Pages

Friday, May 1, 2020

Diagram Instalasi Penerangan satu lampu dikendalikan dari tiga tempat (saklar tukar dan silang)

Pada kesempatan kali ini aku akan memberikan diagram instalasi satu lampu yang sanggup dikendalikan dari tiga tempat dengan menggunakan 2 jenis saklar yakni saklar tukar & saklar silang. Yang saya maksud dikendalikan diatas merupakan dapat menghidupkan dan mematikan lampu menurut galat satu ketiga tempat tadi.

Instalasi misalnya ini sangat cocok pada terapkan pada bagian bangunan atau ruangan seperti tangga, lorong, koridor dan lain-lain. Berbeda dengan artikel aku sebelumnya yang membahas tentang diagram instalasi 2 loka menggunakan saklar tukar, buat 3 tempat kita membutuhkan satu buah saklar silang sebagai tambahannya, berbeda dengan saklar tukar, saklar silang memiliki dua input & 2 output yg bekerja menyilang. Untuk lebih memudahkan anda dalam memahaminya silahkan lihat gambar pada bawah ini.

Instalasi Penerangan satu lampu dikendalikan dari tiga tempat (saklar tukar dan silang)

- Single Line Diagram (diagram satu garis)

- Wiring Diagram (diagram pengawatan)

Jika anda belum mengerti simbol-simbol pada diagram diatas, silahkan pahami dulu dengan membaca artikel saya yang lainnya tentangSimbol-simbol instalasi penerangan

Demikian buat artikel ini semoga bisa berguna. Silahkan meninggalkan pesan, masukan, koreksi juga kritik pada kolom komentar di bawah.

No comments:

Post a Comment