Pages

Saturday, June 6, 2020

ANEKA JENIS BUMBU MASAK REMPAH

ANEKA JENIS BUMBU MASAK REMPAH

Angkak

Tidak poly kuliner Indonesia yg menggunakan bumbu ini. Angkak poly dipakai buat masakan Cina. Bumbu ini dari dari beras ketan yang difermentasikan lalu dikeringkan. Berwarna kemerahan & sedikit kusam, karenanya bisa digunakan buat memberi rona merah alami pada kuliner. Haluskan angkak bersama bumbu yang lain.

Bumbu ngohiong

Bumbu ngohiong dianggap jua menggunakan nama five spice powder. Karena bumbu ini adalah campuran rempah-rempah yang dihaluskan. Diantaranya merupakan pekak, merica szechuan, kayu cantik, adas dan cengkih. Bubuk ini berwarna kecokelatan dan dijual siap gunakan. Sangat cocok buat bumbu rendaman ayam, bebek atau daging yang akan dipanggang.

Pekak

Bentuk pekak sangat manis menyerupai bintang. Pekak dikenal menggunakan kata bunga lawang atau star anise. Beraroma harum menyerupai adas. Tanaman yg membentuk bunga pekak ini banyak dijumpai di daratan Cina. Tinggi pohon mencapai 8 meter & baru berbuah pada usia 6 tahun.Sebaiknya pekak disimpan pada tempat yang tertutup rapat. Pekak dapat menaruh aroma harum yg spesial . Pekak poly dipakai untuk masakan Cina dan Vietnam. Cara penggunaannya dapat dihaluskan atau dibiarkan utuh dan dimasukkan dalam kuliner.

Adas Manis

Adas dari dari dataran mediterania, merupakan biji pohon fennel (fennel seed). Berbentuk sangat kecil & pipih, berwarna kecokelatan. Aromanya sangat harum dan sedikit pedas. Orang Indonesia poly memanfaatkan adas menjadi bumbu dapur dan obat tradisional. Sangat cocok buat menaruh aroma harum dan segar dalam masakan misalnya sup , gulai atau kari . Untuk menerima aroma yang harum, sangrai biji adas lalu haluskan beserta bumbu yg lain.

Angkak

Tidak poly kuliner Indonesia yg menggunakan bumbu ini. Angkak poly dipakai buat masakan Cina. Bumbu ini dari dari beras ketan yang difermentasikan lalu dikeringkan. Berwarna kemerahan & sedikit kusam, karenanya bisa digunakan buat memberi rona merah alami pada kuliner. Haluskan angkak bersama bumbu yang lain.

Keluak

Keluak memiliki tekstur kulit yang keras, berwarna abu-abu. Daging buahnya berwarna cokelat tua kehitaman dan bertekstur lunak. Daging buah itulah yang dipakai sebagai bumbu.

Pilihlah keluak yang telah tua, karena keluak muda memiliki rasa sangat pahit. Keluak yg telah tua akan mengeluarkan bunyi jika digoyang-goyangkan. Jika masih ragu cicipilah keluak buat memastikan keluak tadi tidak getir. Keluak yg masih muda disebut picung. Rasanya legit misalnya kemiri & biasa dipakai buat pepes.Keluak tua dalam umumnya digunakan buat sajian yang membutuhkan rona hitam seperti rawon atau brongkos, cita rasanya menjadi gurih & gurih. Apabila akan digunakan pecahkan kulit keluak, lalu ambil bagian isinya yg lunak dan haluskan beserta bumbu yg lain.

Kelapa

Buah kelapa sering digunakan pada kuliner Indonesia, baik daging buahnya ataupun dibentuk terlebih dulu menjadi santan. Santan digunakan menjadi kuah pada kuliner Indonesia atau aneka macam macam kue-kudapan manis tradisional. Daging buah yg dijadikan kelapa parut biasa digunakan buat bumbu misalnya sambal urapan atau campuranpada kue. Selain kelapa parut & santan, olahan kelapa yang lain merupakan areh dan poyah. Areh merupakan santan yg direbus sampai mengental & menciptakan gumpalan pada bagian atasnya, digunakan buat saus kudapan manis atau lauk. Poyah merupakan kelapa parut kemarau yang sudah ditumbuk halus.

