Tuesday, August 11, 2020

Sejarah Nikola Tesla Penemu Motor Listrik

Apakah kamu tahu apa motor listrik itu? Dan apa saja manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari?

Motor listrik adalah sebuah indera yang bisa mengganti tenaga listrik menjadi sebuah energi mekanik. Alat ini banyak masih ada pada peralatan rumah tangga contohnya kipas angin, pompa air, maupun mesin cuci. Penemu motor listrik merupakan Nikola Tesla, seorang ilmuwan yang sangat cerdas dibidang kelistrikan.

Nikola terlahir dari etnis Serbia di desa Smijan, Kroasia, pada 28 Juni 1856. Nikola merupakan seorang ilmuwan yang menemukan motor. Saat berusia Sembilan tahun, Nikola sudah sebagai keliru satu mahasiswa pada Universitas Teknologi Graz, Austria. Disana ia mempelajari penggunaan arus listrik bolak-pulang (AC) & lebih tertarik buat menciptakan motor listrik arus searah (DC) sebagai lebih efisien. Pada tahun 1882, Nikola sudah berhasil menciptakan sebuah konsep yang menarik, yaitu konsep motor induksi.

Penemu Motor - Nikola Tesla

Pada tahun 1882, Nikola pulang ke Paris & bekerja di Contionental Edison Company, sebagai engineer yg mempunyai tugas buat menciptakan desain peralatan electrik yang dapat melintasi benua yg berasal menurut wangsit Edison. Di sana dia mulai mengerti tentang motor induksi dan sudah mulai melakukan pengembangan beberapa variasi dengan menggunakan sistim putaran bidang magnetic, dan mendaftarkannya pada lembaga paten, pada tahun 1888 dia menerima hak patennya.

Pada tahun 1894, dia bekerja di Edison Machine Work, disana beliau merampungkan segala masalah yang berhubungan dengan kelistrikan. Di perusahaan tadi, Nikola sempat merancang 24 jenis dinamo & pada tahun 1895, Nikola berhasil mengirim sinyal radio hingga jeda 50 mil. Lantaran honor yg tidak memuaskan, maka Nikola keluar dari perusahaan Edison tadi.

Pada tahun 1886, Nikola mendirikan perusahaan sendiri yg pada beri nama Tesla Electric Light and Manufacturing, selama setahun beliau sudah mematenkan 3 penemuannya. Para investor tidak menyetujui usulnya buat meneruskan projek Alternating Current Motor, lantaran ia terus melanjutkan projek tadi maka dia pada keluarkan berdasarkan perusahaan tadi.

Pada tahun 1888, Nikola berhasil mendemonstasikan kerja motor induksi arus bolak-kembali di depan American Institute of Electrical Engineers & menandatangani kontrak perjanjian. Di tahun yg sama, ia jua sudah membuatkan salah satu output penemuannya yg pada beri nama Prinsip Tesla Coil.

Ia bekerja sama menggunakan George Westinghouse, pemilik Westinghouse Electric and Manufacturing Company. Nikola memperkenalkan motor dan sistem listrik disebuah makalah ? Sistem Baru Bolak Motors Lancar & Transformer?.

George sangat tertarik menggunakan inovasi Nikola tadi. Saat George mengunjungi laboratorium Nikola, dia sangat kagum dengan apa yg dilihatnya. Nikola menciptakan sistem model polyphase yg terdiri atas arus bolak-balik , denga langkah up-dinamo serta step down transformator dan motor AC.

George & Nikola bekerjasama buat mengelola listrik nasional di Amerika. Pada tahun 1882, Nikola telah menemukan medan magnet berputar, ia mengadaptasi prinsip medan magnet rotasi buat menciptakan bolak motor induksi arus & sistem polyphase buat transmisi distribusi generasi dan penggunaan daya listrik.

Nikola motor AC induksi digunakan pada industri. Nikola Tesla tewas dunia dalam 7 Januari 1943 pada hotel New Yorker, ruang 3327, lantai 33. Nikola pada kremasi pada Ardsley, Hudson, New York. Demikian sejarah mengenai penemu Motor Listrik yaitu Nikola Tesla. Semoga semangat dan keingintahuannya bisa kita contoh & kita tiru.

Sekian dulu artikel kali ini semoga bermanfaat.

Dikutip dari : https://www.penemu.co/penemu-motor-listrik-nikola-tesla/

No comments:

Post a Comment

Home Furniture Store