Saturday, June 6, 2020

15 Contoh Teks Prosedur Kompleks Singkat Terbaru

15 Contoh Teks Prosedur Kompleks Singkat Terbaru 2018 - Teks prosedur kompleks adalah jenis teks yang menunjukkan atau menjelaskan sebuah proses dalam membuat atau mengoperasikan sesuatu yang dikerjakan melalu tahapan-tahapan yang sistematis atau teratur.

Teks mekanisme kompleks bertujuan buat menjelaskan atau menunjukkan bagaimana mengerjakan sesuatu dengan langkah-langkah yang urut atau sistematis.

Teks mekanisme kompleks merupakan teks yg wajib memuat semua unsur yang membentuk secara lengkap sebuah teks mekanisme kompleks. Unsur yang dimaksud merupakan struktur menurut sebuah teks prosedur kompleks.

Sebuah teks mekanisme kompleks itu mempunyai 3 struktur yg terdiri berdasarkan, pertama tujuan yaitu hasil akhir yang akan dicapai selesainya merampungkan teks mekanisme kompleks. Kedua merupakan bagian material yaitu berisi kabar tentang alat & bahan yg diperlukan, namun tidak seluruh mekanisme kompleks masih ada bagian yang menunjukkan bagian material. Terakhir/ketiga adalah bagian langkah-langkah. Bagian ini menyebutkan cara-cara yg akan ditempuh supaya tujuan tercapai.

Selain memeriksa strukturnya, kita pula harus mengusut karakteristik-karakteristik dari teks mekanisme kompleks. Ciri-karakteristik teks mekanisme kompleks terdiri berdasarkan dua macam, pertama ciri-karakteristik secara generik dan ke 2 karakteristik-ciri kebahasaan.

Ciri-ciri teks mekanisme kompleks secara generik adalah langkah-langkah, disusun secara informatif, dijelaskan secara lebih jelasnya/rinci, bersifat objektif, bersifat universal, langkah berkelanjutan menggunakan penerangan, memakai kondisi/pilihan, bersifat logis, bersifat aktual & seksama. Sedangkan;

Ciri-ciri kebahasaan pada teks mekanisme kompleks merupakan terdapat kalimat deklaratif, kalimat imperatif, kalimat introgatif, partisipan manusia secara umum, verba material, verba tingkah laris, dan konjungsi temporal.

Baca jua :Teks Prosedur Kompleks Pengertian, Contoh Singkat, Struktur, Ciri-ciri, Kaidah & Tujuan

Berikut ini adalah 15 Contoh Teks Prosedur Kompleks Singkat Terbaru 2016.

15 Contoh Teks Prosedur Kompleks Singkat Terbaru

15 Contoh Teks Prosedur Kompleks

#1 Cara Membuat Email baru di Gmail

Gmail merupakan layanan surel yg dimiliki sang super besar Google. Pengguna bisa mengakses Gmail pada bentuk surat web/e-mail HTTPS, protokol POP3 atau IMAP4. Gmail diluncurkan pada bentuk Beta pada tanggal 1 April 2004 dan tersedia buat umum pada 7 Februari 2007 meski masih menyandang status Beta. Berikut ini merupakan langkah-langkah yang wajib ditempuh pada membuat Gmail menggunakan sahih.

1) Langkah pertama yang harus Anda lakukan merupakan menggunakan cara buka url http://gmail.Com

2) Kemudian klik "Create An Accountdanquot;

3) Silahkan isi form registrasi sesuai data langsung Anda.

4) Setelah mengisi form registrasi tadi sinkron data langsung Anda. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman verifikasi akun, isi dengan no. Handphone Anda dan pilih Bagaimana seharusnya mengirimkan kode verifikasi

lima) Kemudian klik lanjutkan

6) Anda akan diberi kode pembuktian yg dikirim sang Google secara otomatis ke angka handphone yang sudah Anda isikan tersebut, kemudian masukkan kode pembuktian ke pada kotak yang sudah tersedia.