Kelapa bisa menaruh rasa gurih pada kuliner. Kelapa 1/2 tua lebih cocok jika dipakai buat kelapa parut pada taburan kudapan manis atau urapan. Membuat santan lebih tepat apabila menggunakan kelapa yg tua. Agar menghasilkan santan yg pekat dan kental pakai air hangat buat memerasnya dan jika menginginkan santan nir pecah, pakai api mini waktu memasaknya.

Jintan

Jintan (Trachyspermum roxburghianum syn . Carum roxburghianum) merupakan tumbuhan menjalar yg bijinya dapat digunakan buat rempah-rempah dan obat-obatan. Biji tumbuhan ini sering digunakan menjadi bumbu dapur buat masakan India.Tanaman ini poly dibudidayakan pada India & Asia Tenggara.

Aromanya sangat harum, relatif anggun & sebagai adonan bumbu sajian tradisional pada aneka macam wilayah Nusantara. Masakan yang tak jarang memakai jintan merupakan opor, gulai atau kari. Penggunaannya usahakan disangrai atau dihaluskan beserta bumbu lain saat akan diolah. Jintan jua tersedia dalam bentuk serbuk, yang

dikemas menggunakan botol.

Wijen

Wijen (Sesamum indicum L. Syn. Sesamum orientalis L.) adalah semak semusim yang termasuk pada keluarga Pedaliaceae. Tanaman ini dibudidayakan sebagai sumber minyak nabati, yang dikenal sebagai minyak wijen, yg diperoleh dari ekstraksi bijinya. Afrika tropik adalah daerah asalnya, kemudian beredar ke timur hingga ke India dan Tiongkok. Di Indonesia, tumbuhan wijen nir terlalu luas ditanam. Di daerah Gunungkidul, Yogyakarta, masih ada area penanaman wijen yg tidak terlalu luas.

Wijen telah sejak usang ditanam insan buat dimanfaatkan bijinya, bahkan termasuk tanaman minyak yang paling tua dikenal peradaban. Kegunaan primer adalah menjadi asal minyak wijen. Bijinya yang berwarna putih dipakai menjadi penghias dalam kuliner , misalnya onde -onde , menggunakan menaburkan pada permukaannya. Biji wijen dapat dibentuk pasta.

Kapulaga

Kapulaga (Amomum cardamomum) selama ini dikenal sebagai rempah buat masakan dan juga lebih poly digunakan buat adonan jamu. Di beberapa daerah kapulaga dikenal menggunakan nama kapol, palago, karkolaka, & lain-lain.

Nama asing kapulaga adalah pai thou kou (bahasa Tionghoa). Orang Yunani menyebut buah itu cardamomom yg kemudian dilatinkan sang orang Romawi sebagai cardamomum. Dalam bahasa Inggris disebut cardamom. Dalam bahasa Thai disebut krava, elaichi pada bahasa Hindi, dan elakkaai dalam bahasa Tamil.

Tumbuhan kapulaga tergolong pada herba dan membentuk rumpun, sosoknya seperti flora jahe, & bisa mencapai ketinggian dua-tiga meter dan tumbuh pada hutan-hutan yang masih lebat. Kapulaga hayati fertile di ketinggian 200-1.000 meter di atas permukaan laut.Buah yang sudah kemarau sebagai keriput, bergaris-garis, berisi 4-7 buah biji kecil cokelat kemerah-merahan. Rasanya agak pedas seperti jahe, tetapi baunya tidak. Kapulaga mempunyai aroma sedap sehingga orang Inggris menyanjungnya menjadi grains of paradise.Oleh karena itu, dimanfaatkan buat menambah aroma dalam kuliner, kudapan manis & minuman. Ada dua jenis kapulaga, yaitu kapulaga putih yang banyak digunakan buat kuliner dan kapulaga hijau buat kue & minuman.

Saat akan dipakai kapulaga dimemarkan atau dihaluskan dan disangrai sampai harum supaya aroma spesial dapat tercipta. Kapulaga usahakan disimpan dalan stoples yang tertutup rapat.

Kemiri

Kemiri (Aleurites moluccana), merupakan tumbuhan yg bijinya dimanfaatkan sebagai sumber minyak & rempah-rempah. Tumbuhan ini masih sekerabat menggunakan singkong dan termasuk dalam suku Euphorbiaceae.

