Pages

Tuesday, June 2, 2020

Cara Mengatasi Kerusakan Kapasitor Pada Mesin Pompa Air

Kerusakan komponen kapasitor dalam mesin pompa air tidak mampu dibiarkan begitu saja, karena kapasitor sendiri mempunyai peranan yg sangat penting buat menunjang kinerja mesin pompa air setiap kali dipakai. Apabila kerusakan kapasitor tetap dibiarkan maka hal ini akan sangat beresiko bagi unit pompa air itu sendiri, bahkan bukan nir mungkin akan membuat kerusakan yang lebih parah lagi semisal terbakarnya dinamo dampak pompa air terus dipaksakan buat digunakan pada keadaan komponen kapasitor yg sudah rusak.

Source images : www.corvetteforum.com
Perlu diketahui bahwa fungsi kapasitor pada pompa air sangatlah vital karena mengingat komponen inilah yang membantu proses starting atau awalan putaran mesin pompa air saat pertama kali dinyalakan, jika tanpa kapasitor maka tentunya pompa air tidak akan mampu melewati proses starting dengan baik dan pompa air cenderung hanya akan mendengung saja tak dapat berputar dan meskipun masih bisa berputar, kondisinya juga akan tidak optimal karena putaran dinamo atau mesin pompa air akan kurang bertenaga.

Lalu bagaimanakah cara mengatasi kerusakan pada komponen kapasitor mesin pompa air?

Untuk mengatasi masalah ini sebenarnya terdapat beberapa cara atau langkah yang mampu anda lakukan, dan untuk lebih jelasnya tentang hal tadi maka silahkan simak ulasannya dibawah ini.

Cara Mengatasi Kerusakan Kapasitor Pada Mesin Pompa Air

Berdasarkan taraf kerusakannya, komponen kapasitor mempunyai dua kondisi taraf kerusakan yakni syarat yang pertama dimana kapasitor telah melemah dan kerusakan misalnya ini masih tergolong ringan, sedangkan kondisi yg kedua yaitu kapasitor telah meninggal sebagai akibatnya kerusakan ini berada dalam strata yang parah atau berat. Nah, berikut merupakan beberapa cara buat mengatasi kedua jenis kerusakan tadi.

1. Kerusakan Kapasitor Melemah

Seperti yang telah aku jelaskan diatas bahwa kerusakan pada komponen kapasitor masih ada strata yang terbilang ringan, pada hal ini sebenarnya kapasitor masih dalam keadaan berfungsi namun kondisinya telah melemah.

Kondisi kapasitor yang sudah melemah tadi umumnya akan dapat dikenali dengan adanya kasus dimana ikut melemahnya kinerja putaran mesin dinamo atau istilahnya rpm, sebenarnya dalam masalah ini kapasitor masih relatif memungkinkan buat digunakan apabila memang penurunan atau melemah-nya nilai kapasitor nir terlalu drastis atau parah.

Namun bila penurunan atau melemah-nya nilai kapasitor sudah sangat parah maka sebaiknya lakukan penggantian ulang pada komponen kapasitor tadi, karena bila kapasitor yang sangat lemah tersebut tetap digunakan maka tentunya ini akan berdampak dalam output debit semburan pompa air yg akan ikut melemah atau menurun.

Untuk mengecek syarat seberapa lemahnya kapasitor, anda sanggup memakai indera ukur multitester menggunakan menggunakan jalur skala Ohm. Untuk lebih jelasnya mengenai cara mengukur kapasitor silahkan simak artikel dibawah ini.

Baca Juga : segera dibuat!!!!

Dua. Kerusakan Kapasitor Mati Total

Tingkat kerusakan kapasitor yang tergolong parah yakni waktu kapasitor telah benar-sahih mati total. Jika ini terjadi maka nir terdapat pilihan lain lagi selain membarui komponen kapasitor tadi dengan yg baru, tanda kerusakan komponen kapasitor yang mati total umumnya sangat gampang dikenali menggunakan adanya kondisi dimana mesin dinamo yg nir mampu berputar dan hanya mengeluarkan suara mendengung saja padahal dinamo sendiri masih pada keadaan normal atau nir sedang rusak.

Ciri-ciri yg sangat umum apabila kapasitor sudah mati total dapat ditinjau dari fisik tampilan luar kapasitor tersebut yg menggembung, pecah atau bahkan meleleh. Jika kondisinya telah demikian maka tak perlu pikir panjang lagi pribadi saja anda ganti kapasitor tadi menggunakan yg baru sesuai berukuran semulanya.

Dapat disimpulkan bahwa 2 kemungkinan diatas, cenderung dapat dijadikan sebagai tolak ukur pada proses analisa kerusakan komponen kapasitor. Dalam penanganannya sendiri kerusakan pada kapasitor sangatlah mudah buat ditangani bahkan buat orang umum sekalipun, hal ini karena komponen kapasitor memang mampu digonta-ganti menggunakan mudah dan harga komponen ini juga tidak terlalu mahal.

Ditambah lagi, dengan eksistensi barangnya yang pula gampang didapat karena poly dijual pada toko-toko barang elektronik pada sekitar kita.

Baiklah mungkin relatif sekian dulu buat pembahasannya, semoga artikel ini sanggup bermanfaat dan dapat membantu perkara anda. Apabila ada yg ingin disampaikan silahkan gunakan kotak komentar dibawah.

No comments:

Post a Comment