#dua Cara Membuat Blog di Blogspot

Blog adalah sebuah catatan eksklusif yg dimuat dalam sebuah postingan & disimpan pada sebuah web online dan biasanya bersifat terbuka bagi siapa saja yang mengunjungi & membaca isi berdasarkan blog tadi. Untuk membuat blog pada blogspot ikuti langkah-langkah berikut ini.

1) Pertama Anda harus mengetikkan di google www.Blogger.Com

2) Pastikan Anda sudah login akun gmail

tiga) Setelah login, Anda akan diarahkan ke dashboard blogger, kemudian klik tombol "Blog baru"

4) Isi kolom judul, alamat blog dan pilih template

lima) Terakhir klik tombol "Buat blogdanquot;.

#tiga Cara Membuat Blog di Wordpress

Wordpress adalah sebuah aplikasi open source yang sangat populer digunakan untuk mesin blog (blog engine). Wordpress dibangun dalam bahasa pemrograman PHP dan database (basis data) MySQL. PHP dan MySQL merupakan perangkat lunak open source software. Bagaimana cara membuat blog di Wordpress? Ikuti  langkah-langkah dibawah ini dalam membuat blog di Wordpress.

1) Pertama Anda wajib membuka situs Wordpress

dua) Kemudian, masukkan alamat web yang ingin dibuat

3) Selanjutnya klik tombol "Buat situs webdanquot;

4) Maka akan timbul page baru. Pada page ini Anda akan diminta buat mengisi kolom-kolom, misalnya alamat email, nama pengguna (untuk login), password dan alamat blog

5) Pihak Wordpress akan mengirimkan link buat pembuktian ke email Anda. Cari email berdasarkan Wordpress & klik link verifikasinya

6) Setelah melakukan pembuktian, nanti akan terbuka tab baru pada browser Anda dan Anda akan melihat page dashboard Wordpress milik Anda.

#4 Cara Mengurus Kartu Pelajar

1) Hal yang wajib Anda lakukan pertama merupakan datang ke tempat kerja rapikan bisnis di sekolah Anda

dua) Mintalah blanko buat kartu pelajar kepada petugas yg berjaga

3) Isilah data-data yg tertera pada blanko menggunakan sahih dan jujur

4) Setelah blanko tersebut telah Anda isi, kemudian serahkan kepada petugas yang berjaga

lima) Selanjutnya, Anda akan memasuki ruang pengambilan foto

6) Setelah terselesaikan berfoto, kartu pelajar akan jadi lebih kurang 2 minggu tergantung pada sekolah Anda.

#lima Cara Mengurus Paspor

Paspor merupakan dokumen resmi yg dikeluarkan oleh pejabat yg berwenang dari suatu negara yg memuat bukti diri pemegangnya & berlaku buat melakukan perjalanan antar negara. Bagaimana cara mengurus Paspor? Berikut ini adalah cara mengurus paspor menggunakan baik & sahih.

1) Pertama datang ke tempat kerja imigrasi. Bisa tiba ke tempat kerja imigrasi yang tertera pada KTP kita atau tiba ke kantor imigrasi terdekat

dua) Kemudian Anda beli formulir permohonan, formulir permohonan terdapat pada loket yang sudah disediakan, isi dengan lengkap formulir tersebut sesuai dokumen yang Anda miliki dan bawalah dokumen yg orisinil

3) Selanjutnya serahkan formulir permohonan tadi ke loket registrasi

4) Setelah itu ambil indikasi terima dan jadwal foto serta pengambilan sidik jari

lima) Jika Anda telah berfoto dan merogoh sidik jari, maka Anda hingga pada termin wawancara dengan menerangkan dokumen asli

6) Setelah tahap wawancara telah usai, langkah berikutnya adalah membayar kitab paspor dan menandatangani kitab paspor dan minta keterangan kapan jadwal pengambilan paspor yang sudah terselesaikan

7) Pada ketika tanggal yang telah ditentukan sebelumnya, kita bisa tiba lagi untuk merogoh paspor yg sudah jadi. Biasanya dalam saat seminggu paspor baru Anda sudah terselesaikan dan mampu diambil.

#6 Cara Mengurus Visa

Visa adalah tandak bukti 'boleh berkunjung' yang diberikan buat penduduk suatu negara jika memasuki wilayah negara lain yg mempersyaratkan adanya izin masuk. Bisa berbentuk stiker visa yg bisa diapply di kedutaan negara yang akan dikunjungi atau berbentuk stempel pada paspor pada negara tertentu. Berikut ini adalah langkah-langkah yg harus ditempuh pada mengurus visa dengan sahih

1. Datang ke tempat kerja imigrasi. Bisa tiba ke kantor imigrasi yang tertera pada KTP kita atau tiba saja ke kantor imigrasi terdekat.

Dua. Membawa kondisi-syarat pembuatan visa dari Negara tujuan.

3. Kemudian anda beli formulir permohonan. Formulir permohonan ada di loket yang telah disediakan, isi menggunakan lengkap formulir tersebut sesuai dokumen yg anda miliki dan bawalah dokumen yang orisinil.

4. Serahkan formulir & kondisi-syarat permohonan visa yg sudah diisi ke loket registrasi.

Lima. Setelah itu ambil pertanda terima & jadwal foto dan pengambilan sidik jari. Untuk pengambilan sidik jari dan jadwal foto bisa tiba pada hari berikutnya bila angka antrian anda masih usang.

6. Jika anda telah foto & mengambil sidik jari, maka anda akan sampai pada termin wawancara menggunakan memperlihatkan dokumen orisinil.

7. Setelah tahap wawancara terselesaikan, langkah selanjutnya merupakan membayar buku visa & menandatangani kitab visa serta minta keterangan kapan jadwal pengambilan visa yang sudah terselesaikan.

8. Pada saat tanggal yang telah ditentukan, kita dapat datang kembali ke kantor imigrasi untuk mengambil visa yang telah jadi. Biasanya dalam waktu seminggu  visa baru anda sudah selesai dan bisa diambil.

#7 Cara Membuat Email Baru di Yahoo

Yahoo Mail atau juga diklaim Ymail merupakan sebuah layanan web email yg disediakan oleh Yahoo.Com secara perdeo. Ymail dicetuskan dalam tanggal 8 Oktober 1997 dan waktu ini Ymail merupakan web layanan email terbesar yg sebagai saingan menurut Gmail. Untuk membuat email baru di Yahoo ikuti langkah-langkah berikut adalah.

1. Pertama-tama kunjungi dulu situs resminya di www.yahoo.com (biasanya secara otomatis kamu akan diarahkan masuk ke layanan untuk berita untuk Indonesia, yang biasanya di awali dengan ‘ID’ di depannya.)

2. Setelah membuka tampilan web beritanya, nah lihat di samping kiri deretan menunya, ada tulisan ‘Mail‘ atau di sebelah kanan atas ada tulisan Sign In dan Email, silahkan pilih salah satunya, dan biar jelas perhatikan contoh gambarnya:

3. Setelah mengklik tulisan yang dilingkari merah di atas, anda selanjutnya akan masuk ke halaman berikutnya yang meminta anda mengklik tulisan “Create Account” sebagai proses awal dalam membuat akun baru yahoo anda:

4. Muncul halaman baru, tinggal isi semua data yang diminta sesuai keterangan di bawah.

5. Selanjutnya akan muncul halaman yang meminta anda melakukan verifikasi sebagai bukti bahwa anda adalah manusia dan bukan robot.

6. Jika berhasil akan muncul pesan bahwa anda sukses membuat email ymail anda kali ini sebagaimana screenshot yang ditampilkan. Selamat! Tinggal klik tombol “Persiapan Awal” untuk masuk ke dashboard surat elektronik anda.

