Pages

Sunday, August 9, 2020

Penyebab Body Mesin Pompa Air Nyetrum Dan Solusi Mengatasinya

Keberadaan mesin pompa air buat rumah tangga memang sangat penting, hal ini mengingat manfaat yg diperoleh yaitu buat kebutuhan sumber air bersih setiap hari, namun apa jadinya bila mesin pompa air yg biasa dipakai datang-datang nyetrum pada bagian body pompa airnya. Yah, tentunya kasus ini akan sangat menggangu sekali karena mesin pompa air yg nyetrum juga akan bisa berimbas pada saluran air sebagai akibatnya apabila anda menyentuh air dalam kran maka anda akan tersengat genre listrik atau istilahnya kesetrum.

Source images : www.justdial.com
Kondisi mesin pompa air yang nyetrum tersebut tentunya tidak bisa dibiarkan begitu saja, karena hal ini sangatlah berbahaya bagi kita apabila sampai tersentuh dengan bocoran arus listrik yang terjadi pada body pompa air tersebut, bahkan kesalahan sedikit saja bisa berakibat fatal hingga kematian jika masalah ini tidak cepat-cepat diatasi.

Untuk itu, hal yang perlu anda lakukan ketika menemui kasus pompa air nyetrum tersebut ialah melakukan analisia pada penyebab utama dari mesin pompa air yang nyetrum tersebut terlebih dahulu sebelum melakukan pemugaran secara langsung. Nah, buat detail dalam mengetahui penyebab & cara mengatasi mesin pompa air nyetrum, anda sanggup menyimak ulasan ini dia.

Penyebab Body Mesin Pompa Air Nyetrum Dan Solusi Mengatasinya

1. Kebocoran Aliran Listrik Akibat Kabel Yang Terkelupas

Penyebab yg sanggup dibilang cukup acapkali merupakan mesin pompa air nyetrum akibat adanya kabel instalasi yang terkelupas & melekat pada bagian body pompa air. Bukannya tanpa karena, kabel yang terkelupas tadi mampu diakibatkan sang benda tajam atau bahkan lantaran digigit tikus. Kondisi ini sangatlah berbahaya bagi kita menjadi pengguna pompa air lantaran selain menimbulkan imbas sengatan listrik atau kesetrum, kabel yang terkelupas ini jua mampu mengakibatkan konsleting listrik jika sewaktu-saat kedua titik kabel saling bersentuhan.

Oleh karenanya, jika terdapat kabel yg terkelupas maka segeralah lakukan pemugaran dengan cara memberi isolasi dalam bagian kabel yg terkelupas tadi.

Dua. Kebocoran Aliran Listrik Akibat Kapasitor Yang Rusak

Source images : virginbores.com.au
Penyebab lainnya yang bisa membuat pompa air nyetrum adalah karena kebocoran pada kapasitor, memang pada dasarnya sebuah kapasitor selalu menyimpan muatan aliran listrik sehingga kebocoran listrik bisa saja terjadi pada mesin pompa air. Umumnya kasus kapasitor yang telah bocor akan ditandai dengan tampilan bentuk fisik kapasitor yang mengembung, meleleh atau terdapat bau seperti terbakar pada kapasitor tersebut. Tanda kerusakan lainnya pada komponen ini bisa dikenali dengan adanya gejala mesin pompa air yang tidak mau berputar dan hanya terdengar suara dengungan saja.

Nah, jika kapasitor memang dipastikan sudah rusak maka segeralah anda lakukan pemugaran menggunakan cara membarui komponen kapasitor ini menggunakan yg baru dan dengan ukuran yang sama atau sejenis.

3. Pembuatan Grounding Yang Salah

Tidak jarang jua timbulnya mesin pompa air yg nyetrum ternyata diakibatkan oleh pembuatan grounding yg keliru. Fungsi berdasarkan grounding atau pentanahan memang biasa digunakan buat mengamankan kebocoran arus listrik, namun pada beberapa kasus tak jarang terjadi kesalahan disaat pembuatan grounding sehingga bukannya mengamankan malah menciptakan syarat mesin pompa air sebagai nyetrum dan hal ini biasa terjadi dalam orang umum yang kurang mengerti kasus pembuatan grounding.

Untuk solusi masalah ini anda sanggup mencoba membongkar sistem grounding tadi dan melakukan pemugaran jika memang penyebab pompa air nyetrum merupakan lantaran kesalahan pada sistem grounding.

4. Terkelupasnya Lapisan Isolasi Pada Kumparan Dinamo

Source images : shopsmith.com
Kondisi dinamo atau motor listrik pada pompa air juga sangat menentukan dalam hal kebocoran aliran listrik, biasanya lapisan kawat email atau yang biasa disebut kumparan pada dinamo telah terkelupas sehingga membuat aliran listrik bocor sampai ke body dan akhirnya membuat kita tersengat apabila bagian body tersebut tersentuh oleh tangan.

Penyebab berdasarkan terkelupasnya lapisan dalam kumparan dinamo ini sendiri biasa disebabkan oleh panas tinggi yang didapatkan lantaran kerja pompa air yg terlalu berat & membebani kumparan sehingga hingga membuat kawat email terkelupas dampak impak panas yg berlebihan tersebut.

Jika memang dinamo mesin pompa air sudah mengalami kebocoran listrik maka solusi yg wajib diambil merupakan dengan cara membarui dinamo atau motor mesin pompa air tersebut. Istilah yg umum dan berkembang pada kalangan masyarakat dalam umumnya adalah menggulung dinamo atau rewinding yang adalah sebuah jasa buat perbaikan dinamo termasuk pula dinamo dalam mesin pompa air.

Nah, buat perkara pemugaran dinamo mesin pompa air anda mampu langsung mempercayakannya dalam jasa rewinding tadi lantaran umumnya pemugaran dinamo atau menggulung ulang dinamo itu sendiri bukanlah pekerjaan yang bisa dilakukan sang sembarang orang atau seluruh orang, hal ini mengingat prosesnya yg memang cukup sulit dan dibutuhkan pengalaman yg cukup buat melakukan pekerjaan perbaikan dinamo atau menggulung dinamo tersebut.

Mungkin relatif sekian dulu buat artikel aku kali ini semoga apa yg aku bagikan ini mampu bermanfaat untuk anda seluruh, dan jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan tentang masalah diatas maka silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah.

No comments:

Post a Comment