Pages

Sunday, August 9, 2020

Stop Kontak Dan Instalasinya

Stop hubungan merupakan sebuah komponen listrik yang biasa digunakan buat loka mengambil sumber listrik dengan perantaranya tusuk kontak atau stecker, jika anda memiliki peralatan elektronika seperti pompa air, kipas angin, mesin cuci, dan lain-lain, tentunya instalasi stop kontak sine qua non karena peralatan elektro tersebut membutuhkan sumber listrik bila digunakan.

Instalasi stop kontak sangatlah gampang bahkan anda sendiripun bisa menginstalasinya. Di pada stop hubungan terdapat 3 lubang buat kabel, 2 lubang diantaranya yaitu 1 buat fasa/bertegangan & 1 lagi buat netral/nol, lalu 1 lubang yang apabila pada tes menggunakan avo lubang ini terhubung dengan kuningan yang umumnya ada di sisi bulat luar stop hubungan, lubang ini buat kabel ground.

Maksud ground ini adalah buat pengaman apabila terjadi arus bocor pada body alat listrik yg digunakan, pemasangan ground ini terhubung pribadi dengan body alat-alat elektro anda.

Seperti inilah instalasi stop kontak dengan ground

Dan dibawah ini contoh jalur kabel saat penggunaan stop hubungan dengan ground.

Gambar diatas adalah instalasi stop kontak dengan ground, sebenarnya ada pula stop hubungan biasa yang nir disertai ground, cara instalasinya pun tidak jauh tidak sama, perbedaannya hanya terletak pada lubang untuk ground yang tidak terdapat sebagai akibatnya hanya mempunyai dua lubang saja.

Di pasaran terdapat banyak contoh stop hubungan adapun stop kontak yang disertai tombol on/off tetapi semuanya itu sama saja, asalkan anda mengerti cara kerjanya maka akan sangat mudah buat menginstalasinya.

Demikian buat artikel ini semoga bisa berguna. Silahkan meninggalkan pesan, masukan, koreksi maupun kritik pada kolom komentar pada bawah.

No comments:

Post a Comment