Pages

Tuesday, June 9, 2020

Aneka Rempah rempah Indonesia

Rempah-rempah merupakan bagian flora yang beraroma atau berasa bertenaga yg digunakan dalam jumlah kecil pada kuliner sebagai pengawet atau perisa dalam masakan. Rempah-rempah sudah dipakai beribu-ribu tahun yang lalu. Rempah-rempah pun menjadi incaran para penjajah sejak abad 15-16. Aroma khas rempah sebagai daya tarik bagi para pencinta rempah terutama negara Eropa & Asia. Rempah-rempah bisa tumbuh subur di tempat tropis sehingga para kolonial Portugis, Inggris dan Belanda menguasai Asia hanya buat menjajah rempah-rempah dalam ketika itu.

Masakan menurut aneka macam daerah pada Indonesia populer menggunakan kelezatan rasa serta aromanya. Kunci kekuatan rasa terletak pada bumbu dan rempah-rempah hasil pertanian. Rempah?Rempah di Indonesia adalah jenis rempah-rempah yg sangat berkualitas. Pada zaman penjajahan Belanda atau ketika bangsa Barat berdatangan, tujuan mereka sebenarnya ingin membeli atau mencari rempah-rempah karena tempat mereka pada sana tidak ada rempah-rempah atau tumbuhan yg bisa membentuk kehangatan pada waktu terjadi isu terkini dingin.

Hingga saat ini kualitas rempah-rempah Indonesia masih terbilang sangat mujarab atau ampuh untuk mengobati atau mencegah penyakit di samping menjadi penghangat tubuh. Tak hanya kaya bumbu, penanaman rempah-rempah yang dimiliki Indonesia juga menjadikannya tumbuh subur. Semua rempah-rempah jika ditanam pada Indonesia niscaya hasilnya sangat baik. Indonesia mudah dijajah negara lain lantaran adanya faktor iri dengan hasil rempah-rempah.

Kandungan yg Terdapat pada Rempah-Rempah

Para ahli global berkesimpulan mengenai banyaknya manfaat dalam tiap jenis rempah-rempah di Indonesia di antaranya mengandung antioksidan, antibakteri, antikhamir, antikanker, antiseptik, antibiotik.

Antioksidan adalah zat pengikat radikal bebas yg ditimbulkan menurut lingkungan yg tidak baik & bisa memicu pertumbuhan penyakit pada tubuh kita dan radikal bebas menjadi suatu hal yang sangat rentan terhadap tubuh kita apalagi pada zaman globalisasi ini.

Daerah Pertanian Penghasil Rempah-Rempah

Indonesia termasuk galat satu negara penghasil rempah-rempah terbesar di global. Lantaran rempah-rempah itu pula lah Indonesia pernah di jajah negara lain. Tetapi, menurut nama rempah-rempah yg terdapat di Indonesia, berikut beberapa rempah-rempah yang paling tersohor pada Indonesia, yaitu.

  • Lada/Merica. Provinsi Lampung adalah provinsi penghasil lada hitam terbesar. Lada putih banyak dihasilkan di Provinsi Bangka. Daerah lain penghasil lada adalah DI Aceh, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Timu, Lampung, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, dan DI Yogyakarta.
  • Cengkih, Provinsi Maluku adalah penghasil cengkih terbesar. Daerah penghasil lainnya adalah Sulawesi Utara, Aceh, Sumatera Barat, Lampung, dan Jawa Tengah
  • Pala adalah komoditas nomor dua di zaman VOC. Daerah penghasil pala, antara lain Bengkulu, Maluku, Papua, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Utara.
  • Jahe, kehangatan dari jahe sangat terkenal di Benua Eropa. Jahe dapat tumbuh subur di semua wilayah.
  • Kayu manis, kayu manis banyak terdapat di daerah Jambi, Sumatera Barat, dan DI Yogyakarta.
  • Bawang merah,  di Indonesia  saat ini penghasil terbesar bawang merah  ada  di daerah Kabupaten Brebes yang terletak Propinsi  Jawa  Tengah. Daerah lainya adalah  Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan.
  • Kemiri, daerah penghasil kemiri antara lain Mamuju Provinsi Sulawesi Barat, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat,
  • Kapulaga dihasilkan terutama dihasilkan secara komersial dari Jawa Barat dan Sumatra bagian selatan.

Macam-Macam Rempah-Rempah pada Indonesia

Di Indonesia sangat terkenal akan kekayaan rempah-rempah. Banyak sekali rempahrempah yang dihasilkan di negara kita, pada antaranya adalah : Ketumbar, cengkih, merica atau lada, kayu cantik, kencur, jahe, pala, bawang merah, bawang putih, kemiri, jintan, kapulaga, kalabet, kapulaga, cabe, bangle, asam kandis & asam jawa, temulawak.

rempah adalah bagian tumbuhan yang beraroma atau berasa kuat yang digunakan dalam jumlah k Aneka Rempah rempah Indonesia

1. Bawang

Bawang merah & bawang putih adalah galat satu tanaman sayuran yg sebagai sajian utama hampir dalam seluruh jenis kuliner menggunakan fungsi sebagai penyedap masakan & khasiat bagi manusia. Daerah penghasil bawang banyak masih ada pada daerah Kalimantan Barat & Kalimantan Selatan.

