Tuesday, May 12, 2020

Inilah 5 Cara Memasak Nasi Di Rice Cooker Agar Tidak Lembek

Source images : www.bonappetit.com
Nasi merupakan sumber makanan pokok kita sehari-hari, dengan memakan nasi maka tubuh kita akan menjadi lebih kuat dan bertenaga karena adanya kandungan karbohidrat dalam nasi yang merupakan sumber energi untuk mahkluk hidup seperti halnya kita manusia yang sangat membutuhkannya.

Apabila kita kekurangan makanan berkarbohidrat tinggi seperti halnya nasi ini, maka pada melakukan aktivitas kita akan gampang lelah atau tubuh kita akan terasa berat atau kurang bertenaga.

Maka berdasarkan itu, pastikan bahwa anda memakan makanan yg mengandung karbohidrat, termasuk nasi menggunakan porsi yg cukup buat tubuh anda. Terutama bagi anda yang melakukan kegiatan berat yg mengeluarkan poly tenaga.

Tetapi, terkadang niat buat memakan nasi dengan porsi yang cukup atau bahkan lebih berdasarkan umumnya bisa terhalang dikarenakan oleh tekstur nasi yang terlalu lembek atau terlihat seperti setengah bubur.

Nasi yg terlalu lembek memang kurang enak waktu disantap lantaran cita rasanya akan cenderung misalnya memakan bubur daripada nasi.

Pada umumnya nasi yang lembek tadi disebabkan lantaran kesalahan dalam mengolah nasi, & salah satu kesalahan yang sering terjadi merupakan karena takaran air yang dibubuhi terlalu poly.

Oleh karenanya, anda harus lebih cermat dalam mengolah nasi supaya nasi yg anda masak nanti teksturnya pas atau tidak terlalu lembek.

Bagi anda yang ingin mengolah nasi yang pulen dan nir lembek, maka silahkan simak artikel berikut adalah mengenai cara-cara memasak nasi agar tidak lembek.

Cara Memasak Nasi Di Rice Cooker Agar Tidak Lembek

1. Kenali Jenis Beras Yang Akan Dimasak Terlebih Dahulu

Source images : www.organicfacts.net
Apabila anda tidak mau beras yang nantinya akan dimasak menjadi lembek, maka sangat penting untuk mengetahui terlebih dahulu jenis beras yang akan anda masak tersebut.

Perlu buat anda ketahui bahwa setiap jenis beras mempunyai kebutuhan dosis air yang bhineka. Tidak semua jenis beras dapat kita masak dengan dosis air yg sama, dan pada kenyataannya terdapat beras yg hanya membutuhkan sedikit air agar teksturnya tidak terlalu lembek atau bahkan terdapat juga beras yg membutuhkan banyak air supaya teksturnya menjadi pulen.

Jika telah demikian maka kita harus mengetahui terlebih dahulu dosis air pada jenis beras yang akan dimasak. Untuk mengetahui kebutuhan dosis air jenis berasnya maka perlu dilakukan percobaan mini -kecilan, tentunya ini bertujuan agar tidak terlalu poly membuang nasi jika percobaan tadi mengalami kegagalan.

Lakukan percobaan tersebut sampai menemukan takaran air yg pas buat jenis beras pilihan anda, jika dibutuhkan anda sanggup mencatatnya sekalian.

Setelah mengetahui dosis air yang pas maka selanjutnya anda sanggup mengolah nasi dalam jumlah banyak sekaligus tanpa kawatir nasinya akan sebagai lembek.

2. Selalu Tiriskan Air Sampai Benar-benar Kering Setelah Mencuci Beras

Source images : wikihow.com
Sebelum beras akan dimasak biasanya kita akan mencuci terlebih dulu beras tersebut, akan tetapi kebanyakan orang tidak meniriskan air sampai benar-benar kering setelah melakukan proses pencucian beras tersebut, sehingga hal ini membuat bertambah banyaknya penggunaan air ketika memasak nasi.

