Pages

Tuesday, June 2, 2020

Pengertian Hambatan Listrik

Apakah engkau memahami apa hambatan listrik itu sebenarnya?

Source images : learn.sparkfun.com
Hambatan Listrik atau dalam bahasa Inggris lebih tepatnya disebut dengan Resistansi Listrik (Electrical Resistance) adalah suatu kemampuan benda untuk menghambat atau mencegah ataupun juga mengurangi aliran arus listrik. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa arus listrik adalah banyaknya muatan listrik yang mengalir dalam suatu rangkaian listrik dalam tiap satuan waktu yang dikarenakan oleh adanya pergerakan dari elektron pada media penghantarnya yaitu konduktor. Jadi hambatan listrik ini sebagai penghambat aliran elektron dalam konduktor tersebut.

Nilai Satuan Hambatan Listrik

Dalam suatu rangkaian listrik nilai kendala atau resistansi diukur menggunakan satuan Ohm atau biasa dilambangkan menggunakan simbol Omega ???. Dan buat prefix atau awalan satuan SI (Standar Internasional) yg digunakan buat menandakan kelipatan dalam satuan kendala atau resistansi tadi misalnya seribu ohm disebut menggunakan kilo Ohm & lain-lain.

1 Terra Ohm = 1.000.000.000.000 ( 1012Ohm)

1 Giga Ohm = 1.000.000.000 Ohm (109 Ohm)

1 Mega Ohm = 1.000.000 Ohm (106Ohm)

1 Kilo Ohm = 1.000 Ohm  (103 Ohm)

Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Nilai Hambatan Listrik

Setiap bahan penghantar atau konduktor selalu memiliki hambatan listrik. Namun, untuk  nilai hambatan listrik pada suatu penghantar atau konduktor ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya sebagai berikut.

1. Jenis bahan konduktor

Misalnya bahan tembaga memiliki nilai resistansi yg lebih rendah jika dibandingkan menggunakan baja.

Dua. Panjang penghantar

Semakin panjang suatu penghantar, maka akan meningkat pula nilai resistansinya.

Begitu pula kebalikannya.

Tiga. Luas penampang

Semakin mini diameter suatu penghantar, maka akan meningkat juga nilai resistansinya.

Begitu pula kebalikannya.

4. Suhu

Nilai resistansi akan semakin tinggi seiring menggunakan meningkatnya suhu pada penghantar.

Pada rangkaian elektro biasanya ada sebuah komponen elektronika yg kegunaannya sebagai penghambat arus listrik. Komponen ini adalah pelawan. Fungsi primer hambatan pada rangkaian elektronika merupakan buat menghambat atau mengurangi genre arus listrik & sekaligus buat menurunkan nilai tegangan listrik di dalam rangkaian. Ini seluruh buat menyesuaikan nilai tegangan & arus listrik.

Analogi Hubungan Hambatan Listrik Dengan Arus & Tegangan Listrik.

Hubungan hambatan listrik menggunakan arus & tegangan listrik ini jua dapat dianalogikan dengan sebuah tangki air yg berada pada ketinggian eksklusif di atas bagian atas tanah. Di dasar tangki air tadi masih ada sebuah lubang pipa air yg digunakan buat mengalirkan air.

Air pada tangki air bisa diumpamakan menjadi muatan listrik sedangkan tekanan pada ujung selang mewakili tegangan listrik, & aliran air mewakili arus listrik dan ukuran diameter pipa air dapat dianggap sebagai resistansi.

Semakin banyak jumlah air di dalam tangki, akan semakin tinggi juga tekanan dalam ujung selang/pipa air tersebut. Tetapi kebalikannya, seiring menggunakan berkurangnya jumlah air yg ada pada pada tangki, tekanan air dalam ujung selang/pipa air pula akan berkurang. Sehingga jumlah air yg mengalir keluar juga akan berkurang.

Demikian pula pada diameter selang/pipa semakin kecilnya diameter pipa air, maka akan semakin sedikit jua air yg dapat mengalir. Ukuran akbar kecilnya diameter selang/pipa disini diibaratkan seperti besar kecilnya nilai resistansi atau hambatan listrik.

Sekian dulu buat artikel kali ini semoga berguna.

No comments:

Post a Comment