Pages

Tuesday, August 11, 2020

Pengertian Tang Ampere (Clamp Meter) dan Prinsip Kerjanya

Tang Ampere atau pada bahasa Inggris biasa dikenal menggunakan nama Clamp Meter merupakan indera ukur yang sering dipakai para teknisi listrik buat mengukur nilai arus listrik pada sebuah kabel penghantar listrik (konduktor) yang sedang dialiri arus listrik menggunakan cara menjepitkan ke 2 rahangnya tanpa adanya hubungan eksklusif dengan listrik.

Apabila menggunakan Ampere Meter contoh biasa kita akan menetapkan terlebih dulu kabel/rangkaian listrik yang ingin kita ukur kemudian memasangnya secara seri Ampere meter tadi buat mengetahui nilai arus listrik dalam kabel/rangkaian listrik. Tetapi berbeda dengan Tang Ampere, karena kita hanya perlu menjepitkan ke 2 rahangnya saja.

Dengan demikian, kita tidak perlu memutus kabel atau rangkaian listrik yg akan diukur, relatif menggunakan menempatkan ke 2 rahangnya dalam sekeliling kabel listrik yg akan diukur kita sudah mampu mengetahui nilai arus listriknya.

Umumnya, Tang Ampere (Clamp Meter) yg dijual pada pasaran telah memiliki dua probe seperti dalam Multimeter jua. Jadi selain masih ada dua rahang penjepit, Clamp Meter jua dilengkapi dengan 2 probe yang dapat kita digunakan buat mengukur resistansi, tegangan AC dan DC & bahkan terdapat juga contoh eksklusif yang dapat digunakan buat mengukur arus listrik DC, frekuensi, kapasitansi & suhu.

Prinsip Kerja Tang Ampere (Clamp Meter)

Tang Ampere (Clamp Meter) bekerja menggunakan prinsip hukum Faraday. Di dalam hukum Faraday dikatakan bahwa perubahan fluks magnet kumparan akan menimbulkan arus yang mengalir dalam kumparan tersebut. Teori tersebut juga menjelaskan bahwa semakin banyak jumlah lilitan maka akan semakin besar pula tegangan listrik yang dapat diukur pada ujung kumparan.

Cara kerja Tang Ampere (Clamp Meter) seperti dengan yg terjadi dalam sebuah tranformator. Tidak perlu melakukan kontak eksklusif dengan fisik kabel

Lantaran dalam dasarnya, Tang Ampere (Clamp Meter) memakai prinsip induksi elektromagnetik supaya bisa menghasilkan pengukuran non-hubungan terhadap arus listrik yang diukur. Arus listrik yg mengalir di kabel konduktor akan membentuk Medan Magnet.

Seperti yg kita ketahui bahwa, arus AC adalah arus menggunakan polaritas yg bolak-kembali, hal ini mengakibatkan fluktuasi dinamis dalam medan magnet yg sebanding menggunakan aliran arus listriknya.

Pada Tang Ampere (Clamp Meter) pada dalamnya sudah terdapat sebuah tranformator yg akan mencicipi fluktuasi magnet tadi sebagai akibatnya dapat dikonversikan sebagai nilai Ampere (arus listrik) yg kita dapat membacanya pada layar Tang Ampere. Prinsip kerja dari Tang Ampere ini sangat mempermudahkan kita pada melakukan pengukuran arus listrik AC khususnya pada arus listrik AC yg tinggi.

Demikian artikel singkat tentang pengertian & prinsip kerja tang ampere ini. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment