Tuesday, June 9, 2020

Teks Kisah Ulang: (Pengertian, Jenis, Struktur Teks, Kaidah Kebahasaan Dan Teladan Teks Kisah Ulang)

Halo teman pada artikel kali ini kaka akan membahas tentang teks dongeng ulang, bahan wacana teks memang banyak pada bahas di mata pelajaran bahasa indonesia termasuk bahan ihwal teks dongeng ulang, teks dongeng ulang sanggup dikatan sebagai sebuah karya tulis dimana pada dalamnya si penulis menceritakan balik peristiwa-peristiwa yg pernah terjadi, baik ihwal biografi atau yang menceritakan seorang tokoh, menceritakan keterangan-kabar yg sudah terjadi atau sanggup jua menceritakan peristiwa masa lalu degan imajinasi.

Materi kelas yg mengusut teks dongeng ulang yaitu pelajaran bahasa indonesia yang dipelajari di kelas XI kurikulum 2013, disini kaka akan mengulas pulang wacana teks dongeng ulang ini, barangkali terdapat diantara kalian yang ingin menerima referensi lengkap perihal teks dongeng ulang, kalian bisa baca artikel ini. Apa yang akan diuraikan pada artikel ini meliputi pengeritan teks dongeng ulang, jenis-jenis teks dongeng ulang, struktur isi dari teks dongeng ulang, kaidah kebahasaan dan jua model dari teks dongeng ulang.

Halo sahabat di artikel kali ini kaka akan membahas mengenai teks dongeng ulang Teks Kisah Ulang: (Pengertian, Jenis, Struktur Teks, Kaidah Kebahasaan Dan Teladan Teks Kisah Ulang)

Semoga dengan membaca artikel ini kalian sanggup memahami struktur dan kaidah teks dongeng ulang, baik melalui ekspresi maupun tulisan, jua kalian sanggup menginterpretasi makna teks dongeng ulang, baik secara verbal maupun goresan pena.

Pengertian teks dongeng ulang

Teks Cerita Ulang atau bisa juga disebut Rekon (bahasa inggris: Recount) yaitu Teks yang menceritakan suatu insiden atau insiden atau kegiatan yang telah dilakukan/dialami. sedangkan pengertian secara lengkap mengenai Teks dongeng ulang yaitu teks yang menceritakan kembali pengalaman masa kemudian secara kronologis dengan tujuan memberi isu atau menghibur pembaca atau bisa jadi keduanya.

Jenis teks dongeng ulang

Teks dongeng ulang atau Rekon terbagi menjadi tiga jenis, yaitu Rekon faktual (informasional), rekon imajinatif, dan rekon eksklusif (biografi)

Teks dongeng ulang pribadi (Rekon Biografi), yaitu teks yang berisi insiden masa kemudian dan penulsnya terlibat secara langsung

Teks dongeng ulang faktual (Rekon Faktual), yaitu teks yang dasar penceritaanya berupa insiden yang benar benar terjadi, pengalaman nyata pada masa kemudian yang sanggup dibangkitkan atau dihidupkan kembali, misalnya : dongeng ulang sejarah dan teks dongeng ulang biografi.

Teks dongeng imajinatif (Rekon Imajinatif),yaitu dongeng yang memuat insiden masa kemudian lebih detail dengan imajinasi imajinasi.

Struktur teks dongeng ulang

Struktur teks adalah bagian-bagian terpisah yang membangun sebuah teks sampai menjadi sebuah teks yang utuh. Adapun struktur teks pada teks dongeng ulang sangat ditentukan oleh jenis teks dongeng ulang itu sendiri. struktur teks dongeng ulang secara umum yaitu sebagai berikut:

a. Orientasi

Orientasi adalah pembuka isi atau dalam teks dongeng secarah bisa kita masukan pengenalan tokoh secara umum, ibarat nama, tempat dan tanggal lahir, latar belakang keluarga, serta riwayat pendidikan tokoh yang diangkat.

B. Peristiwa & kasus

Memperlihatkan banyak sekali pengalaman sang tokoh, baik insiden yang mengesankan maupun duduk kasus yang dihadapinya. pada umumnya bisa dibagi menjadi beberapa  urutan

  • Urutan Peristiwa Kehidupan Tokoh (Tahap 1)
  • Urutan Peristiwa Kehidupan Tokoh (Tahap 2)
  • Urutan Peristiwa Kehidupan Tokoh (Tahap 3)

c. Reorientasi

Reorientasi adalah pandangan penulis terhadap tokoh yang diceritakan. Reorientasi merupakan tahapan yang bersifat pilihan, artinya boleh saja bab ini tidak disajikan oleh penulis.

Kaidah kebahasaan teks dongeng ulang

Kaidah kebahasaan yaitu aturan-aturan fundamental yang menjadi standar untuk digunakan dalam pemahaman bahasa atau  bagaimana ketentuan mengatur tata cara berbahasa baik secara verbal maupun tulisan. Di dalam teks dongeng ulang ada kaidah kebahasaan khusus yang sanggup memperkuat karakteristik teks dongeng ulang tersebut sehingga gampang sekali dibedakan dengan teks-teks lainnya.

Kaidah kebahasaan teks dongeng ulang yaitu sebagai berikut:

a. Menggunakan partisipan “siapa” melaksanakan “apa” (peristiwa) di suatu tempat pada waktu kemudian yang ditandakan dengan pronominal.

