Monday, August 17, 2020

Sejarah Nikola Tesla Penemu Arus Bolak-balik (AC)

Apakah kamu memahami jenis arus listrik yang dipakai pada rumah-tempat tinggal ? Dan siapakah penemunya ?

Yah, Listrik yang poly digunakan di rumah-rumah waktu ini merupakan arus bolak-pulang yang tidak lepas menurut penemu arus bolak-kembali ? Nikola Tesla. Arus bolak-balik pada bahasa Inggris disebut dengan AC (Alternating Current) adalah arus listrik yang besarannya mampu berubah-ubah saat pada proses bolak pulang. Arus listrik bolak pulang biasa digunakan buat penyaluran listrik berdasarkan PLN ke tiap rumah namun mampu jua diaplikasikan sebagai frekuwensi radio.

Nikola Tesla dipercaya sebagai seorang ilmuwan listrik paling hebat yg pernah ada tetapi nir begitu dikenal, padahal penemuannya ini sangatlah berguna. Mungkin kebanyakan orang lebih mengenal Thomas Alfa Edison yg merupakan penemu arus searah. Jika kita membandingkan keduanya maka sanggup terjadi perang arus dimana Nikola merupakan penemu arus listrik bolak-balik sedangkan Edison merupakan penemu arus searah.

Pria yg lahir dalam tahun 1856 ini telah memenangkan perang arus antara Thomas Alfa Edison dan George Westinghouse buat menetapkan apakah arus AC dan DC sanggup digunakan buat transmisi listrik.

Sekilas Sejarah Nikola Tesla Penemu Arus Bolak-Balik (Alternating Current)

Nikola Tesla

Nikola Tesla yg adalah anak ke empat menurut 5 bersaudara ini memang semenjak mini telah menyukai pelajaran hitung-hitungan misalnya fisika, mekanika & matematika. Lalu beliau melanjutkan pendidikannya pada Universitas Teknologi Graz pada Austria. Dari sinilah ia belajar tentang ilmu kelistrikan sehingga mencoba membuat arus listrik bolak-balik yg mampu diterapkan pada motor listrik arus searah dengan tujuan agar lebih efisien.

Baca Juga :Sejarah Thomas Alva Edison Sang Penemu Lampu Pijar

Penemu arus bolak-balik Nikola Tesla ini pun mulai hijrah ke New York dengan hanya membawa uang sebesar 4 sen beserta koper yang berisi buku tentang teknik dan beberapa kumpulan puisi.  Penemu yang lahir di Smiljan ini dianggap sebagai salah satu penemu yang paling penting dalam sejarah dan juga dianggap sebagai ahli teknisi terbesar yang pernah ada pada masa abad 19 hingga 20.

Pada awalnya Nikola Tesla hijrah ke New York hanya buat menjalin kolaborasi menggunakan Thomas Alfa Edison. Di perusahaan milik Thomas setidaknya terdapat 24 rancangan jenis dinamo. Sayangnya selama Nikola bekerja menggunakan Thomas mereka berdua selalu nir pernah cocok. Hingga pada akhirnya, dirinya menetapkan buat bekerja sama menggunakan George Westinghouse yg merupakan seorang ilmuwan yang berhasil membentuk indera pembangkit energi air pertama dengan memanfaatkan air terjun Niagara.

Generator Listrik Buatan Tesla

Pada tahun 1887, penemu arus bolak-pulang ? Nikola Tesla sudah mulai mendirikan laboratorium sendiri. Di laboratorium inilah dirinya berhasil pertanda pada dunia bahwa arus bolak-kembali temuannya lebih bagus dibandingkan menggunakan arus searah yg diciptakan oleh Thomas Alfa Edison.

Hebatnya lagi, pria yang dijuluki menjadi ilmuwan gila ini berhasil mematenkan lebih kurang 300 temuannya hanya dalam kurun waktu kurang dari 1 tahun. Disusul 20 tahun kemudian, Nikola membangun penemuan hebat lainnya pada bidang listrik dan radio.

Dikutip dari : https://www.penemu.co/penemu-arus-bolak-balik-nikola-tesla/

No comments:

Post a Comment

Home Furniture Store