber keluar, tentunya hal ini bisa membuat nasi yang kita masak akan terbuang percuma.

Perlu juga diketahui bahwa norma semacam ini jua bisa Mengganggu rice cooker kita. Oleh karena itu, sesuaikanlah takaran nasi waktu ingin mengolah.

3. Jangan Mencuci Beras Menggunakan Wadah Panci Rice Cooker

Source images : youtube.com
Mungkin sudah banyak diantara kita yang sering mencuci atau membersihkan beras yang ingin dimasak dengan menggunakan wadah panci rice cooker, meskipun saat ini produk rice cooker sudah lebih canggih, namun tetap saja tidak disarankan untuk mencuci beras di dalam wadah panci rice cooker tersebut.

Banyak orang yang tidak memahami bahwa menggunakan mencuci atau membersihkan beras yg akan dimasak memakai wadah panci rice cooker dapat merusak lapisan yang ada dalam panci rice cooker tersebut.

Jika hal demikian seringkali berulang atau telah menjadi norma, maka bukan nir mungkin lapisan anti lengket yang ada pada panci rice cooker tersebut terkikis, sebagai akibatnya menciptakan nasi yg dimasak akan sebagai lengket.

4. Selalu Lakukan Pengecekan Pada Penampung Uap Air

Perlu pula diperhatikan buat selalu memastikan keadaan penampung uap air dalam rice cooker. Apabila masih ada air dalam penampung uap air tersebut, maka lakukan pembersihan atau buang air tadi dengan segera, lantaran apabila kita membiarkannya terus menerus selama berhari-hari, hal ini dapat menyebabkan bau yg nir sedap & nasi yg kita masak pun jua akan berkurang kelezatannya.

5. Bersihkan Rice Cooker Dengan Cara Yang Benar

Source images : m.wikihow.com
Dalam mencuci sebuah rice cooker, diperlukan langkah yang tepat agar tidak terjadi kerusakan, misalnya saat mencuci wadah panci kita harus berhati-hati agar lapisan anti lengket pada panci tidak rusak atau terkelupas.

Apabila ingin membersihkan nasi sisa yg masih menempel di bagian wadah panci, cara yg sahih merupakan menggunakan merendam wadah panci dengan air hangat, kemudian pisahkan beberapa ketika sampai sisa nasi yang menempel dalam wadah panci tersebut melunak.

Dan selesainya itu, bersihkan residu nasi tadi menggunakan spon yang halus. Jangan memakai benda yang keras atas kasar misalnya sendok makan dan lainnya, agar lapisan panci tidak rusak.

Dan pula jangan lupa buat membersihkan bagian dalam rice cooker menggunakan melepas baut terlebih dahulu, umumnya di bagian dalam rice cooker akan ada debu atau residu nasi kering yg jatuh pada dalamnya.

6. Pastikan Bagian Luar Wadah Panci Dalam Keadaan Kering

Source images : kalteng.tribunnews.com
Saat hendak ingin memasak nasi, pastikan wadah panci bagian luar dalam keadaan kering sebelum dimasukkan ke dalam rice cooker, jika keadaannya masih basah lap terlebih dulu bagian luarnya ini sampai kering baru taruh kedalam.

Kesalahan yang tak jarang terjadi ketika hendak mengolah nasi adalah menempatkan wadah dalam keadaan basah bagian luarnya ke dalam rice cooker. Padahal kebiasaan ini merupakan galat satu penyebab mudah rusaknya rice cooker.

Demikian buat artikel kali ini mengenai Tips Merawat Rice Cooker Agar Tidak Praktis Rusak, semoga berguna.

No comments:

Post a Comment