Contoh :

Ketika Mandela balik , beliau ditahan dan dikirim ke penjara Robben Island selama 5 tahun

b. Menggunakan Pengacuan

Contoh :

Keterlibatan inilah yang kemudian memilih jalan panjang yang harus beliau tempuh dalam memperjuangkan persamaan hak bagi secara umum dikuasai orang kulit gelap di Afrika Selatan.

c. Menggunakan kata-kata yang mengatakan insiden atau peristiwa, waktu dan tempat. Contoh :

Rolihlahla Mandela lahir pada 18 Juli 1918 pada Umtata, Afrika Selatan d. Menggunakan istilah-kata yang mengatakan kata kerja material buat menunjukkann program nyata yg dilakukan sang partisipan. Contoh : Kami melihat reruntuhan, terdapat kayu & pohon, papan, dan sampah lainnya terapung di tengah bahari.

e. Menggunakan kata-kata konjungsi temporal untuk menata urutan-urutan peristiwa-peristiwa yang diceritakan.

Contoh :

Dia nir mengigau meskipun kakinya telah berkembang menjadi pucat ketika kami mengangkatnya.

f. Menggunakan kalimat simpleks yang hanya terdiri dari satu verba utama yang menggambarkan satu aksi, peristiwa, atau keadaan.

Contoh :

Mandela yang telah meraih reputasi sebagai pemimpin orang S kulit gelap berjuang pada bawah tanah selama lebih dari setahun. P Pelengkap Keterangan

Contoh teks dongeng ulang dan strukturnya

Berikut teks dongeng ulang biografi joko widodo bersama bagian-bagian strukturnya:

Orientasi :

Ir. H. Joko Widodo yang lahir pada Surakarta, 21 Juni 1961 lebih dikenal menggunakan nama julukan Jokowi yaitu pengusaha mebel dan Beliau merupakan Walikota Surakarta (Solo) selama dua kali masa bakti 2005 ? 2015. Dalam masa jabatannya, beliau diwakili F.X. Hadi Rudyatmo sebagai wakil walikota. Ketika itu, beliau dicalonkan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Tahun 2012 ini, Beliau beserta menggunakan Ir. Basuki Tjahaja Purnama, M.M. (Ahok) maju sebagai calon gubernur & wakil gubernur Jakarta

Urutan Peristiwa 1 :

Gubernur gres DKI Jakarta Joko Widodo mempunyai kisah masa kecil yg unik. Jokowi mini sempat merasakan pahitnya kehidupan saat rumahnya tergusur. Masa kecil Jokowi diwarnai canda & tawa, dengan sesekali diselingi tangisan. Rumah petak sekaligus tempat usaha kayu ayahnya di loka Cinderejo Lor, digusur & dijadikan sentra jasa travel. Sang mak menuturkan bahwa Jokowi mini yaitu sosok pendiam, namun pintar bergaul. Banyak yg mengenal Jokowi sebagai orang yg selalu mengalah, buat menghindari pertengkaran. Sikap tadi diwarisi Jokowi menurut kedua orangtuanya yg selalu mengajarkan makna tulus dan bertanggung jawab.

Urutan Peristiwa Kehidupan Tokoh Tahap 2 :

Berbeda dengan bawah umur kebanyakan, Jokowi selalu berjalan kaki menuju sekolahnya, disaat yg lain memamerkan sepeda ontel terkini. Menurut Jokowi kala itu, sekolah nir terlalu jauh berdasarkan tempat tinggal , sebagai akibatnya berjalan kaki pun tidak menjadi masalah. Bakti kepada orangtua ditunjukkan Jokowi tidak hanya lewat sikap, tetapi pula sejumlah prestasi. Saat itu menjadi Walikota Solo sampai menjadi Gubernur DKI Jakarta, orang-orang yg mengenalnya tidak pernah menyangka bepergian hidup Joko kecil. Sosok Jokowi sangat dicintai rakyatnya. Dukungan rakyat Solo tak pupus, termasuk ketika Jokowi maju sebagai Gubernur DKI Jakarta. Anak tukang kayu itu pun, sekarang menjadi orang nomor satu di DKI Jakarta.

Urutan Peristiwa Kehidupan Tokoh Tahap 3 :

Jokowi kecil yaitu anak seseorang ?Tukang kayu?. Setelah Beliau lulus menurut Sekolah Menengah Atas, kemudian melanjutkan kuliah di Fakultas Kehutanan Unuversitas Gajah Mada. Setelah lulus kuliah tahun 1985, dirinya merantau ke Aceh & bekerja pada keliru satu BUMN. Kemudian ia balik ke Solo dan bekerja di Perusahaan yg bergerak pada bidang perkayuan, CV. Roda Jati. Setelah merasa cukup, dalam tahun 1998, dirinya berhenti bekerja pada CV tadi & memulai berbisnis sendiri bermodal dari pengalaman yg pernah ia miliki. Dengan kerja keras, ketekunan dan keuletan, karena itu Jokowi berhasil membuatkan bisnisnya & sebagai seorang eksportir mebel.

Urutan Peristiwa Kehidupan Tokoh Tahap 4 :

Jokowi meraih gelar insinyur dari Fakultas Kehutanan UGM dalam tahun 1985. Ketika mencalonkan diri sebagai walikota, poly yg meragukan kemampuan laki-laki yang berprofesi sebagai pedagang mebel rumah & taman ini bahkan hingga saat beliau terpilih. Pada tahun 2005, Pak Jokowi menetapkan buat mencalonkan diri sebagai Walikota Solo menggunakan partai politik PDI Perjuangan menjadi tunggangan politiknya. Akhirnya Beliau pun terpilih sebagai Walikota Solo. Selama kepemimpinannya, Solo banyak mengalami kemajuan. Setahun sesudah ia memimpin, poly gebrakan progresif dilakukan olehnya. Ia banyak merogoh model pengembangan kota-kota di Eropa yang tak jarang beliau kunjungi dalam rangka perjalanan usaha.

No comments:

Post a Comment

Home Furniture Store