Lantaran residu air dari mencuci beras ini menambah takaran air, maka hasilnya nasi yg dimasak akan menjadi lembek.

Oleh karena itu, selalu tiriskan air hingga benar-sahih kemarau sehabis mencuci beras, pastikan dosis airnya nir terlalu poly, apabila kesulitan meniriskannya anda mampu memakai saringan.

Tiga. Gunakan Takaran Perbandingan Yang Pas Antara Air Dengan Beras

Source images : www.yummy.ph
Sebenarnya jika kita sudah tahu takaran yang pas antara air dengan beras, maka dalam hal menjaga nasi yang dimasak agar tidak lembek akan sangat mudah.

Anda dapat memakai dosis perbandingan yakni beras 1 : 2 air, yg adalah bila beras yg akan dimasak dalam jumlah 1 gelas maka air yg dibutuhkan merupakan 2 gelas dengan wadah takaran yang sama.

Perbandingan ini merupakan buat dosis beras putih dalam umumnya, dengan menggunakan perbandingan tadi maka anda mampu menciptakan nasi yang pulen dan tidak lembek, tetapi bila ternyata nasi yg dimasak masih saja lembek, anda hanya perlu mengurangi sedikit dosis airnya buat mengatasi nasi lembek tersebut.

4. Masak Secara Terpisah Jika Ada Jenis Beras Lebih Dari Satu

Source images : m.timesofindia.com
Jika anda bermaksud ingin menghemat pemakaian energi listrik dengan cara memasak lebih dari satu jenis beras sekaligus dalam satu wadah panci rice cooker, maka dalam hal ini penghematan listrik yang anda maksudkan akan berhasil, akan tetapi perlu juga anda ketahui bahwa jika kita memasak lebih dari satu jenis beras sekaligus, katakanlah kita sedang memasak dua beras yang berbeda semisal beras putih dan beras merah, maka yang akan terjadi adalah kegagalan pada salah satunya.

Seperti yg sudah aku bahas diatas buat perbandingan dosis beras putih adalah beras 1 : 2 air, sedangkan buat beras merah perbandingannya adalah beras 1 : 4 air, jadi telah jelas bila kita menggabungkan dua jenis beras tersebut maka akan mengalami kegagalan pada salah satunya, seumpama kita menerapkan perbandingan takaran beras merah, maka beras putih yg dimasak akan menjadi lembek.

Cara mengolah nasi pada rice cooker agar tidak lembek merupakan menggunakan memisahkan setiap jenis beras, bahkan terkadang tidak hanya memisahkan antara jenis beras saja, dalam perkara lainnya terkadang juga harus memisahkan 2 brand beras sekalipun.

5. Masaklah Nasi Tanpa Menambahkan Garam Atau Mentega

Source images : www.dreamstime.com
Mungkin dengan menambahkan nasi yang akan dimasak dengan tambahan garam ataupun mentega akan membuat cita rasa nasi menjadi lebih lezat dan gurih. Namun, sayangnya penambahan mentega atau garam tersebut hanya akan membuat nasi yang kita masak menjadi lembek. Itu karena baik mentega atau garam tersebut dapat membuat nasi cepat lunak dan hancur.

Jika ingin menambahkan garam atau mentega sebenarnya nir kasus asalkan kita tahu kapan harus menambahkannya, apabila memang anda ingin menambahkan garam atau mentega dalam nasi maka usahakan tunggu sampai nasinya matang. Setelah nasi yg anda masak tersebut sudah matang, segera masukkan bahan-bahan tersebut kemudian kemudian aduk rata secara manual agar bahan tercampur merata.

Itulah 5 cara memasak nasi di rice cooker agar tidak lembek, semoga menggunakan membaca artikel ini anda bisa mengatasi masalah nasi lembek waktu mengolah.

Oke relatif sekian untuk artikel kali ini dan semoga mampu berguna bagi anda seluruh.

No comments:

Post a Comment

Home Furniture Store