Tuesday, June 9, 2020

5 Cara Jitu Merancang Kerajinan dengan Bahan Tekstil

5 Cara Jitu Merancang Kerajinan dengan Bahan Tekstil - kegiatan pertama yang harus dilakukan dalam merancang kerajinan dengan bahan tekstil adalah Mencari Ide seperti produk kerajinan apa yang hendak dibuat? Mengapa produk kerajinan tersebut dibuat? Siapa yang menggunakan produk kerajinan tersebut? Bahan/material apa saja yang akan dipakai? dan sebagainya.

Selanjutnya yg wajib dilakukan merupakan Membuat Gambar/Sketsa yaitu menggunakan menciptakan beberapa rencana atau rancangan berdasarkan produk kerajinan yg akan dibuat.

Ketiga, Pilih Ide Terbaik yaitu dengan mempertimbangkan wangsit mana yg terbaik, menyenangkan & bisa buat dibuat.

Keempat, mulailah Perencanaan Produksi buat proses produksi atau proses pembuatan kerajinan menggunakan bahan tekstil

Terakhir, mulai buat Pembuatan Kerajinan dengan tahap persiapan loka kerja, bahan & alat. Tahap berikutnya pengerjaan. Diakhiri dengan evaluasi terhadap produk kerajinan yang sudah dibentuk.

5 Cara Jitu Merancang Kerajinan dengan Bahan Tekstil

Berikut ini adalah lima Cara Jitu Merancang Kerajinan menggunakan Bahan Tekstil.

#5 Cara Merancang Kerajinan dengan Bahan Tekstil

1. Mencari Ide

Kita sudah mengetahui beberapa kekayaan tekstil di Indonesia dan tekstil spesial wilayah, produk-produk kerajinan tekstil, material, proses, dan indera yg diperlukan buat menciptakan kerajinan tekstil.

Apresiasi dan pengetahuan kita terhadap hal-hal tersebut dapat mengakibatkan pendorong munculnya pandangan baru buat pembuatan karya produk berdasarkan bahan tekstil. Ide sanggup ada secara nir berurutan tetapi jua timbul secara lengkap.

Kita sanggup saja mempunyai wangsit tentang suatu motif unik yang akan segera dibentuk. Ide motif tadi akan menuntut kita buat memikirkan teknik apa yg sangat tepat buat dipakai dan produk apa yg sangat tepat untuk menggunakan motif tadi. Kita jua mampu saja menerima inspirasi atau bayangan terhadap sebuah produk yang ingin dibentuk, material, proses & indera yang akan dipakai secara utuh.

Untuk mempermudah dalam mencari pandangan baru atau gagasan untuk rancangan kerajinan tekstil, mulailah dengan memikirkan hal-hal penting berikut ini.

5 Cara Jitu Merancang Kerajinan dengan Bahan Tekstil

  • Produk kerajinan apa yang rencananya akan dibuat?
  • Mengapa produk kerajinan tersebut dibuat?
  • Siapa yang akan menggunakan produk kerajinan tersebut?
  • Bahan/material apa saja yang akan dipakai?
  • Warna dan/motif apa yang digunakan?
  • Adakah teknik pewarnaan tertentu yang akan digunakan?
  • Bagaimana proses pembuatan produk kerajinan tersebut?
  • Alat apa yang dibutuhkan?

Ide jua bisa diperoleh menggunakan bereksperimen, model eksperimen menggunakan teknik pewarnaan rintang warna. Cobalah untuk menggunakan beberapa warna yg disusun pada komposisi 1 (satu) motif. Coba juga menggunakan beberapa variasi. Anda pula bisa untuk mencoba menciptakan motif sendiri.

2. Membuat Gambar/Sketsa

Cobalah buat membuat planning atau rancangan buat produk kerajinan yg akan dibentuk. Gambarkan ide-ilham rancanganmu dalam sebuah kitab atau lembaran kertas, dengan memakai pensil, spidol atau bolpoin dan lebih bagusnya buat menghindari penggunaan menurut penghapus.

Mulailah menggunakan menarik garis tipis-tipis terlebih dahulu. Apabila ada garis yg dirasa kurang sinkron, biarkan saja, buatlah garis lain dalam bidang kertas yang sama.

Demikian seterusnya Anda berani menarik garis dengan tegas dan tebal. Gambarkan idemu menggunakan sebesar-banyaknya, bisa pula menggunakan berupa variasi produk, satu produk yg memiliki fungsi yang sama, tetapi dengan bentuk yg tidak serupa, produk menggunakan bentuk yang sama menggunakan warna & motif berbeda.

3. Pilih Ide yang Terbaik

Selanjutnya, Anda harus berusaha buat membentuk poly wangsit-ide, kemudian menggambarkannya atau menuangkannya melalu sketsa, pertama-tama Anda wajib mempertimbangkan wangsit mana yg terbaik, menyenangkan, dan memungkinkan buat segera dibentuk.

4. Perencanaan Produksi

Tahap berikutnya, merupakan dengan membuat sebuah perencanaan yang matang guna buat proses produksi atau proses pembuatan kerajinan menggunakan bahan tekstil. Tuliskan mekanisme dan langkah-langkah kerja secara jelas, rinci dan lebih jelasnya.

Lima. Pembuatan Kerajinan

Tahap terakhir, pembuatan kerajinan dimulai dengan tahap persiapan tempat kerja, bahan, dan alat. Selanjutnya adalah pengerjaan. Kerjakan setiap tahap sesuai dengan perencanaan produksi terlebih dahulu yang sudah dibuat sebelumnya.

Pembuatan kerajinan dengan bahan tekstil diakhiri menggunakan penilaian terhadap produk kerajinan yg telah dibuat, apakah produk tadi bisa berfungsi dengan amat baik? Apakah telah sinkron dengan ilham, bayangan, & harapan kita? Apabila belum, perbaikan apa yg wajib dilakukan supaya produk kerajinan yg dihasilkan lebih berkualitas.

Baca jua:Proses, Teknik, dan Alat Kerajinan Tekstil

Demikianlah artikel kali ini mengenai 5 Cara Jitu Merancang Kerajinan dengan Bahan Tekstil. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terimakasih.

Sumber: Buku Prakarya dan Kewirausahaan Kelas X

No comments:

Post a Comment

Home Furniture Store