Dalam perdagangan antarnegara dikenal menjadi candleberry, indian walnut, serta candlenut. Kemiri merupakan tanaman resmi negara bagian Hawaii.Manfaat kemiri antara lain:

? Kemiri tak jarang digunakan pada masakan Indonesia & kuliner Malaysia & berfungsi menjadi bumbu penambah rasa legit. Di Pulau Jawa, kemiri juga dijadikan sebagai saus kental yang dimakan dengan sayuran & nasi. Ketumbar

? Kemiri jua dibakar & dicampur dengan pasta & garam buat menciptakan bumbu masak khas Hawaii yang diklaim inamona. Inamona merupakan bumbu masak utama buat membuatpoke tradisional Hawai.

Ketumbar (Coriandrum sativum),

konon asal dari Eropa selatan. Bentuk berupa biji mini -mini sebesar 1-dua milimeter. Mirip dengan biji lada namun lebih kecil & lebih gelap. Selain itu, terasa tidak berisi dan lebih ringan menurut lada.Berbagai jenis masakan tradisional Indonesia kerap memakai bumbu ini. Dengan tambahan bumbu tersebut, aroma kuliner akan lebih konkret.Pilih biji ketumbar yang utuh dan berbutir akbar. Sebaiknya disangrai terlebih dahulu sebelum digunakan & simpan dalam toples yg tertutup kedap. Haluskan ketumbar beserta bumbu lainnya sebelum digunakan.

Pala

Pala (Myristica fragrans) adalah tanaman berupa pohon yg berasal berdasarkan Kepulauan Banda, Maluku. Tumbuhnya bisa mencapai 20m & usianya mampu mencapai ratusan tahun.Tumbuhan ini berumah 2 (dioecious) sehingga dikenal pohon jantan dan pohon betina. Daunnya berbentuk elips langsing. Buahnya

berbentuk lonjong seperti lemon, berwarna kuning, berdaging dan beraroma spesial karena mengandung minyak atsiri pada daging buahnya.

Daging buahnya diolah menjadi manisan. Aromanya sangat harum, tajam, bernuansa hangat dan cantik. Pilihlah biji pala yang kering, baru dan beraroma segar.

Biji pala menambah cita rasa pada bumbu perendam daging, ikan atau ayam dan membuahkan kaldu atau sup semakin sedap. Bubuk pala dipakai sebagai penyedap buat roti atau kue, puding, saus, sayuran, dan minuman penyegar (seperti eggnog).

Serai,

homogen tumbuhan rumput-rumputan yg daunnya panjang seperti ilalang, digunakan menjadi bumbu dapur untuk mengharumkan kuliner. Minyak serai adalah minyak atsiri yg diperoleh menggunakan jalan menyuling flora tadi.

Salah satu guna lain berdasarkan serai merupakan baunya dapat dipakai buat mengusir nyamuk, baik berupa flora ataupun berupa minyaknya.Sebelum digunakan, serai dapat dipotong 10-15 centimeter menurut ujung akarnya, bersihkan lalu memarkan. Bagian ujung inilah yg memberikan aroma khas. Masukkan beserta bumbu lain & angkat serai ketika sajian akan tersaji. Untuk membuat minuman, serai bisa direbus menggunakan air atau pada campur dengan air teh atau air jeruk nipis. Minuman ini dikenal dengan teh serai.

Temu kunci

Temu kunci (Boesenbergia rotunda (L.) Ma nsf. Syn. Curcuma rotunda L., B. Pandurata (Roxb.) Schlechter, Kaempferia pandurata Roxb.) adalah sejenis rempah-rempah yg dipakai sebagai bumbu pada masakan Asia Tenggara. Salah satu famili jahe ini adalah rempah asli Jawa dan Sumatra. Temu kunci atau chinese key ini berbentuk sekelompok umbi akar yang seperti jari telunjuk, memanjang, langsing dan lurus. Kulit luarnya berwarna cokelat belia & sangat tipis. Bagian dalamnya berwarna kuning belia dengan aroma segar yg spesial . Bisa digunakan pada membuat sayur bening, hidangan ikan, selada dan urapan. Pilihlah umbi akar yang tua, kupas lalu memarkan supaya aromanya keluar atau iris halus kemudian tumis dengan bumbu lain.