Dua. Cengkih

Cengkih merupakan rempah-rempah purbakala yg telah dikenal dan digunakan semenjak ribuan tahun sebelum Masehi. Pohonnya adalah flora asli Kepulauan Maluku (Ternate & Tidore), yang dahulu dikenal sang para penjelajah menjadi Spice Islands. Cengkih pernah menjadi salah satu rempah yang paling terkenal & mahal di Eropa, melebihi harga emas.

Tiga. Kayu Manis

Sebuah studi menemukan bahwa menambahkan kayu cantik ke dalam kuliner pencuci verbal dapat menekan kadar gula darah tanpa menghilangkan rasa anggun. Kayu manis poly terdapat di wilayah Jambi, Sumatra Barat, & DI Yogyakarta.

4. Lada

Lada terutama dihasilkan di Pulau Bangka. Lada mempunyai manfaat buat melegakan saluran pernapasan & melancarkan aliran darah pada kurang lebih ketua. Rasa pedas dan hangat dari lada banyak digunakan untuk mengobati influenza, mual dampak masuk angin, kepala pusing dan perut kembung. Lada juga digunakan sebagai bumbu kuliner.

Lima. Ketumbar

Ketumbar adalah tumbuhan rempah-rempah yang populer. Bentuknya mirip lada namun kulitnya lebih kasar. Berbagai jenis masakan tradisional Indonesia kerap menggunakan bumbu berupa biji berbentuk butiran beraroma keras yang dinamakan ketumbar. Dengan tambahan bumbu tersebut, aroma masakan akan lebih nyata. Biasanya, tumbuhan ini ditanam di kebun-kebun daerah dataran rendah dan pegunungan.

6. Kemiri

Biji kemiri yang berbentuk bulat,banyak mengandung minyak,berfungsi sebagai penambah rasa gurih dalam masakan.kemiri juga bisa sebagai pengganti santan. Masakan yang berbumbu kemiri antara lain, opor, pepes, gulai,rempeyek. Di Indonesia, kemiri dikenal dengan banyak nama. Di antaranya, kembiri, gambiri, hambiri (Bat.); kemili (Gayo); kemiling (Lamp.); buah kareh (buah keras, Mink.; Nias); keminting (Day.). Juga muncang (Sd.); dèrèkan, pidekan, miri (Jw.); kamèrè, komèrè, mèrè (Md.); dan lain-lain.

7. Kapulaga

Biasanya dipergunakan untuk bahan penyedap masakan dan kue. Di Indonesia banyak ditanam di Jawa barat dan jawa tengah. Kapulaga yang bentuknya lebih besar, disebut Kapul putih, bijinya berguna sebagai obat, akarnya direbus untuk diminum menyembuhkan kejang perut.sedangkan bila bijinya dihaluskan ditambah air bisa untuk obat gosok. Ada dua macam kapulaga yang banyak digunakan di Indonesia, yakni kapulaga Jawa (Amomum compactum) dan kapulaga sabrang atau kapulaga India.

8. Jahe

Jahe (Zingiber officinale), adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasa dominan pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron. Pada zaman kolonialisme, jahe yang bisa memberikan rasa hangat dan pedas pada makanan segera menjadi komoditas yang populer di Eropa.

9. Jinten

Jinten biasanya tumbuh di daerah yang beriklim dingin atau didaerah  pegunungan. Jinten bentuknya

hampir seperti gabah namun lebih halus,jinten sering dicampur dengan ketumbar sebagai bahan penyedap masakan daging.Seperti ketumbar, minyak jintenpun bisa dipergunakan untuk likeur. Biji jinten yang beraroma wangi,rasanya agak pedas. Jinten juga berkhasiat untuk menghangatkan badan dan memperkuat pencernaan  pada lambung.

10. Bangle

Bangle merupakan keliru satu tanaman rempah-rempah anggota suku temu-temuaan. Rimpangnya dimanfaatkan menjadi bumbu dapur dan bahan pengobatan. Tumbuhan ini dikenal diberbagai tempat dengan nama yang bervariasi: mungle (Aceh), bungle (Tapanuli), kunik bolai (Rana Minang), banglee'iy (Rejang), panglai (Pasundan/Sunda), pandhiyang (Madura), bale (Makassar), panini (Bugis), unin makei (Ambon).

11. Asam Kandis

Asam kandis dimanfaatkan buahnya. Rasa buah masam, sedangkan kulit buah rasanya asam kelat dan dijadikan bumbu dapur, selai, campuran kari, serta buah segar dibuat acar. Asam kandis banyak dipakai dalam masakan dari Sumatera, seperti pindang ikan dan pindang daging. Pemanfaatan lain adalah sebagai sumber bahan pewarna.

