Pages

Monday, August 17, 2020

Cara Pertolongan Pertama Untuk Korban Sengatan Listrik

Source images : wikihow
Tersengat listrik atau kesetrum bisa terjadi pada siapa saja baik anak-anak, ataupun orang dewasa. Bahaya sengatan listrik bisa terjadi kapan saja dan dimana saja terutama bagi orang dewasa saat melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan listrik. Sengatan listrik sangatlah berbahaya bagi tubuh manusia, karena dapat menyebabkan luka bakar, cedera serius, pingsan, kejang, kerusakan pada jaringan/organ tubuh, henti nafas dan jantung atau bahkan kematian.

Tak sporadis kecelakaan dampak sengatan listrik tersebut memakan korban jiwa, & lantaran begitu besarnya bahaya yang diakibatkan oleh sengatan listrik, maka kita harus lebih berhati-hati menggunakan arus listrik waktu berada di mana saja, terutama saat melakukan pekerjaan listrik.

Selain itu, perlu jua bagi kita untuk mengetahui langkah yang harus diambil atau dilakukan waktu melihat orang yg terkena sengatan listrik atau kesetrum. Itu lantaran, apabila kita keliru dalam penanganan korban tersengat listrik, maka akan berdampak buruk bagi korban atau bahkan mampu membahayakan diri kita sendiri selaku penolong. Lalu, bagaimana cara menaruh pertolongan pertama saat korban tersengat listrik?

Tindakan pertolongan pertama ini wajib dilakukan selaku orang yg pertama kali melihat & berada dekat dengan korban tersengat listrik buat menaruh pertolongan pertama sebelum menerima penanganan lebih lanjut dari tim medis atau dokter.

Pertolongan pertama harus dilakukan menggunakan cepat supaya tidak terjadi resiko yg lebih serius pada korban, namun juga wajib diperhatikan situasi serta kondisinya, jangan gegabah ataupun panik karena hal tadi akan berdampak buruk bagi kita waktu mengambil tindakan. Jadi pikiran wajib damai dengan berkonsentrasi pada situasi dan kondisi & sehabis mengambil tindakan, maka lakukan dengan cepat.

Pikiran yg damai sangat dibutuhkan bagi orang yg memberikan pertolongan lantaran tidak jarang seorang yg ingin menolong korban berdasarkan sengatan listrik, malah ikut menjadi korban & tersengat listrik juga. Perlu diketahui, bahwa memberikan pertolongan dalam korban yang tersengat listrik nir sama misalnya menolong korban kecelakaan lainnya, ada beberapa hal yg harus kita ketahui & pahami tentang bagaimana cara menaruh pertolongan pada korban. Lantaran tidak sedikit peristiwa dimana waktu seorang mendapat kecelakaan justru tidak sempat terselamatkan karena orang-orang yg melihat & berada di dekat korban tidak mengetahui bagaimana cara memberikan pertolongan pertama pada korban tadi.

Berikut ini beberapa tindakan yg wajib kita ambil atau lakukan buat menolong korban dari sengatan listrik.

1. Meminta tolong dalam orang lain dengan berteriak

Jika memungkinkan kita dapat meminta tolong kepada orang lain menggunakan berteriak karena menggunakan menerima lebih banyak donasi maka pertolongan yang dilakukan akan lebih cepat & lebih baik.

2. Memadamkan sumber listrik primer terlebih dahulu

Source images : katkum.com
Segera padamkan sumber listrik utama terlebih dahulu, karena jika tidak dipadamkan, listrik tersebut akan terus mengalir ke korban dan dapat berakibat fatal apabila korban terlalu lama tersengat listrik. Perlu diingat bahwa jangan pernah menyentuh korban secara langsung karena dapat membuat kita ikut tersengat listrik, jadi pastikan sumber listrik sudah benar-benar terputus dari tubuh korban sebelum menolong atau menyentuhnya.

3. Gunakan pengaman listrik berbahan isolator buat menyelamatkan korban

Source images : www.safetyfirstaid.co.uk
Jika dirasa sumber listrik utama sudah padam dan korban sudah benar-benar terlepas dari arus listrik maka barulah kita lakukan penyelamatan pada korban, namun sebelum melakukannya lengkapi diri sendiri terlebih dahulu dengan pengaman listrik darurat dengan cara berikut :

Gunakan alas tempat berpijak dengan bahan isolator (bukan penghantar listrik) yang kering seperti papan kayu, kardus, karet ban mobil atau jika memungkinkan gunakan sepatu. Hal ini untuk berjaga-jaga apabila masih ada aliran listrik yang belum dipadamkan.

Gunakan bahan isolator untuk melepaskan korban dari sumber listrik misalnya seperti kayu, pipa PVC, bambu, sapu plastik dan berbagai bahan isolator lainnya. Jika memungkinkan segera pindahkan korban ke tempat yang lebih aman.

4. Pertolongan Lanjutan

Source images : m.wikihow.com
Lakukan pemeriksaan denyut nadi dan pernafasan korban, serta lakukan perawatan sebisa mungkin untuk korban agar mendapatkan udara bebas. Periksa dan lakukan perawatan juga terhadap luka pada tubuh korban seperti luka bakar dan luka lainnya setelah kondisi pernafasan dan denyut nadi mulai membaik. Sambil menunggu tim medis atau dokter datang, pastikan selalu ada yang menemani korban.

Mengingat begitu besarnya bahaya yang diakibatkan sang sengatan listrik, maka sangat dianjurkan buat melengkapi instalasi listrik pada tempat tinggal menggunakan indera pengaman sengatan listrik yg biasa dianggap menggunakan anti kontak (ELCB).

Demikian untuk artikel kali ini tentang cara pertolongan pertama terhadap korban sengatan listrik, semoga dapat menambah wawasan kita seluruh.

No comments:

Post a Comment