Pages

Saturday, August 15, 2020

Cara Mengatasi Kebocoran Pada Tabung Mesin Pompa Air

Pada beberapa jenis pompa air umumnya terdapat yang telah dibekali dengan tabung tambahan dan terdapat pula yg sebagian tanpa menggunakan tabung. Nah, pada jenis pompa air yg menggunakan tabung tambahan umumnya akan didapati pula sebuah saklar otomatis tekanan air atau pressure switch yang ikut menempel dalam bagian kepala pompa air tadi, hal ini memang wajar karena setiap unit mesin pompa air yg memakai pressure switch akan memerlukan yang namanya tabung tekanan air tambahan buat tujuan memaksimalkan kinerja menurut pressure switch itu sendiri.

Source images : m.tokopedia.com
Fungsi utama dari tabung ini adalah untuk mengatur tekanan balik terhadap ruang impeller agar bisa berjalan dengan lebih lembut sehingga proses memicu otomatisnya juga akan bekerja lebih lembut dan lebih teratur. Tabung tekanan air pada mesin pompa air memang bisa dibilang berperan cukup penting untuk menunjang kebutuhan pengoperasian saklar otomatis pressure switch, yang menjadi masalah ialah seringkali tabung tersebut mengalami kebocoran.

Penyebab terjadinya kebocoran dalam tabung biasanya diakibatkan oleh adanya proses korosi atau pengkaratan pada material besi menurut tabung itu sendiri sebagai akibatnya usang-kelamaan sebagai semakin tipis dan akhirnya bocor, proses korosi atau pengkaratan tadi mampu terjadi lantaran area sekitar pompa air yang lembab & umumnya korosi dalam tabung biasanya diakibatkan sang tetesan air hujan. Jika dianalisa ternyata kebocoran dalam tabung kebanyakan dialami sang jenis pompa air sumur dangkal yg posisi tabungnya dipasang secara horizontal atau posisi tidur, sedangkan untuk jenis pompa air sumur pada yg posisi tabungnya terpasang secara vertikal atau berdiri sporadis sekali mengalami masalah kebocoran.

Kebocoran pada tabung mesin pompa air sebenarnya sangatlah beresiko bila dibiarkan begitu saja karena air yg bocor tersebut sanggup membuat mesin pompa air cepat rusak bila membasahi bagian bearing atau bagian lainnya yg rentan terhadap air terutama dalam bagian dinamo yang akan cepat rusak lantaran sangat rentan sekali terhadap kebocoran air tersebut. Untuk itu, anda wajib segera melakukan pemugaran agar nir terjadi kerusakan yg lebih parah pada pompa air anda.

Untuk kasus pemugaran atau cara mengatasi tabung pompa air yg bocor terdapat beberapa hal yang bisa anda lakukan buat lebih jelasnya silahkan simak ulasannya dibawah ini.

Cara Mengatasi Kebocoran Pada Tabung Mesin Pompa Air

1. Memperbaiki Tabung

Lem besi dextone

Source images : shopee.co.id Memperbaiki tabung mesin pompa air  mungkin bisa menjadi solusi utama bagi anda yang mengalami masalah tabung pompa air yang bocor. Perbaikan bisa dilakukan dengan cara menambal bagian yang telah berlubang menggunakan lem besi atau lem lainnya yang cocok untuk digunakan pada tabung tersebut. Umumnya kebanyakan orang biasanya menggunakan lem besi merk dextone untuk merekatkan bahan material besi. Untuk itu, anda bisa menggunakan lem besi merk dextone ini untuk menambal kebocoran pada tabung pompa air anda.

Disarankan ketika menambal kebocoran anda bersihkan dulu bagian karatnya hingga bersih, dan setelahnya anda jua sanggup menambahkan plat besi bila diperlukan guna buat menambal bagian lubang yg relatif lebar. Perbaikan dengan cara penambalan tabung yg bocor memang mampu diterapkan meski sebenarnya kurang disarankan buat kebocoran yang lebih parah atau poly.

Selain menambal menggunakan lem besi, terdapat cara lain yang bisa juga anda lakukan buat memperbaiki tabung mesin pompa air yang bocor tersebut, yaitu dengan cara mengelas bagian titik tabung yang bocor tersebut. Tetapi buat cara ini anda wajib mempercayakannya pada jasa tukang las listrik sehingga memerlukan biaya yg relatif lebih mahal sedikit.

2. Tidak Menggunakan Tabung

Melepas atau nir menggunakan tabung lagi mungkin bisa dibilang keputusan yang tepat buat diambil, terutama bagi anda yg tidak ingin kerepotan lagi dalam permasalahan tabung bocor. Memang sebenarnya pengoperasian sebuah unit pompa air tanpa memakai tabung mampu dilakukan & tidak akan sebagai perkara yang berarti, namun hal ini berlaku bagi anda yang nir memakai sistem otomatis dalam pompa air.

Sedangkan buat anda yg masih ingin memakai sistem otomatis, maka melepas tabung tidaklah disarankan lantaran mengingat fungsi utama berdasarkan tabung itu sendiri merupakan menjadi pendukung kinerja sistem otomatis pressure switch. Jika dipaksakan untuk nir menggunakan tabung ketika pengoperasian saklar otomatis pressure switch maka yg terjadi merupakan mesin pompa air anda akan sangat sensitif terhadap kebocoran sebagai akibatnya mesin akan sering mengalami hayati meninggal sendiri secara nir beraturan lantaran kerja otomatis pompa air yg kasar atau nir beraturan.

Apabila memang anda telah tetapkan buat nir menggunakan tabung tambahan lagi maka anda perlu melepas tabung tadi dan menutup lubang tabungnya dengan dop atau semacam tutup pancingan supaya pompa air tidak bocor waktu dipakai kembali.

3. Mengganti Tabung

Tabung pompa air Shimizu

Source images : m.Tokopedia.Com Solusi lainnya yg sanggup anda lakukan buat mengatasi kasus tabung pompa air yang bocor merupakan menggunakan mengubah ulang tabung yang bocor tersebut menggunakan yg baru, cara ini sangat efektif bagi anda yg masih ingin menggunakan tabung, begitu juga dengan anda yang mengalami masalah kerusakan yang parah pada tabung pompa airnya maka cara ini akan lebih baik ketimbang harus memperbaiki tabung yang rusak parah tersebut.

Sparepart tabung pompa air yang baru sanggup anda dapatkan pada toko terdekat pada daerah anda atau bisa juga menggunakan membeli secara online di toko online terpercaya bila di toko offline nir menjualnya.

Itulah beberapa cara yang sanggup dilakukan buat mengatasi masalah kebocoran pada tabung mesin pompa air pada tempat tinggal anda.

Mungkin cukup sekian dulu buat artikel aku kali ini semoga seluruh ulasan aku tadi bisa bermanfaat & bisa membantu perkara anda. Dan jika ada sesuatu yg ingin disampaikan silahkan tuliskan di kotak komentar dibawah.

No comments:

Post a Comment