7. Selanjutnya akan muncul pesan bahwa anda diminta memilih jenis tema yang anda sukai,.

#8 Cara Menghidupkan Komputer

Komputer adalah salah satu perangkat elektronik yang saat ini sering digunakan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Sebelum kita menggunakannya, komputer ini harus dioperasikan terlebih dahulu. Dalam pengoperasian komputer harus mengikuti setiap prosedur langkah-langkah bagaimana cara menghidupkan komputer dengan benar. Bagaimana cara menghidupkan komputer? Ikuti  langkah-langkah dibawah ini cara menghidupkan komputer dengan benar:

1. Buka penutup (cover) monitor, CPU, keyboard dan printer.

2. Pastikan saklar yang menyediakan arus listrik terhubungan dengan kabel power ke stabilizer atau CPU komputer

3. Tekan tombol power pada CPU dan tombol power monitor.

4. Komputer akan booting, tunggu proses ini sampai selesai.

5. Setelah selesai proses booting, komputer siap digunakan.

#9 Cara Mematikan Komputer

Setelah selesai dipakai, personal komputer haruslah dimatikan terlebih dahulu. Sama misalnya mekanisme menyalakan personal komputer , cara mematikan komputer juga memerluan mekanisme supaya komputer nir cepat mengalami kerusakan. Ikuti langkah-langkah yang benar dibawah ini:

1. Tutup semua program atau aplikasi yang sedang aktif

2. Klik tombol “Start” dengan mouse pada menu Dekstop

3. Klik menu “Turn Off Computer”

4. Pada kotak dialog “Turn Off Computer”, klik tombol “Turn Off”

5. Diamkan beberapa saat hingga komputer padam.

6. Tekan tombol OFF pada monitor untuk memadamkan monitor

7. Cabut kabel listrik dari jala-jala listrik

8. Tutup dengan penutup.

#10 Cara Membuat Kue Bolu Pandan

Bahan :

? 100 gram mentega, lelehkan

? 120 gram tepung gandum protein rendah

? 75 gram gula pasir (untuk putih telur)

? 50 gr gula pasir, yang butirannya lembut (buat kuning telur)

? 30 mililiter air daun suji

? 5 kuning telur

? Lima putih telur

? 1/dua sdt cream of tartar

? 1/dua sdt garam

Cara Membuat :

1. Kocok kuning telur & 50 gram gula pasir hingga kental, kemudian masukkan tepung gandum sambil pada ayak, sesudah itu tambahkan mentega yg sudah pada lelehkan & air daun suji, kemudian kocok sampai rata.

Dua. Kocok putih telur, cream of tartar & garam sampai setengah mekar, masukkan gula pasir sedikit-sedikit sambil terus di aduk rata sampai mengembang.

3. Tuang adonan putih telur ke pada campuran tepung gandum sedikit-sedikit sambil pada kocok secara perlahan-lahan.

4. Tuang adonan tadi ke dalam loyang, lalu kukus selama 50 mnt sampai air mendidih, kemudian angkat dan dinginkan.

5. Potong-potong sinkron kesukaan, & bolu pandan siap buat dihidangkan.

#11 Cara Membuat Donat Sederhana

Bahan yg diperlukan

?200 cc air mineral

?1/dua kg tepung terigu segitiga biru (disarankan)

?1/2 bungkus ragi instan 11 gr (farmepin)

?4 SDM gula pasir

?Tiga SDM susu serbuk/ susu kental

?Tiga SDM mentega

?2 SDT garam

?2 Butir telur

Cara Membuat :

1. Pertama kocok 2 butir telur dengan sendok, kemudian masukan bahan lain, yaitu gula pasir, garam, susu, mentega, tepung terigu, dan lalu campuran tersebut aduk hingga merata

2. Selanjutnya masukkan ragi instan kedalam air, aduk rata dan masukkan kedalam adonan tadi, Uleni sampai kalis (tidak menempel pada tangan) dan diamkan dalam wadah tertutup selama kurang lebih 20 menit hingga adonan mengembang.