Kunyit

Masakan tradisional Indonesia tidak terlepas menurut bumbu ini. Bumbu yg masih tergolong pada keluarga rempah-rempah ini mempunyai karakteristik-karakteristik seperti jari tangan, kulitnya bergaris-garis menggunakan warna cokelat kekuningan dan tipis. Aroma kunyit sangat spesial dan sedikit getir. Kunyit mempunyai rona kuning dan bila telah berumur tua hampir mendekati orange, sehingga dapat dimanfaatkan menjadi pewarna alami.

Biasa digunakan buat mewarnai nasi kuning, bumbu opor, kari dan gulai. Untuk memperoleh warna yang tajam, pilihlah kunyit yg tua, berumbi akbar dan mulus. Kunyit bisa disimpan pada loka yang sejuk & dingin. Biasanya sebelum kunyit digunakan dan dihaluskan dengan bumbu yg lain, kunyit dibakar terlebih dahulu.

Jahe

Jahe (Zingiber officinale), merupakan tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah & bahan obat. Berbentuk jemari yang menggembung pada ruas-ruas tengah.Rasa secara umum dikuasai pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron. Jahe termasuk suku Zingiberaceae (temu-temuan). Nama ilmiah jahe diberikan oleh William Roxburgh berdasarkan istilah Yunani zingiberi, dari bahasa Sanskerta, singaberi.

Jahe diperkirakan asal dari India. Namun terdapat juga yang mempercayai jahe dari dari Tiongkok Selatan. Terdapat 2 jenis jahe yaitu jahe putih dan jahe merah. Jahe putih dipakai menjadi bumbu dan jahe merah digunakan buat obat. Aroma jahe sangat tajam segar dan cita rasanya pedas atau panas.

Jahe putih belia berkulit tipis dan berujung kemerahan, tangkai kehijauan dengan kandungan air cukup poly. Ada pula jahe dalam bentuk manisan berbentuk rabat dadu kecil & bersalut gula. Acar jahe terbuat dari jahe utuh atau irisan tipis yg dibumbui dengan sedikit garam dan gula.

Jahe tua yg segar biasaanya dipakai buat hidangan tumis, sajian berkuah terutama seafood & minuman, karena beraroma tajam, & menghilangkan bau anyir. Jahe bubuk dapat digunakan untuk menambah aroma dalam kudapan manis-kudapan manis dan biskuit,sirup, serta campuran bubuk rempah. Manisan jahe dipakai untuk campuran cake & taburan es krim lantaran cita rasanya lebih anggun.

Acar jahe dipakai buat pelengkap hidangan bakar atau pang-gang.

Kencur

Kencur (nama bahasa Jawa & bahasa Indonesia) dikenal pada berbagai tempat menggunakan nama yang berbeda-beda: cikur (bahasa Sunda), ceuko (bahasa Aceh), kencor (Madura), cekuh (bahasa Bali), kencur, sukung (bahasa Melayu Manado), asauli, sauleh, soul, umpa (bahasa-bahasa pada Maluku), serta cekir (Sumba).Berbagai resep masakan tradisional Indonesia & jamu menggunakan kencur sebagai komponennya. Kencur dipakai orang sebagai tonikum dengan khasiat menambah nafsu makan sehingga sering diberikan pada anak-anak. Jamu beras kencur sangat populer menjadi minuman penyegar jua.

Lengkuas/laos

Lengkuas atau laos (Alpinia galanga) adalah rempah rempah populer pada tradisi boga & pengobatan tradisional Indonesia maupun daerah Asia Tenggara lainnya. Bagian yang dimanfaatkan merupakan rimpangnya yang beraroma spesial .Lengkuas dapat memberikan aroma segar pada sajian tumis, pindang, & sajian berkuah santan. Pemanfaatan lengkuas biasanya dengan mememarkan atau memotong tipis kemudian dimasukkan ke dalam kuliner.

Daun kari

Disebut pula daun temurui atau daun salam koja. Tekstur daunnya hampir seperti daun salam namun ukurannya lebih mini . Daun ini dapat menciptakan kuliner menjadi lebih gurih.

Daun kemangi

Daun ini memiliki aroma yg sangat segar & khas, sangat gampang diperoleh. Ada yang menyebutnya menggunakan istilah daun selasih atau daun ruku-ruku. Daun kemangi sanggup dikonsumsi mentah atau dimasak terlebih dahulu. Manfaat daun kemangi adalah memberi rasa spesial & aroma yang harum dan tajam.

NEXT - SELANJUTNYAANEKA JENIS BUMBU MASAK REMPAH

No comments:

Post a Comment