Pages

Thursday, June 11, 2020

Cara Konfigurasi Server Unbk Terbaru 2017 Untuk Pemula

Anda mungkin akan dibentuk gundah dan frustasi ketika anda menemukan banyak sekali permasalahan  pada dikala mencoba menjalankan aplikasi Ujian nasional berbasis komputer (UNBK) atau dikenal juga dengan istilah Computer base test (CBT), apalagi sekolah anda gres pertama kali ingin mengikuti ujian nasional berbasis komputer tersebut.

Sama menyerupai apa yg saya alami, karena aku ditugaskan untuk mengurus hal-hal yang berkaitan menggunakan persiapan unbk, menurut mulai instalasi jaringan personal komputer sampai dalam konfigurasi aplikasi unbk, mau nir mau aku wajib rela menghabiskan ketika hanya buat mempersiapkan unbk tersebut, apalagi instalasi jaringan di lab selalu di bongkar pasang sebab sekolah belum punya lab personal komputer tetap.

Awalnya ragu saat sekolah tetapkan ingin ikut UNBK, maklum sekolah hanya memiliki infrastruktur & sarana pas-pasan, komputer hanya beberapa biji, lab belum siap dan internet pun bandwithnya pula pas-pasan. Karena jurusan TKJ dianjurkan hasilnya tetapkan buat ikut UNBK.

Paket Aplikasi UNBK Yang wajib anda ketahui

Aplikasi unbk terdiri berdasarkan beberapa belahan menjadi berikut:

1. File VHD buat Sistem operasi server Lokal UNBK

Bentuknya berupa file VHD yang didalamnya terdapat sistem operasi window server 2012 yang sudah dikonfigurasi sedemikian rupa sehingga sanggup dipakai untuk server lokal aplikasi unbk. file VHD ini diinstal di  virtual box di komputer server sekolah sebagai server lokal unbk.

2. Aplikasi client (Exambrowser client)

Aplikasi ini merupakan aplikasi yg dipakai anak didik buat mengisi soal-soal unbk, aplikasi ini nantinya pada instal di komputer-komputer client yang akan digunakan siswa buat mengerjakan soal unbk.

Tiga. Aplikasi Server (Exambroser admin atau Exambrowser CBTsync)

Aplikasi ini yaitu pelaksanaan server yg dipakai buat sinkronisasi data soal, sinkronisasi data siswa, mengirim hasil ujian & jua buat memonitor murid waktu mengerjakan soal ujian. Aplikasi ini di jalankan pada komputer server.

Sistem operasi server local unbk dan aplikasi server akan dijalankan di personal komputer server, sedangkan pelaksanaan client akan dijalankan pada komputer client yang telah terhubung ke server.

Pertarungan Aplikasi UNBK Yang pernah saya alami

Untuk aplikasi unbk sendiri saya gres sanggup di selesai bulan januari 2017, dan aplikasi yang saya dapatkan yaitu aplikasi unbk versi lama, yaitu aplikasi unbk 2016 sebab katanya berlum ada versi terbaru waktu itu. gres di awal pebruari saya sanggup aplikasi unbk terbaru tahun 2017.

Ketika mencoba aplikasi unbk pertama kali ternyata tidak se lancar yg dibutuhkan, aku poly sekali menemukan konflik. Terutama permasalahan yang saya alami terkait aplikasi unbk ini yaitu saat mencoba pelaksanaan Exam browser CTB Sync, nir pernah berhasil, contohnya waktu menjalankan pelaksanaan unbk 2016 kesalahannya yaitu "Server nir ditemukandanquot;

Bahkan waktu mencoba aplikasi exambroser admin buat aplikasi unbk terkini 2017 pun, permasalahan masih belum terpecahkan, aplikasi CBT Sync buat sikronisasi data ke server sentra nir mau terbuka, saat server pada start, hanya ada tulisan:

Checking. Waiting VHD Services ready (Menunggu layanan  VHD siap)

Tulisan tersebut keluar terus menerus, walaupun server dihidupkan selama beberapa jam, padahal konfigurasi pada virtual mechine buat adapter1 & 2 sudah sesuai dengan pedoman manual unbk 2017.

Saya gres menemukan penyelesaiannya sesudah 1 ahad mencoba berbagai konfigurasi & pula membongkar pasang topologi jaringan.

Cara Konfigurasi Aplikasi UNBK Terbaru 2017 buat Client & Server

Sebelum melaksanakan konfigurasi pelaksanaan unbk, pertama-tama Anda harus menginstal impian mesin dulu di komputer server, lalu menciptakan mesin virtual yg memakai Virtual hardisk (VHD) unbk yang sidah anda dapatkan sebelumnya.

Cara instal unbk dan konfigurasi sesuai dengan panduan yang diberikan di paket aplikasi unbk yang anda dapatkan. silahkan baca di file Manual_CBTUN2017-060217.pdf yang sudah anda dapatkan di paket instalasi unbk.

A. Konfigurasi personal komputer server UNBK yang sahih

Komputer server harus mempunyai 2 NIC (kartu jaringan atau LAN card), NIC 1 nantinya akan dihubungkan ke jaringan lokal atau komputer client yang masih ada pada laboratorim personal komputer di sekolah anda, sedangkan NIC dua ini buat dihubungkan ke jaringan internet.

Langkah-langkah konfigurasi aplikasi unbk di personal komputer server yaitu sebagai berikut:

1. Buat virtual mechine buat VHD UNBK dan lakukan konfigurasi.

Caranya silahkan lihat manual UNBK di file Manual_CBTUN2017-060217.pdf, yang sanggup anda download di situs ubk.kemdikbud.go.id.