12 Kencur

Kencur adalah salah satu jenis rempah-rempah yang tergolong dalam suku temu-temuan. Rimpang tanaman ini mengandung minyak atsiri dan alkaloid yang dimanfaatkan sebagai stimulan. Nama lainnya adalah cekur (Malaysia) dan pro hom (Thailand). Tanaman kencur dapat mudah tumbuh di daerah dataran pegunungan yang tanahnya gembur. Dalam dunia pengobatan, manfaat kencur telah terbukti dapat mengobati berbagai macam penyakit. Diantaranya sebagai obat untuk masuk angin, mengobati radang lambung, dan sebagai obat batuk

13. Asam Jawa

Asam jawa, asam atau asem adalah sejenis buah yang masam rasanya; biasa digunakan sebagai bumbu dalam banyak masakan Indonesia sebagai perasa atau penambah rasa asam dalam makanan, misalnya pada sayur asam atau kadang-kadang kuah pempek. Buah yang telah tua, sangat masak dan dikeringkan biasa disebut asem kawak. Nama "asam jawa" dipakai oleh orang Melayu karena dipakai dalam masakan Jawa. Tumbuhan ini sendiri didatangkan oleh orang-orang dari India.

14. Cabai

Buahnya cabai merah dapat digolongkan sebagai sayuran maupun bumbu, tergantung bagaimana digunakan. Sebagai bumbu, buah cabai yang pedas sangat populer di Asia Tenggara sebagai penguat rasa makanan. Cabai merupakan salah satu komoditas sayuran yang banyak dibudidayakan oleh petani di Indonesia karena memiliki harga jual yang tinggi dan memiliki beberapa manfaat kesehatan yang salah satunya adalah zat capsaicin yang berfungsi dalam mengendalikan penyakit kanker. Selain itu kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada cabai dapat memenuhi kebutuhan harian setiap orang.

15. Keluak

Kepayang, kluwek, keluwek, keluak, atau kluak (Pangium edule Reinw. Ex Blume adalah tanaman berbentuk pohon yang tumbuh liar atau 1/2 liar. Orang Sunda menyebutnya picung atau pucung (begitu jua sebagian orang Jawa Tengah). Daging buahnya berwarna cokelat tua kehitaman dan bertekstur lunak. Daging buah itulah yang dipakai sebagai bumbu. Biji keluwek digunakan sebagai bumbu dapur kuliner Indonesia yang memberi rona hitam pada rawon, daging bumbu kluwek, brongkos, dan sup konro.

16. Kelabat

Fenugreek atau kelabat banyak digunakan dalam bumbu masakan India, Pakistan, dan Sri Lanka. Di Indonesia sendiri, rempah klabet juga sering dimanfaatkan di wilayah Aceh, sebagai bumbu dalam masakan kari, gulai, dan juga kalio. Klabet dapat digunakan untuk obat herbal herb (daunnya) dan sebagai rempah (bijinya), dikenal juga dengan nama methi). Klabet yang sudah disangrai biasanya memberikan aroma semerbak yang enak.

17. Andaliman

Andaliman asal berdasarkan kulit luar buah beberapa jenis flora anggota marga Zanthoxylum (suku jeruk-jerukan, Rutaceae). Bumbu ini dikenal orang luar daerah ini sebagai "merica batak". Andaliman mempunyai aroma jeruk yang lembut tetapi "menggigitdanquot; sehingga mengakibatkan sensasi kelu atau mati rasa pada lidah, meskipun nir sepedas cabe atau lada. Rasa kelu pada pengecap ini ditimbulkan adanya kandungan hydroxy-alpha-sanshool dalam rempah tadi.

18. Adas Manis

Adas manis atau anis (Pimpinella anisum) merupakan tumbuhan semusim. Adas manis memiliki rasa yang sedikit manis dengan aroma yang sangat khas. Tak heran jika rempah ini sering digunakan sebagai bumbu penyedap pada beberapa jenis masakan, karena  bumbu masak ini dapat memperbaiki rasa masakan, adas manis juga sering digunakan untuk campuran salad dan bahan pengganti seledri untuk sup.

19. Bunga Lawang

Bunga lawang atau pekak adalah rempah yang memiliki rasa yang mirip dengan Adas manis. Bunga lawang adalah salah satu bumbu tradisional masakan Cina.  Bunga Lawang mempunyai bau khas yang kuat. Minyak yang dihasilkan dijadikan bahan perisa dalam minuman. Bunga Lawang sebenarnya bukannya bunga, ia adalah buah yang dihasilkan oleh sejenis pohon kecil. Buahnya dipetik sebelum ranum dan dikeringkan dengan bantuan cahaya matahari.

20. Serai/Sereh

Serai atau sereh merupakan flora anggota suku rumput-rumputan yang dimanfaatkan sebagai bumbu dapur untuk mengharumkan kuliner sama halnya dengan daun salam. Cara penggunaan serai buat mengolah yaitu menggunakan dikeprak terlebih dahulu serainya sebelum digunakan atau dicampurkan menggunakan bahan masakan yg lain.

No comments:

Post a Comment