3. Selanjutnya, ambil adonan tersebut 1 sendok makan dan bulatkan, lalu letakkan pada wadah yang telah ditaburi tepung terigu sebelumnya, supaya tidak lengket. Lakukan hal tersebut hingga semuanya habis, selanjutnya diamkan adonan yang sudah dibulatkan tadi selama 20 menit dan tunggu hingga mengembang

4. Kemudian panaskan minyak goreng, lubangi bagian tengah adonan tersebut. lalu goreng dan kecilkan apinya hingga gorengan tampak bewarna kuning kecoklatan. Angkat dan diamkan donat hingga dingin.

5. Selanjutnya setelah itu Anda taburi donat dengan gula halus atau yang lainnya sesuai selera Anda

6. Selamat, Donat sederhana siap dihidangkan

#12 Cara Membuat Layang-layang Sederhana

Bahan-bahan :

  • Satu  ruas bambu yang berdiameter kurang lebih 1 cm dan panjang kurang lebih 90 cm
  • Satu ruas bambu yang berdiameter kurang lebih 1 cm dan panjang kurang lebih 50 cm
  • Kertas tipis atau kertas minyak
  • Spidol/pewarna
  • Pita kaset (jika perlu)
  • Lem kertas
  • Pisau dan gunting
  • Tali atau benang
  • Penggaris

Cara membuat :

  1. Pertama-tama buat terlebih dahulu kerangka layangan, siapkan 2 ruas bambu dengan panjangnya sekitar 100 cm dan 60 cm.
  2. Selanjutnya letakkan bambu secara menyilang, namun perlu diperhatikan disini adalah panjang kanan dan kiri haruslah sama. Hal itu untuk mendapatkan hasil yang identik antara sayap kanan dan kiri, gunakanlah benang yang ditalikan di tengah poros dari sayap tersebut.
  3. Berikutnya ikat dengan benang pada perempatan batang bambu, pada langkah ini usahakan jangan menggunakan simpul tali mati dahulu.
  4. Lalu, ikatlah masing-masing ujung menggunakan benang jahit, belahlah ujung bambu  sebagai pengait, untuk mempermudah saat mengaitkan tali/benang.
  5. Setelah semua berhasil terhubung maka kerangka layangan Anda sudah siap.
  6. Langkah selanjutnya siapkan kertas layangan Anda, kertas minyak atau ketas yang tipis. Lalu letakkan kerangka tadi diatasnya.
  7. Buatlah pola dengan menandai kertas dengan menggunakan spidol atau bisa langsung di potong dengan menggunakan gunting, perlu diperhatikan disini Anda harus memotong hingga 1 hingga 2 cm diluar dari pola. Sisanya 1-2 cm akan digunakan sebagai lipatan yang nantinya akan di lem sehingga kerangka benang tertutupi dengan kertas tadi.
  8. Berikutnya lipat bagian kertas yang menjadi tambahan tepian yang sudah disiapkan tadi ke arah belakang kerangka, lalu rekatkan dengan menggunakan lem sehingga menutupi benang kerangka.
  9. Untuk tampilan layang-layangannya hiaslah menggunakan cat air/spidol sesuai kreasi yang Anda inginkan.

#13 Cara Mendaftar Facebook Baru

Facebook merupakan keliru satu jaringan sosial yg menghubungkan kita pada semua orang pengguna yang memakai facebook. Lewat facebook mungkin kita mampu bisa berkumpul menggunakan sahabat-teman, bermain game, mencari teman baru/lama , berbagi foto/video dan menyebarkan momen beserta sahabat dan keluarga. Lalu bagaimana cara mendaftar facebook? Berikut ini merupakan cara mendaftar facebook menggunakan baik dan benar.