Oh ya pastikan bahwa seting adapter jaringan di impian mesin sahih & tidak tertukar, dalam setingan adapter 1 pilih Bridge lalu pastikan pilih nama nic yg terhubung ke komputer client lab sekolah, sedangkan adapter 2 pilih NAT yang terhubung ke jaringan internet. Jika tertukar bisa mengakibatkan aplikasi browser admin buat sinkronisasi nir bisa terkonek menggunakan serper sentra.

2. Hubungkan NIC 1 dengan jaringan lokal melalui Hub/switch yang menghubungkan komputer-komputer client di lab sekolah anda. dengan syarat

  • Pastikan Hub/switich yang dipakai untuk menghubungkan komputer server dengan kekomputer local dalam keadaan hidup, semoga status NIC 1 di komputer server terbaca aktif, bila Hub mati maka ketika aplikasi exambrowser admin dijalankan  biasanya tidak akan mau konek ke server pusat. ini yang biasanya menjadikan permasalahan "server tidak ditemukan" atau "waiting vhd services ready" secara terus menerus tanpa mau terhubung.
  • Pastikan juga Hub/switch  tidak dihubungkan ke jaringan internet biar tidak ada konflik.

3. Hubungkan juga NIC 2 dengan kabel yang menuju jaringan internet,

Silahkan hubungkan jaringan internet dari Modem atau berdasarkan perangkat keras adapter terhubung ke NIC 2 komputer server. Oh ya topologi jaringan di lab personal komputer yg akan digunakan unbk wajib dipastikan sahih ya.

Jika topologi jaringan yang terpasang salah maka dipastikan Exambrowser admin UNBK tidak akan mau running dan tidak mau aktif untuk terhubung dengan server pusat, jadi topologi benar-benar harus diperhatikan jangan hingga salah.

Topologi atau keterhubungan antar jaringan server-client & internet wajib terlihat menyerupai gambar pada bawah ini:

Anda mungkin akan dibentuk gundah dan frustasi ketika anda menemukan banyak sekali permasa Cara Konfigurasi Server Unbk Terbaru 2017 Untuk Pemula

Hub yg terhubunng ke personal komputer -personal komputer client di hubungkan ke NIC 1 sedangkan menurut internet melalui modem pada hubungkan ke NIC dua. Pastikan jua jaringan aktif internet berjalan dengan baik,dan pastikan bahwa Hub/switch nir dihubungkan ke jaringan internet

4. Pastikan bahwa IP address dari jaringan internet tidak menggunakan ip address 192.168.0.X

Jika jaringan berdasarkan internet ternyata mempunyai ip address menggunakan segmen tersebut, anda wajib menggantinya terlebih dahulu karena akan mengakibatkan aplikasi exambroser admin nir mau running. Silahkan minta sumbangan pihak provider internet jika tidak tau caranya.

5. Seting IP address yang terdapat di komputer server untuk NIC 1 yang dihubungkan ke komputer local atau komputer client.

Caranya pasti anda sudah tau. IP address yang dipakai menggunakan segmen sebagai berikut:

  • Ip address= 192.168.0.X
  • Subnetmask= 255.255.255.0

X mampu diganti menggunakan nomor 1 sampai 224 selain 200, karena 200 sudah digunakan oleh server unbk.

Misal menggunakan IP= 192.168.201

Sedangkan buat NIC 2 yang terhubung ke jaringan internet biarkan saja otomatis semoga menerima ip address dhcp server berdasarkan jaringan internet.

6. Pastikan Port 80 pada personal komputer server daerah berjalannya impian mesin nir terdapat yang memakai

Silahkan anda cari di google dengan kata kunci:cara melihat aplikasi yang mengunakan port 80, bila ada aplikasi dikomputer anda yang memakai port 80 sebaiknya nonaktifkan terlebih dahulu aplikasi tersebut. sebab bila dibiarkan akan mengakibatkan Exambrowser admin CBT SYNC tidak akan mau aktif terkoneksi dengan server sentra UNBK.

Jika konfigurasi di atas sudah anda seting dengan sahih, maka silahkan anda jalankan pelaksanaan Exambrowser Admin, menggunakan cara klik kanan dalam aplikasi tersebut lalu pilih Run as Administrator.

Tunggu beberapa saat, hingga ada tombol Ok, silahkan tekan tombol tersebut buat menjalankan Aplikasi UNBK buat sinkronisasi data.

Anda mungkin akan dibentuk gundah dan frustasi ketika anda menemukan banyak sekali permasa Cara Konfigurasi Server Unbk Terbaru 2017 Untuk Pemula

B. Konfigurasi Komputer Client UNBK

Komputer client dipakai untuk menjalankan aplikasi exambroser client yang nanti dipakai untuk aplikasi ujian UNBK siswa, konfigurasi di komputer clint tidak sulit, cukup dengan seting IP Address dengan segmen yang sama dengan komputer server NIC 1 yang terhubung kejaringan local, sebagai berikut:

IP address=192.168.0.X

Subnetmask=255.255.255.0

X bisa diganti dengan nomor 1 sampai 254 selain 200 & selain yg dipakai IP address pada NIC 1 pada komputer server.

Nilai X pada setiap komputer client harus tidak selaras satu sama lain yah semoga tidak terjadi konflik IP.

Setelah IP address dikonfigurasi dengan baik, anda bisa mengcopy pelaksanaan exambrowserclient pada setiap personal komputer client buat dijalankan.

Sebelum menjalankan aplikasi exambrowser di personal komputer client, Server UNBK yang masih ada pada Virtual BOX yang terpasang di komputer server wajib dalam keadaan aktif.

No comments:

Post a Comment