1. Langkah pertama, silahkan Anda pulang menuju page utama Facebook atau dengan memakai link berikut inihttps://www.Facebook.Com/.

Dua. Selanjutnya Anda akan melihat kolom-kolom buat mendaftar facebook, silahkan isi semua kolom-kolom tersebut menggunakan baik & benar.

3. Setelah selesai, silahkan Anda klik selesai.

4. Pada tampilan selanjutnya, Anda akan diminta buat mencari teman.

Lima. Sebetulnya dalam langkah tadi akun Anda sudah berhasil dibuat. Namun nampaknya belum lengkap apabila belum pada konfirmasikan. Klik "konfirmasikan sekarang" maka akan ada jendela baru.

6. Terakhir silahkan klik allow. Akun Facebook Anda berhasil dibentuk.

#14 Cara Mendaftar/Membuat akun Twitter

Twitter adalah salah satu media umum layaknya misalnya Facebook. Twitter bukan hanya dipakai pada Indonesia, tetapi Twitter telah banyak digunakan pada seluruh dunia, pengguna twitter hampir menyentuh semua lapisan warga , baik dari kalangan menengah keatas ataupun kebalikannya. Bagaimana cara mendaftar akun Twitter? Ikuti langkah-langkah berikut ini buat mendaftar akun Twitter menggunakan baik dan benar.

1. Langkah pertama, silahkan Anda pulang menuju page Twitter atau menggunakan menggunakan link berikut inihttps://twitter.Com/.

2. Selanjutnya Anda akan melihat kolom-kolom buat mendaftar twitter, silahkan isi semua kolom-kolom tersebut menggunakan baik dan sahih.

3. Tahap berikutnya yaitu tahap konfirmasi data registrasi & memasukan data nama pengguna.

4. Pada termin yg in Anda akan diperkenalkan mengenai Twitter. Silahkan Anda klik "Ayo!" untuk menuju termin berikutnya.

5. Lalu tahap selanjutnya Anda akan diminta buat memilih minat Anda, minat yg dipilih akan memilih halaman-laman yang akan Anda ikuti pertama kali.

6. Anda akan diminta  melihat 40 daftar untuk Anda ikuti. Jika sudah selesai, silahkan klik "ikuti dan lanjutkan" untuk menuju tahap selanjutnya.

7. Selanjutnya Anda akan diminta mengupload foto buat profil Anda.

8. Pada termin ini Anda diminta buat memasukkan email, sesudah itu Anda harus pembuktian email. Setelah itu akun Twitter Anda berhasil dipakai.

#15 Cara Membuat Akun Instagram pada Hp Android

Instagram merupakan pelaksanaan untuk menyebarkan foto atau video. Di pada Instagram banyak konten-konten mernarik yg wajib diketahui. Pada zaman kini ini instagram sangat terkenal pada semua kalangan. Akun Instagram dibedakan sebagai 2 yaitu Instagram lewat pc & android. Lalu bagaimana cara membuat akun instagram di hp android? Silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

1. Pertama-tama cari pada playsote dengan search instagram kemudian install.

Dua. Klik pasang tunggu sementara waktu klik buka.

3. Klik sign up.

4. Isi data Anda menggunakan baik dan benar.

Lima. Lalu Anda akan diminta untuk menghubungkan Instagram menggunakan Facebook.

6. Pada termin ini Anda diminta mengikuti group, kenaikan pangkat atau orang yang Anda kenal.

7. Akun Anda berhasil dibentuk.

Baca contoh lainnya: KUMPULAN Contoh Teks Prosedur Kompleks SINGKAT beserta Strukturnya

Demikianlah artikel kali ini tentang 15 Contoh Teks Prosedur Kompleks Singkat Terbaru. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terimakasih.

Sumber : dikelola berdasarkan berbagai asal

No comments:

Post a Comment

Home Furniture Store